iklan Kareba Parlementa

Aspirasi Musrenbang Kecamatan Parepare Prioritas Infrastruktur Cegah Banjir

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, PAREPARE – Pemerintah Kota Parepare melalui Bappeda menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021 tingkat kecamatan, Selasa (11/2/2020).

Pada hari pertama musrenbang tingkat kecamatan ini menyasar dua kecamatan yakni Ujung dan Bacukiki.

Di Ujung, Tim Bappeda dikoordinir oleh Andi Pangurisen, dan di Bacukiki dikoordinir Dede Alamsyah Wakkang.

Di Ujung, dibuka oleh Camat Ujung, Andi Ulfa Lanto dihadiri tiga anggota DPRD Parepare yakni Anggota Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan Hermanto, Ketua Komisi II Bidang Kesejahteraan Rakyat Kamaluddin Kadir, dan Anggota Komisi III Bidang Pembangunan, Keuangan dan Perekonomian, Yasser Latif.

Camat Ujung Andi ulfa mengemukakan, dalam musrenbang tingkat Kecamatan Ujung ini melahirkan usulan-usulan program prioritas, seperti pembangunan dan peningkatan infrastruktur serta pemberdayaan masyarakat.

“Tadi saya sampaikan, bahwa yang sangat mendesak dan yang perlu segera ditindaklanjuti itu, adalah di wilayah Tegal yang sering terdampak banjir jika musim hujan tiba. Itu memang sangat dibutuhkan tindakan, karena ini sudah sekian tahun masyarakat di sana seakan-akan terbiasa dengan kondisi banjir. Sementara kami pemerintah terlena dengan kondisi itu,” kata Ulfa.

Ulfa berharap, kondisi di wilayah Tegal tidak lagi terjadi banjir setelah adanya usulan-usulan warga mulai dari Musrenbang Kelurahan hingga Musrenbang Kecamatan.

Sementara untuk pembangunan fisik lainnya yang sangat mendesak, kata ulfa, yaitu seringnya terjadi genangan banjir di wilayah perkotaan seperti Kelurahan Ujung Sabbang, Kelurahan Mallusetasi dan Kelurahan Labukkang.

Kondisi pada ketiga kelurahan itu, kata dia, tentunya harus dilakukan evaluasi dan peninjauan.

“Semua wilayah itu adalah dataran rendah. Kondisi gorong-gorong ataupun selokan-selokan yang ada di kelurahan itu, sudah seharusnya mulai dievaluasi. Karena pada dasarnya, dari pihak teknis sudah mengetahui persis apa yang menjadi permasalahan atau kendala sehingga terjadi genangan. Cuma sayangnya, kenapa tidak ada tindak lanjut dari pihak terkait. Karena kita dengar sendiri dari warga dalam musrenbang, permasalahannya sudah sangat jelas, namun belum ada jalan keluar atau tindakan nyata di lapangan untuk mengantisiapasi hal tersebut,” ujarnya.

Terkait masalah bantuan yang juga menjadi salah satu usulan prioritas masyarakat, Ulfa mengatakan bahwa ia akan mengubah pola pikir atau mengontrol serta mengevaluasi jumlah penerima bantuan.

Karena menurut dia, semakin banyak pemerintah memberikan bantuan, akan semakin ketergantungan masyarakat, semakin manja dan semakin lemah.

“Teori pemberdayaan masyarakat dari pemerintah akan bertolak belakang jika terus memberikan bantuan yang tidak memiliki perencanaan, dan tidak ada pembinaan serta tindak lanjut dari pemberi bantuan,” katanya.

Dalam pemberian bantuan, kata Ulfa, harusnya ada pengawasan, kontroling serta evaluasi, agar bantuan tepat sasaran, dan bukan tetap sasaran.

“Agar masyarakat yang betul-betul membutuhkan bantuan dapat meningkatkan usaha mereka untuk peningkatan hasil usaha. Agar dari warga kurang mampu menjadi mampu,” kata dia.

