Logo Sulselsatu

Survei PKS: Pilkada Barru Berpotensi Head to Head, Suardi Saleh-Andi Ogi Berpotensi Menang

Asrul
Asrul

Rabu, 22 Januari 2020 21:26

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Barru merilis hasil survei teranyarnya untuk Pilkada Barru 2020.

Hasilnya, elektabilitas sang petahana, Suardi Saleh jauh melampaui kandidat lainnya. Angkanya mencapai 17,0 persen. Adapun pesaing terdekatnya, Malkan Amin meraih elektabiltas 7,0 persen serta A Mirza Riogi 3,5 persen.

Jika disimulasikan, Suardi Saleh memiliki tingkat keterpilihan 24,0 persen, kemudian Malkan Amin 11,5 persen dan A Mirza Riogi (Andi Ogi) 4,3 persen.

Baca Juga : Tegas, PDIP Akan Pecat Kader Jika Tidak Bekerja Menangkan SS-AK

Ketua DPD PKS Barru, Rusdi Hidayat Jufri mengatakan, berdasarkan hasil riset yang diperoleh oleh lembaga survei yang digandengnya, wajah lama masih mendominasi kontestasi demokrasi di Kabupaten Barru. “Wajah lama itu seperti Suardi Saleh dan Malkan Amin,” ujarnya.

Dengan komposisi tersebut, kata Ketua Bidang Polhukan DPW PKS Sulsel itu, Pilkada Barru berpotensi terjadi head to head. “Di Kabupaten Barru tidak terlalu banyak wajah baru sehingga akan mengerucut ke head to head saja,” kata Rusdi di Warkop Soqta, Rabu (22/1/2020).

Terkait pasangan calon (Paslon), PKS memprediksi jika kelak Suardi Saleh-A Mirza Riogi berpasangan, maka akan berpotensi memenangkan pertarungan. “Kelak paket ini teralisasi, maka hasil survei kami bisa memenangkan pertarungan,” jelas Rusdi.

Baca Juga : Sobat Milenial SS-AK Gelar Webinar Tips Belajar ke Luar Negeri

Menurut Rusdi, Suardi Saleh dengan elektabilitas tertinggi, kemudian menggandeng Andi Ogi yang tak lain putra mantan Bupati Barru, Idris Syukur, akan semakin menambah kekuatan. “Tak bisa di pungkiri jika pak Idris Syukur masih punya loyalis kuat,” terang Rusdi.

Meski begitu, PKS masih menunggu penentuan pasangan dari incumbent Suardi Saleh. Karena saat ini masih Malkan Amin yang sudah menentukan pasangannya yakni Salahuddin Rum.

“Kita menunggu dulu sampai dua pasangan, baru kita putuskan pilihan rekomendasi, biar ada perimbangan kita memilih,” kata Rusdi.

Baca Juga : Malkan-Salahuddin Janji Angkat Kesejahteraan Warga Barru Dalam Waktu 2 Tahun

“Kami memang mau menang, jadi tolak ukur untuk memutuskan rekomendasi dukungan adalah yang paling tinggi elektabilitasnya,” kata dia.

Sementara itu, Direktur lembaga survei Smart Power Institute yang digandeng PKS, Kasman mengatakan, survei dilakukan pada 9-16 Januari 2020, melalui metode sampling dengan 400 responden dan tersebar di tujuh kecamatan.

Dari 20 lebih nama kandidat yang disodorkan melalui kuesioner yang paling banyak diketahui melakukan tatap muka bertemu masyarakat tertinggi Suardi Saleh, Malkan Amin Andi Mirza Riogi Idris atau Andi Ogi dan Andi Salahuddin Rum.

Baca Juga : Diajak Warga, Calon Bupati Mudassir Menginap di Gattareng

“Kalau pemilihan kepala daerah (Barru) hari ini secara terbuka, incumbent (Suardi Saleh) berada dipuncak di top of mine 17,0 persen, disusul Malkan Amin 7,0 persen dan ketiga Andi Ogi 3,5 Persen,” kata Kasman.

“Sementara kalau simulasi pencoblosan, tetap Pak Suardi Saleh secara elektabilitas 24 persen, disusul Malkan Amin 11,5 persen dan Andi Ogi 4 Persen, kandidat lainnya masih dibawah 1 persen. Jadi ini 3 besar yang elektabilitasnya tinggi,” pungkasnya.

Editor: ANDI

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif29 Maret 2024 11:42
Begini Fitur dan Teknologi Motor Listrik EM1 e: dari Honda
Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) secara resmi membawa motor listrik Honda EM1 e: ke Makassar. Asmo Sulsel resmi merilis motor listrik pertamanya di Ho...
Otomotif29 Maret 2024 08:55
Asmo Sulsel Resmi Perkenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus ke Masyarakat Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi meng...
Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...