Logo Sulselsatu

Kandidat Kepala Daerah Diminta Tak Terlena Meski Kantongi Rekomendasi

Asrul
Asrul

Selasa, 04 Februari 2020 19:58

Andi Irwan Lukman. (Sulselsatu/Asrul)
Andi Irwan Lukman. (Sulselsatu/Asrul)

SULSELSATU.com, MAKASSARKandidat kepala daerah di 12 kabupaten dan kota di Sulsel diminta tak terlena meski sudah mengantongi rekomendasi partai.

Pengamat Politik Unhas, Andi Irwan Lukman mengatakan, bisa saja rekomendasi partai politik diserahkan ke Pasolongan lain. Menurutnya,paslon yang telah menerima rekomendasi sedianya segera melakukan kerja-kerja intensif di lapangan. Namun jangan lupa tetap mengamankan dan mengawal dukungan dan rekomendasi yang sudah ada.

“Karena banyak kasus dalam proses Pilkada. Pasangan calon yang sebelumnya mendapatkan rekomendasi, justru di kemudian hari, rekomendasi yang didapatkan sebelumnya malah beralih ke pasangan lain. Khususnya menjelang detik-detik proses pendatraan ke KPU,” ujar Irwan, Selasa (4/2/2020).

Baca Juga : VIDEO: Gerindra Sulsel Cari Kandidat Kepala Daerah yang Komitmen

Dia memberi ultimatum meski rekomendasi sudah di tangan, namun sedianya belum aman. Rekomendasi masih bisa berpindah. Belum lagi jadwal pendaftaran Paslon ke KPU masih cukup lama.

“Apalagi kita berbicara proses tahapan Pilkada 2020, yang mana tahapan pendaftaran ke KPU di bulan Juni. Jadi masih ada lima bulan,” katanya.

Irwan menuturkan, fase menjelang pendaftaran ke KPU tersebut biasanya dimanfaatkan pasangan lain untuk melakukan manuver ke tingkat DPP. Pengalihan rekomendasi kata dia juga tidak sulit, mengingat sikap parpol saat ini masih pragmatis.

“Fase ini bisa jadi proses negosiasi yang dilakukan oleh pasangan calon lainnya untuk merebut rekomendasi partai dari paslon yang sudah diberikan sebelumnya. Karena pasangan calon lain bisa menikung rekomendasi partai sebelumnya. Apatalagi fenomena parpol kita masih pragmatis sekali, dalam mengusung calon,” tuturnya.

Untuk diketahui, beberapa Paslon yang telah mendapat rekomendasi adalah, Chadir Syam di Maros. Nicodemus Biringkanae di Tana Toraja, Yosia Rinto Kadang Toraja Utara, Kaswadi Razak Soppeng, Suardi Saleh Barru dan Harmil Mattotorang Maros.

Penulis: Asrul
Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik24 Oktober 2024 12:31
Relawan Buruh Siap Menangkan Seto-Rezki di Pilkada Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Para buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Maritim Indonesia (SPMI) Sulsel mendeklarasikan dukungan kep...
Hukum24 Oktober 2024 11:36
Peningkatan Kinerja Humas Pemasyarakatan Sulsel Melalui Asistensi Media
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan melalui Kelompok Kerja Kehumasan, yang dipimpin PJ Bidang Informasi, JP Budi Waskito, ...
Politik24 Oktober 2024 10:50
Ajak Warga Pilih Andalan Hati, Puluhan Legislator Parpol Koaliasi Tebar Ribuan APK
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Partai politik (parpol) koalisi pengusung dan pendukung pasangan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati...
Aneka24 Oktober 2024 09:26
Kolaborasi Asmo Sulsel Bersama Perusahaan Edukasi Safety Riding kepada Pegawai
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) memberikan edukasi safety riding kepada puluhan karyawan Mars Cocoa Side Pangkep...