Logo Sulselsatu

Kandidat Kepala Daerah Diminta Tak Terlena Meski Kantongi Rekomendasi

Asrul
Asrul

Selasa, 04 Februari 2020 19:58

Andi Irwan Lukman. (Sulselsatu/Asrul)
Andi Irwan Lukman. (Sulselsatu/Asrul)

SULSELSATU.com, MAKASSARKandidat kepala daerah di 12 kabupaten dan kota di Sulsel diminta tak terlena meski sudah mengantongi rekomendasi partai.

Pengamat Politik Unhas, Andi Irwan Lukman mengatakan, bisa saja rekomendasi partai politik diserahkan ke Pasolongan lain. Menurutnya,paslon yang telah menerima rekomendasi sedianya segera melakukan kerja-kerja intensif di lapangan. Namun jangan lupa tetap mengamankan dan mengawal dukungan dan rekomendasi yang sudah ada.

“Karena banyak kasus dalam proses Pilkada. Pasangan calon yang sebelumnya mendapatkan rekomendasi, justru di kemudian hari, rekomendasi yang didapatkan sebelumnya malah beralih ke pasangan lain. Khususnya menjelang detik-detik proses pendatraan ke KPU,” ujar Irwan, Selasa (4/2/2020).

Baca Juga : VIDEO: Gerindra Sulsel Cari Kandidat Kepala Daerah yang Komitmen

Dia memberi ultimatum meski rekomendasi sudah di tangan, namun sedianya belum aman. Rekomendasi masih bisa berpindah. Belum lagi jadwal pendaftaran Paslon ke KPU masih cukup lama.

“Apalagi kita berbicara proses tahapan Pilkada 2020, yang mana tahapan pendaftaran ke KPU di bulan Juni. Jadi masih ada lima bulan,” katanya.

Irwan menuturkan, fase menjelang pendaftaran ke KPU tersebut biasanya dimanfaatkan pasangan lain untuk melakukan manuver ke tingkat DPP. Pengalihan rekomendasi kata dia juga tidak sulit, mengingat sikap parpol saat ini masih pragmatis.

Baca Juga : VIDEO: Gerindra Sulsel Cari Kandidat Kepala Daerah yang Komitmen

“Fase ini bisa jadi proses negosiasi yang dilakukan oleh pasangan calon lainnya untuk merebut rekomendasi partai dari paslon yang sudah diberikan sebelumnya. Karena pasangan calon lain bisa menikung rekomendasi partai sebelumnya. Apatalagi fenomena parpol kita masih pragmatis sekali, dalam mengusung calon,” tuturnya.

Untuk diketahui, beberapa Paslon yang telah mendapat rekomendasi adalah, Chadir Syam di Maros. Nicodemus Biringkanae di Tana Toraja, Yosia Rinto Kadang Toraja Utara, Kaswadi Razak Soppeng, Suardi Saleh Barru dan Harmil Mattotorang Maros.

Penulis: Asrul
Editor: Hendra Wijaya

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi30 Juni 2022 15:39
Daerah di Sulawesi yang Sudah Terapkan Beli Pertalite dan Solar Pakai MyPertamina Besok 1 Juli
SULSELSATU.com – Aturan beli BBM subsidi jenis Pertalite dan Solar pakai aplikasi MyPertamina sudah mulai berlaku besok 1 Juli 2022. Aturan ters...
Berita Utama30 Juni 2022 15:01
Bersiap! Beli LPG 3 Kg Harus Daftar di Aplikasi MyPertamina
SULSELSATU.com – Membeli gas LPG 3 kg kini tidak lagi bisa dengan mudah. PT Pertamina (Persero) akan memperketat pembelian LPG 3 kg yang mewajib...
Pendidikan30 Juni 2022 14:48
Rektor UNM ke Wisudawan: Tunjukkan Jati Diri Sebagai Ilmuan yang Profesional
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Untuk pertama kalinya semenjak pandemi Covid-19, upacara wisuda di Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali diseleng...
Sulsel30 Juni 2022 14:28
Lantik 23 Pejabat Baru, Bupati Gowa Harap Bekerja Sesuai Perkembangan Zaman
SULSELSATU.com, GOWA – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan melantik dan mengambil sumpah jabatan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Adminis...