Logo Sulselsatu

PMII Sulsel Mita Kejaksaan-Polri Awasi Penggunaan Dana Penanganan Covid-19

Asrul
Asrul

Jumat, 10 April 2020 16:20

PMII Sulsel Mita Kejaksaan-Polri Awasi Penggunaan Dana Penanganan Covid-19

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua Eksternal Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Sulsel, Ashari Bahar mewanti-wanti dana penanganan Covid-19 sebesar Rp405,1 triliun digunakan sebaik-baiknya. Dana ini rawan jadi praktik korupsi.

Ashari mengatakan, ada tiga sasaran prioritas dana tersebut salah satunya untuk perlindungan tenaga kesehatan, terutama pembelian alat pelindung diri (APD), pembelian alat-alat kesehatan seperti test kit, hand sanitaizer, dan lain-lain, dana ini akan dibagikan ke 34 provinsi di 132 rumah sakit rujukan pasien corona.

“Selain pemerintah pusat yang mengucurkan dana dengan APBN-nya, pemerintah di berbagai daerah pun juga tidak mau ketinggalan untuk mengucurkan anggaran dari APBD. Semua ini sudah pasti untuk niat baik namun kita semua harus benar-benar mengawasi jangan sampai ada ruang modus dan kesempatan korupsi yang bisa dilakukan secara bersama-sama,” tegas Ashari.

Ada beberapa sektor anggaran yang juga perlu diawasi yang pertama anggaran Dana Desa yang seyogyanya untuk pembangunan infrastruktur direalokasikan untuk penanganan Covid-19 tingkat desa.

Sponsored by MGID

“Yang kedua sejumlah daerah yang akan menggelar pilkada sudah mulai mengusulkan untuk merealokasikan anggaran Pilkada 2020 untuk penanganan Covid-19,” katanya.

“Dari Pengadaan Barang hingga realokasi anggaran, Menurut kami akan mengundang potensi korupsi di antaranya berupa persekongkolan atau kolusi dengan penyedia barang/jasa, menerima uang pelicin, penyuapan, dan gratifikasi. Jangan sampai pasca pendemi corona ini banyak kepala daerah kita yang diciduk oleh KPK,” katanya.

“Untuk itu kami mendorong keterlibatan Kejaksaan dan jajaran Polri dalam hal ini Polda, Polres dan Polsek di seluruh Indonesia untuk melakukan pengawasan dan pendampingan sehingga percepatan penanganan virus Covid-19 dilakukan secara efektif, transparan dan tepat sasaran,” jelas dia.

Editor: Hendra Wijaya

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video27 September 2021 23:22
VIDEO: Harimau Berukuran Besar di Grobogan Ternyata Hanya Editan, Pelaku Beri Klarifikasi
SULSELSATU.com – Seekor harimau berukuran cukup besar muncul di dekat pemukiman warga di Grobogan, Jawa Tengah. Video tersebut dibagikan oleh ak...
Makassar27 September 2021 21:13
Pulihkan Pariwisata Sulsel, Forum Pariwisata Sulsel Bergerak Launching Hastag #KeSulSelmi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Forum Pariwisata Sulsel Bergerak melaunching slogan hastag #KeSulSelMi di Kopi Kebun Jalan Racing Center Makassar, Se...
Video27 September 2021 20:57
VIDEO: Badak Bercula Satu Lepas, Tampak Berjalan Santai di Jalan Raya
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan badak bercula satu jalan-jalan di sebuah jalan raya. Dalam video terlihat badak bercula satu tengah...
Sponsored by MGID
Makassar27 September 2021 19:46
Kanwilkumham dan Dinsos MoU Pembinaan Warga Lapas, Plt Gubernur Sulsel Harap Ada Sertifikasi Pembinaan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kantor Wilayah Kemen...