iklan Kareba Parlementa

Dewan Usulkan ke Bappeda Parepare Maksimalkan Penggunaan e-Data

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, PAREPARE – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Parepare mendukung Pemkot Parepare yang sudah memanfaatkan aplikasi e-planning atau perencanaan berbasis elektronik pada Musrenbang tahun ini.

Itu akan menjamin transparansi dan akuntabilitas. Namun tidak cukup sampai di e-planning, harus ditindaklanjuti dengan e-data untuk lebih meningkatkan transparansi dan akuntabilitas khususnya dalam menjamin bantuan tepat sasaran dan tepat manfaat.

Hal ini diungkap Ketua Komisi III DPRD Parepare, Rudy Najamuddin, dalam Musrenbang RKPD 2021 tingkat kecamatan di Kantor Kecamatan Bacukiki Barat, Parepare.

“Ini pesan khusus untuk Bappeda. Jangan mati di e-planning tapi lanjut di e-data. Jadi akan online ke semua dinas terkait penerima bantuan. Akan mudah ditelusuri darimana ke mana bantuan itu, apakah tepat sasaran dan tepat manfaat. Karena banyak keluhan kenapa itu-itu saja yang terima bantuan. Nah, kalau e-data otomatis akan error atau tertolak oleh sistem kalau yang sudah terima bantuan. Tidak ada lagi penerima bantuan yang itu-itu saja,” kata Rudy, Kamis (13/2/2020).

Secara umum yang mencuat dalam Musrenbang Kecamatan Bacukiki Barat ini adalah masalah Basis Data Terpadu (BDT), BPJS Kesehatan karena adanya warga tidak terakomodir, dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Rudy menekankan, DPRD akan membentuk Pansus untuk menelusuri masalah warga tidak terakomodir BPJS Kesehatan. Selain itu, dia juga meminta Pemkot membentuk tim.

“Jadi Pansus DPRD dan tim dari eksekutif sama-sama bekerja. Nanti hasil kerjanya dipertemukan, di mana ketemu titik temunya dan solusinya,” imbuh politisi PPP ini.

Sementara itu, Ketua DPRD Parepare Andi Nurhatina Tipu yang juga hadir dalam Musrenbang mengemukakan, segera mengundang SKPD terkait untuk hearing masalah BPJS Kesehatan dan masalah BDT maupun PKH.

“Hearing ini juga akan mengundang gabungan komisi DPRD supaya ada solusi yang dihasilkan,” kata legislator Partai Golkar dan mantan Camat Bacukiki Barat ini.

Camat Bacukiki Barat, Fitriany meminta agar Dinas Sosial (Dinsos) kembali mensosialisasikan masalah BDT dan PKH, agar masyarakat tidak bingung.

“Masyarakat bingung mana BDT, mana PKH. Saran saya, Dinsos sebaiknya sosialisasikan kembali ke RT RW. Sebelum verifikasi dan turun ke lapangan, sebaiknya lakukan sosialisasi supaya masyarakat paham,” pinta Fitriany.

Sementara Sekretaris Bappeda Parepare, Zulkarnaen merespons usulan anggota DPRD untuk menghadirkan aplikasi e-data.

“Usulan yang baik. Semoga didukung dengan anggarannya. Karena 2021 Parepare sudah menerapkan e-planning, e-monev, e-pokir, e-budgeting dan e-lainnya. Bapak walikota memang menginginkan semua E E, agar semua transparan dan akuntabel,” tandas Zulkarnaen.

Penulis: Andi Fardi
Editor: Asrul

Iklan PDAM
...

Populer

Pasar Tradisional Karisa Jeneponto Terbakar

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Pasar Tradisional Karisa Jeneponto di Jl. Pahlawan, Kelurahan Empoang, terbakar. Dari pantauan sulselsatu.com, kebakaran terjadi sekitar pukul 22.20 Wita, Kamis malam (24/9/2020). Hingga...

Bupati Jeneponto “Menangis”, Isi Pasar Karisa Tinggal Puing-Puing

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Bupati Jeneponto Iksan Iskandar yang sementara menjalani isolasi mandiri akibat positif Covid-19 di Rujab, sedih hingga meneteskan air mata saat mengetahui...

VIDEO: Inalillahi, Pasar Tradisional Karisa Jeneponto Terbakar

SULSELSATU.com, JENEPONTO – Pasar Tradisional Karisa Jeneponto di Jl. Pahlawan, Kelurahan Empoang, terbakar. Dari pantauan sulselsatu.com, kebakaran terjadi sekitar pukul 10.20 Wita, Kamis malam (24/9/2020). Video...

Polres Jeneponto Ungkap Motif Tewasnya Pemuda Asal Bantaeng

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Pihak kepolisian Polres Jeneponto berhasil mengungkap motif tewasnya Rendy Sacada (23) pemuda asal Jl, Raya Lanto nomor 21, Tappanjeng, Kabupaten Bantaeng...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

Jayadi Nas, Iqbal Suhaeb, Aslam Patonangi Ditunjuk Jadi Pjs Bupati

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah, mengaku akan mengukuhkan Penjabat sementara (Pjs) Bupati untuk mengisi kekosongan kepala daerah yang kembali maju...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

INFOGRAFIK: Persentase Penduduk Miskin di Sulsel

Berikut persentase penduduk miskin di Sulsel per kabupaten dan kota: 1. Kota...

Artikel Lainnya

Pemkot Makassar Akan Gelar Penyemprotan Disinfektan Secara Massal

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pemerintah Kota Makassar akan menggelar penyemprotan disinfektan secara...

Kadisdik Sinjai Sesalkan Pelantikan Stafnya Dilakukan Tanpa Sepengetahuannya

SULSELSATU.com, SINJAI - Pasca Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa, melantik...

Dispora Barru Mulai Rekrut 70 Calon Paskibraka

SULSELSATU.com, BARRU - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Barru mulai...

Hotel Bintang 5 Milik Surya Paloh Disiapkan Tangani Pasien Corona

SULSELSATU.com - Penyebaran virus corona di Indonesia semakin menggila, data terbaru...

Kabar Gembira! Rumah Ibadah Segera Dibuka

SULSELSATU.com - Kabar gembira datang dari Kementerian Agama. Lembaga pemerintah yang...

Terkini

INFOGRAFIK: Persentase Penduduk Miskin di Sulsel

Berikut persentase penduduk miskin di Sulsel per kabupaten dan kota: 1. Kota...

Ada Cashback dan Kamsia Saat Service di AHASS Asmo Sulsel

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) kembali menghadirkan promo...

Antisipasi Penularan Virus Corona, RSUD Parepare Maksimalkan Pelayanan

SULSELSATU.com, PAREPARE - Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)Andi Makkasau Kota...

Apeksi Sikapi Omnibus Law RUU Cipta Kerja, Taufan Pawe Suarakan Kewenangan Pemda

SULSELSATU.com, JAKARTA - Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) menggelar Rapat...

Anir Datang, Emak-Emak Curhat Sulitnya Air Bersih di Pangkep

SULSELSATU.com, PANGKEP - Calon bupati Kabupaten Pangkep, Andi Nirawati bersilaturahmi dengan...