Sementara di Musrenbang Kecamatan Bacukiki, yang dibuka Camat Bacukiki, Saharuddin, aspirasi yang mencuat juga seputar peningkatan infrastruktur dan bantuan pemberdayaan masyarakat.

Penulis: Andi Fardi
Editor: Kink Kusuma Rein

Iklan PDAM
...

Populer

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Dua Wartawan di Jeneponto Diusir Oknum Security Saat Meliput di DPRD

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Rapat Anggaran perubahan R-APBD di ruang komisi III Kantor DPRD Jeneponto, Selasa, (29/9/2020), diwarnai insiden pengusiran terhadap dua jurnalis yang sedang...

VIDEO: Pemotor Trail Lakukan Pelecehan, Sentuh Area Sensitif Wanita Berkemben di Sungai

SULSELSATU.com - Seorang pengendara motor trail tega melakukan pelecehan terhadap seorang wanita di sebuah sungai. Dalam video terlihat wanita seksi berkemben atau memakai kain jarik. Kejadian...

Wabup Jeneponto Ditunjuk Jadi Ketua Tim Pemulihan Pasar Karisa

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar secara resmi menunjuk Wakil Bupati Jeneponto, Paris Yaris sebagai ketua Tim Penanganan dan Pemulihan Pasar Karisa yang...

Kampanye di Zona III, None Nginap di Rumah Ketua RT

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Calon Wali Kota Makassar, Irman "None" Yasin Limpo, hari ini akan melakukan kampanyenya di Zona III, yang meliputi Kecamatan Panakkukang, Manggala,...

DPRD Parepare Siap Kolaborasi Pemkot Wujudkan Program Prioritas

SULSELSATU.com, PAREPARE - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Parepare menyatakan...

Artikel Lainnya

Kisah Pasien Positif Jalani Karantina di Wisata Duta Covid-19

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Percepatan penanganan Corona Virus Disease 201 (Covid-19), Pemerintah...

Resmikan Rumah Perjuangan, None-Zunnun Gelar Doa Bersama

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Kandidat Calon Wali Kota Makassar, Irman "None" Yasin...

Peserta Land Tour Festival Takabonerate 2019 Siap-siap Explore Kearifan Lokal Desa Latondu

SULSELSATU.com, SELAYAR - Pulau Latondu, Kecamatan Takabonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan,...

Kelola Aset Daerah, GDP Disebut 3 Tahun Tak Setor ke Pemprov

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Komisi B DPRD Sulsel menggelar Rapat Dengar Pendapat...

Kembangkan Potensi Kelautan dan Perikanan di Wajo, Bupati Minta Dukungan KKP RI

SULSELSATU.com, JAKARTA - Untuk mengembangkan potensi Kelautan dan Perikanan di Bumi Lamadukkeleng,...

Terkini

APT, Politisi Muda NasDem Diberi Amanah Jabat Wakil Ketua Komisi C DPRD Sulsel

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Legislator Fraksi NasDem Sulsel, Andre Prasetyo Tanta (APT),...

Prof Rudy Apresiasi Hadirnya Perda Pencegahan Peningkatan Kualitas Perumahan Kumuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Prof Rudy Djamaluddin...

VIDEO: Bikin Haru, Kisah Anak Driver Ojol yang Lulus Perguruan Tinggi dan Dapat Beasiswa

  SULSELSATU.com - Sebuah video memperlihatkan seorang anak driver ojek online menceritakan...

Akan Diresmikan Presiden Jokowi, Menhub Dijadwalkan Kunjungi Bandara Toraja

SULSELSATU.com, TANA TORAJA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, dijadwalkan...

Taat Protokol Kesehatan Covid-19, Satlantas Polres Jeneponto Beri Edukasi Pengendara

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Kepolisian Resort (Polres) Jeneponto terus mengedukasi masyarakat untuk...