iklan Kareba Parlementa

Kantornya Digeledah, PDIP Laporkan Pegawai KPK ke Dewan Pengawas

Iklan Humas SulSel

SULSESLATU.com, JAKARTA – PDI Perjuangan melalui kuasa hukumnya melaporkan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke Dewan Pengawas terkait penggeledahan di Gedung DPP PDI Perjuangan, Jakarta Pusat yang dilakukan pada Kamis (9/1/2020).

Koordinator Tim Hukum PDIP, I Wayan Sudirta, mengatakan tim KPK telah melanggar hukum lantaran ingin menggeledah kantor partai tersebut. Ia menilai penindakan itu musti dibekali dengan surat izin dewan pengawas.

“Pertanyaannya betul enggak itu surat penggeledahan dalam bentuk izin dari dewan pengawas seperti yang dipersyaratkan dalam Undang-undang Nomor 19 tahun 2019,” kata Wayan di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi, Jakarta, seperti dilansir CNNIndonesia, Kamis (16/1/2020).

Ia menuding ada oknum KPK yang sengaja menyebarkan informasi bahwa Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dan kader PDIP Harun Masiku berada di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK). Wayan menduga hal tersebut dibuat untuk menciptakan kesan seolah-olah elite partai banteng terlibat dalam dugaan korupsi.

Baca juga: PDIP Keberatan Penangkapan Wahyu Setiawan Disebut OTT

“Dua poin ini saja sudah membuktikan bahwa laporan kami, kami minta untuk betul-betul diproses. Kalau ada bersalah harus ditindak demi KPK, demi rakyat Indonesia yang ingin memberantas korupsi,” katanya.

Terpisah, Anggota Dewan Pengawas Albertina Ho yang hari ini bertemu dengan Tim Kuasa Hukum PDI Perjuangan mengatakan pelaporan tersebut akan segera diproses.

“Semua pengaduan diproses (oleh dewas),” kata Albertina Ho.

Pada pekan lalu, tepatnya saat konferensi pers, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Lili Pintauli Siregar meluruskan kabar yang menyebut tim penyelidik gagal menggeledah kantor DPP PDI Perjuangan lantaran dihalangi petugas keamanan kantor banteng tersebut.

Baca juga: ICW Desak KPK Usut Peran Elit PDIP di Kasus Suap Komisioner KPU

Lili menuturkan sejak awal pihaknya memang tidak berniat menggeledah, tetapi hanya menyegel. Penyegelan dilakukan, kata dia, untuk mengamankan lokasi terlebih dahulu. Terlebih ia menjelaskan terkait pengeledahan musti mendapatkan izin dari dewan pengawas terlebih dahulu.

“Sebetulnya tim penyelidik ini, tim lidik teman-teman tadi itu, hanya ingin mengamankan lokasi jadi model police line, tapi ini KPK line,” kata Lili dalam keterangan pers di Kantornya, Jakarta, Kamis (9/1/2020).

Lili menegaskan bahwa tim penyelidik dibekali dengan kelengkapan surat. Penyidik, tutur dia, juga telah berkoordinasi dengan petugas keamanan DPP PDIP. Namun, tim penyelidik tidak serta merta diberikan izin lantaran petugas keamanan harus konfirmasi ke atasannya lebih dulu.

Baca juga: Dijanjikan PAW, Wahyu Setiawan Minta Dana Operasional ke Politikus PDIP

“Ketika mau pamit ke atasannya telepon itu enggak terangkat-angkat oleh atasannya, karena lama, mereka [tim penyelidik] mau (menyegel) beberapa objek lagi jadi ditinggalkan,” ucapnya.

Lebih lanjut perihal penyegelan, anggota Dewan Pengawas Syamsuddin Haris berujar bahwa hal tersebut tidak memerlukan izin. Itu juga sudah diatur dalam Undang-undang Nomor 19 tahun 2019 tentang KPK yang menyebut dewan pengawas memberi atau tidak memberi izin mengenai penyadapan, penggeledahan dan penyitaan.

“Untuk penyegelan tidak harus izin,” katanya pada Selasa (14/1/2020).

Editor: Awang Darmawan

Iklan PDAM
...

Populer

Pasar Tradisional Karisa Jeneponto Terbakar

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Pasar Tradisional Karisa Jeneponto di Jl. Pahlawan, Kelurahan Empoang, terbakar. Dari pantauan sulselsatu.com, kebakaran terjadi sekitar pukul 22.20 Wita, Kamis malam (24/9/2020). Hingga...

Polres Jeneponto Ungkap Motif Tewasnya Pemuda Asal Bantaeng

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Pihak kepolisian Polres Jeneponto berhasil mengungkap motif tewasnya Rendy Sacada (23) pemuda asal Jl, Raya Lanto nomor 21, Tappanjeng, Kabupaten Bantaeng...

Bupati Jeneponto “Menangis”, Isi Pasar Karisa Tinggal Puing-Puing

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Bupati Jeneponto Iksan Iskandar yang sementara menjalani isolasi mandiri akibat positif Covid-19 di Rujab, sedih hingga meneteskan air mata saat mengetahui...

VIDEO: Polisi Ungkap Motif Tewasnya Pemuda Asal Bantaeng

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Pihak kepolisian Polres Jeneponto berhasil mengungkap motif tewasnya Rendy Sacada (23) pemuda asal Kabupaten Bantaeng yang ditemukan tewas bersimbah darah di...

VIDEO: Inalillahi, Pasar Tradisional Karisa Jeneponto Terbakar

SULSELSATU.com, JENEPONTO – Pasar Tradisional Karisa Jeneponto di Jl. Pahlawan, Kelurahan Empoang, terbakar. Dari pantauan sulselsatu.com, kebakaran terjadi sekitar pukul 10.20 Wita, Kamis malam (24/9/2020). Video...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

Andi Suhada Siap Jadi Ketua Tim Pemenangan Dilan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Andi Suhada...

Artikel Lainnya

Bejat! Guru di Bali Ajak Siswinya Threesome dengan Pacar

SULSELSATU.com, JAKARTA - Entah apa yang ada di benak Ni Made...

Jokowi Siapkan Jabatan untuk Hanura dan PBB di Pemerintahan

SULSELSATU.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo disebut bakal mengakomodir Partai Hanura...

Tahun Depan, Tunjangan Kinerja Pemkot Makassar Capai Rp700 Miliar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto memprediksi biaya...

Disney Segera Garap Sekuel Terbaru Film “Pirates of The Caribbean”

SULSELSATU.com - Disney dikabarkan bakal segera menggarap film tersukses mereka "Pirates...

Bappeda Parepare Rilis Jadwal Musrenbang, Catat Tanggalnya

SULSELSATU.com, PAREPARE - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Parepare menggelar...

Terkini

Kampanye di Tengah Pandemi Covid-19, Irman-Zunnun Terapkan Protokol Kesehatan Secara Ketat

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar,...

BUMN Balai Pustaka Launching Aplikasi Barugasikola di Makassar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Balai Pustaka melaunching...

Danny-Fatma Bakal Perbanyak Blusukan Selama Masa Kampanye

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pasangan nomor urut 1 Pilkada Makassar, Moh Ramdhan...

Progres 60 persen, PPK Yakin Penataan Pantai Sumpang Bakal Rampung Tepat Waktu

SULSELSATU.com, BARRU - Proyek penataan tanggul pantai sumpang Binangae Kabupaten Barru...

Nurdin Minta PT IKI Buat Kapal Fiber untuk Nelayan di Pulau

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Kabupaten Selayar adalah daerah yang memiliki kekhususan, yakni...