iklan Kareba Parlementa

6.852 PBI Kesehatan di Parepare Bakal Ditanggung Pusat

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, PAREPARE – Ribuan penerima bantuan iuran (PBI) Kesehatan yang selama ini ditanggung dari APBD Kota Parepare akan beralih ke PBI APBN. Berdasarkan data dari BPJS Kesehatan, ada 6.852 PBI APBD Parepare yang diakomodir oleh PBI APBN atau ditanggung oleh pemerintah pusat.

Hal ini terungkap dalam rapat koordinasi sinkronisasi data PBI Pemkot Parepare dengan BPJS Kesehatan di ruang rapat Bappeda Parepare, Kamis (2/4/2020).

Rapat dihadiri Kepala Bappeda Parepare, Samsuddin Taha, Sekretaris Bappeda Zulkarnaen, Kabid Perencanaan SDM dan Sosbud, Dede Alamsyah Wakkang, Kabid Promkes dan Kesmas Bidan Kasna yang mewakili Kadis Kesehatan, Hanise dari Dinas Sosial Parepare, serta Kepala BPJS Kesehatan Parepare, Mustafa dan jajarannya.

Kabid SDM dan Sosbud Bappeda Parepare, Dede A Wakkang menjelaskan, rapat membahas terkait data menyikapi peralihan PBI APBD ke PBI APBN.

“Berdasarkan data yang diberikan BPJS Kesehatan, ada 6.852 PBI APBD yang diakomodir oleh PBI APBN. Hal ini tentunya sangat membantu Pemkot dalam hal mengcover warganya yang belum ditanggung jaminan kesehatannya,” ujarnya.

Karena itu, kata dia, mesti koordinasi antara Pemkot dan BPJS Kesehatan agar memperoleh data seberapa banyak warga Parepare yang bisa diakomodir oleh dana APBD setelah 6.852 PBI ditanggung oleh pemerintah pusat.

Dede mengatakan, hal ini memberikan angin segar kepada warga yang belum ditanggung oleh PBI APBD untuk diusulkan menjadi peserta BPJS.

“Ada kurang lebih 11.535 warga Parepare yang masuk dalam DTKS/BDT perlu untuk validasi NIK melalui Dinas Capil agar disinkronkan datanya sehingga dapat mengisi PBI APBD dimaksud,” katanya.

Dalam rapat juga terungkap, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkot Parepare telah menganggarkan senilai Rp23 miliar untuk mengakomodir PBI APBD.

Dinkes pun yakin anggaran itu dapat tepat sasaran dengan penambahan kurang lebih 11.535 warga ditambah estimasi 2.800 bayi yang akan lahir tahun ini.

Sebelumnya, Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe mengaku, menanggung seluruh jaminan kesehatan masyarakatnya, sebagai wujud kepedulian Pemerintah di bidang kesehatan.

“Kita komitmen memberikan pelayanan kesehatan gratis untuk warga Parepare. Bagi yang belum terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, tetap dilayani dengan memperlihatkan KTP dan KK sebagai bukti warga Parepare,” tandasnya.

Penulis: Andi Fardi
Editor: Asrul

Iklan PDAM
...

Populer

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

VIDEO: Pemotor Trail Lakukan Pelecehan, Sentuh Area Sensitif Wanita Berkemben di Sungai

SULSELSATU.com - Seorang pengendara motor trail tega melakukan pelecehan terhadap seorang wanita di sebuah sungai. Dalam video terlihat wanita seksi berkemben atau memakai kain jarik. Kejadian...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

VIDEO: Inalillahi, Pasar Tradisional Karisa Jeneponto Terbakar

SULSELSATU.com, JENEPONTO – Pasar Tradisional Karisa Jeneponto di Jl. Pahlawan, Kelurahan Empoang, terbakar. Dari pantauan sulselsatu.com, kebakaran terjadi sekitar pukul 10.20 Wita, Kamis malam (24/9/2020). Video...

Ujian SKB CPNS Parepare Selesai, 5 Peserta Gugur

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi 2019 Pemkot Parepare di BKN Kantor Regional IV Makassar, selesai. Selama...

Polres Jeneponto Ungkap Motif Tewasnya Pemuda Asal Bantaeng

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Pihak kepolisian Polres Jeneponto berhasil mengungkap motif tewasnya Rendy Sacada (23) pemuda asal Jl, Raya Lanto nomor 21, Tappanjeng, Kabupaten Bantaeng...

Antisipasi Penularan Virus Corona, RSUD Parepare Maksimalkan Pelayanan

SULSELSATU.com, PAREPARE - Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)Andi Makkasau Kota...

Artikel Lainnya

Komisi D Ingin Potensi Anak-anak Pulau Diberdayakan Menjadi Guru

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah berencana melokalisasi guru yang...

Touring Adventure Pustaka Bergerak Merayakan “Tujuhbelasan”

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Lapak Baca Merdeka (LBM) adalah salah satu program...

Kunjungi Posko Sinjai Barat, Wabup Kartini Semangati tim Medis

SULSELSATU.com, SINJAI - Wakil Bupati Sinjai Andi Kartini Ottong menyemangati, para...

Asosiasi BPD Kabupaten Maros Temui Muzayyin Arif, Ini Aspirasinya

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Suasana akrab dan hangat terlihat saat sejumlah pengurus...

Komunitas Anak Baik-Baik Serahkan Masker dan Hand Sanitizer ke Pemkab Gowa

SULSELSATU.com, GOWA - Mendukung Pemerintah Gowa menjalankan upaya Pembatasan Sosial Berskala...

Terkini

VIDEO: Gubernur Sulsel Tinjau Pulau Lanjukang, Bakal Jadikan Percontohan Pulau Wisata

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan, HM Nurdin Abdullah dan Penjabat...

VIDEO: Kecelakaan Tunggal di Kanal Batua Raya, Pemotor Tewas

SULSELSATU.com - Seorang pemotor tewas saat mengalami kecelakaan tunggal di Jalan...

40 Pelaku Usaha Homestay di Gowa Ikut Pelatihan Manajemen

SULSELSATU.com, GOWA - Sebanyak 40 pelaku usaha homestay di Kabupaten Gowa...

Dokter Fadli Edukasi Padagang Pasar Agar Jaga Kesehatan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Calon wakil Wali Kota Makassar, dokter Fadli Ananda...

VIDEO: Viral, Gerombolan Pemuda Konvoi Bawa Senjata Tajam

  SULSELSATU.com - Segerombolan pemuda di Jakarta Timur melakukan aksi konvoi dengan...