Logo Sulselsatu

Dinkes Parepare Intens Sosialisasi Pencegahan Virus Corona

Asrul
Asrul

Minggu, 08 Maret 2020 10:00

istimewa
istimewa
SULSELSATU.com, PAREPARE – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Parepare menggencarkan sosialisasi untuk mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19) khususnya dalam wilayah Parepare.
Selain turun langsung ke masyarakat, Dinkes Parepare juga mengedukasi lewat media sosial (Medsos).
Salah satunya lewat imbauan mengingatkan masyarakat agar rajin mencuci tangan dan membersihkan ponsel (HP) untuk menangkal virus Corona.
Plt Kepala Dinas Kesehatan Parepare, Halwatiah mengingatkan, agar waspada terhadap benda-benda yang sering disentuh utamanya HP.
“Gunakan masker saat menderita batuk dan pilek. Jangan menyentuh mulut, hidung, mata sebelum membersihkan tangan, dan sering cuci tangan di air yang mengalir dengan menggunakan sabun. Jika menderita demam, batuk, kesulitan bernapas segera periksakan diri ke rumah sakit atau puskesmas terdekat,” pesan Halwatiah.
Sosialisasi lainnya dengan melakukan penyuluhan keliling kota untuk mengedukasi masyarakat terkait kewaspadaan terhadap Covid-19. Di antaranya yang disasar adalah pasar tradisional, fasilitas umum, perkantoran, sekolah, kampus, dan perumahan.
Selain penyuluhan keliling Dinkes juga membuka Posko Siaga Covid-19. Posko terletak di Kantor Dinkes Parepare tepatnya di Bagian Data dan Pusat Informasi Tim Gerak Cepat (TGC) Penanggulangan KLB.
“Posko dibuat sebagai media edukasi dan informasi mengenai virus Corona. Masyarakat yang membutuhkan penjelasan mengenai virus Corona bisa mengakses posko kami,” kata Kepala Bidang Kesmas, Kesehatan Lingkungan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Muhammad Idris.
Idris berharap, tim posko siaga bisa bekerja secara maksimal untuk menangkal hoax Covid-19 dan juga bisa meredakan kepanikan warga Parepare.
Dia juga telah membuka pusat informasi Covid-19 dengan mencantumkan nomor ponsel petugas Dinkes yang bisa dihubungi langsung oleh masyarakat, untuk berkonsultasi seputar virus Corona.
Sebagai antisipasi virus Corona secara keseluruhan, Idris mengaku, jika Dinkes sudah melakukan koordinasi dan komunikasi lintas program agar lebih waspada terhadap penyebaran virus itu. Salah satu upaya yang harus terus digalakkan adalah imbauan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).
“Kemudian yang signifikan juga saat ini adalah menjaga imunitas tubuh dengan makan makanan yang bergizi, melakukan olahraga, kemudian cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah melakukan aktivitas. Hal ini berguna untuk menghindari penyebaran penyakit ke diri sendiri maupun orang lain,” kata Idris.
Penulis: Andi Fardi
Editor: Kink Kusuma Rein

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Sulsel28 Maret 2024 22:02
Ekonomi Kabupaten Gowa Tumbuh 5,82 Persen Selama 2023
Dari data BPS pertumbuhan ekonomi Kabupaten Gowa tumbuh positif. Menjadi 5,82 persen pada 2023, lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya yang hanya 4,5...
Video28 Maret 2024 21:34
VIDEO: Muchlis Misbah Atensi Khusus Pasar Sentral dan Butung
SULSELSATU.com – Podcast bersama Anggota DPRD Kota Makassar, Muchlis Misbah pada Selasa (26/3/2023) lalu. Dalam kesempatan tersebut, Muchlis Mis...
Nasional28 Maret 2024 21:30
Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Punya Fitur Lebih Responsif dan Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran
Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) meluncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3/2024) di Jakarta....
Makassar28 Maret 2024 20:39
Dihadapan Menteri PPPA, PJ Sekda Sebut Longwis dan Jagai Anakta Jadi Program Keterlibatan Peran Perempuan
PJ Sekda Kota Makassar Firman Hamid Pagarra menyambut kunjungan kerja Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI I Gusti Ayu Binta...