Logo Sulselsatu

Akademisi Sebut Calon Independen Membingungkan Masyarakat

Asrul
Asrul

Rabu, 19 Februari 2020 14:11

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Keberadaan calon independen dalam kontestasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) dianggap bisa membuat masyarakat bingung. Khususnya masyarakat dari kalangan terpelajar.

Hal itu diutarakan Pengamat politik Universitas Bosowa, Dr Arief Wicaksono dalam Ngobrol Politik Komunitas Wartawan Politik Sulsel dengan tema Bedah Peluang Calon Independen, di Warkop Aleta Todoppuli, Rabu (19/2/2020).

Menurut Dr Arief Wicaksono, dilihat dari istilah independen dalam konteks Pilkada jelas sudah bermasalah. Itu karena sejauh ini belum ada satupun aturan yang secara tegas menyebut calon independen.

Baca Juga : Pemkot Siapkan Anggaran Pilwali Makassar untuk KPU Sebesar Rp64 Miliar

“Frasa independen itu bebas dari tekanan. Tapi fenomenanya, calon independen ini kerap membawa banyak kepentingan. Sehingga calon independen ini membuat masyarakat bingung, khususnya masyarakat terpelajar,” jelasnya.

Pertanyaan selanjutnya yang muncul di tengah masyarakat, sambung Arief Wicaksono, adalah soal permodalan. Kalau memang punya modal, calon independen ini dapat sokongan dari mana.

“Apakah ada jaminan mereka (calon independen) ini tidak mengikuti kemauan pemodal? Apalagi itu bisa dilihat dari track record mereka,” paparnya.

Baca Juga : Tomas Biringkanaya Dukung Rudianto Lallo Jadi Suksesor Danny Pomanto

Lebih jauh, Dr Arief Wicaksono menuturkan bahwa tidak ada jaminan syarat dukungan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang disetor ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) terbebas dalam kegandaan.

“Makanya dibutuhkan mekanisme pengawasan yang kuat. Khususnya terkait dukungan palsu. Apalagi jika syarat dukungan pada pilkada lalu, kembali disetorkan ke KPU. Ini sangat rawan,” tutup Dr Arief Wicaksono.

Penulis: Asrul
Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Makassar28 Maret 2024 20:39
Dihadapan Menteri PPPA, PJ Sekda Sebut Longwis dan Jagai Anakta Jadi Program Keterlibatan Peran Perempuan
PJ Sekda Kota Makassar Firman Hamid Pagarra menyambut kunjungan kerja Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI I Gusti Ayu Binta...
Politik28 Maret 2024 20:20
Cicu Klaim Fatmawati Rusdi Bakal Diusung NasDem Maju Pilwali Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Partai NasDem menyiapkan satu nama untuk didorong maju Pilwali Makassar 2024. Dia adalah Fatmawati Rusdi. Hal itu diu...
Pendidikan28 Maret 2024 19:47
Kunker dan Safari Ramadan di Bone, Rektor UNM Resmikan Aula Baru Kampus VI Watampone
SULSELSATU.com, BONE – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Husain Syam melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke kampus VI UNM Watampone ...
Video28 Maret 2024 18:42
VIDEO: Kebakaran terjadi di Tappalalo Jeneponto
SULSELSATU.com – Kebakaran terjadi di Dusun Tappalalo, Bulusuka, Jeneponto, Kamis (28/3/2024). Satu unit rumah milik warga ludes akibat insiden ...