Logo Sulselsatu

Masjid Aqsa Ditutup Total Saat Ramadan

Asrul
Asrul

Jumat, 17 April 2020 20:43

Yerusalem. (Int)
Yerusalem. (Int)

JAKARTA – Wakaf Islam Jerusalem akan menutup kompleks Al-Haram Asy-Syarif pada Ramadan tahun ini. Masjid Aqsa tidak bisa bisa digunakan untuk salat Tarawih berjemaah.

Dalam sebuah pernyataan, Wakaf Islam Jerusalem atau pengurus masjid yang ditunjuk Yordania tersebut mengatakan jika keputusan penutupan Al Aqsa sejalan dengan fatwa hukum dan pertimbangan medis.

Sebagai gantinya, umat muslim diharuskan untuk salat di rumah selama Ramadan dan tetap menjaga keselamatan diri serta kesehatan.

Baca Juga : VIDEO: Israel Blokir Akses ke Masjid Al Aqsa

Mengutip Al Jazeera, kendati tidak dibuka untuk jamaah, namun pekerja masih diizinkan memasuki kawasan Masjid Al Aqsa atau Al-Haram Asy-Syarif

Sponsored by MGID

Umumnya selain melaksanakan salat lima waktu, saat Ramadan, Al Aqsa juga dipenuhi jamaah yang melaksanakan salat tarawih.

Penutupan kali ini merupakan kelanjutan dari penutupan total masjid yang terletak di Jerusalem tersebut sejak 23 Maret 2020.

Baca Juga : Israel Blokir Akses ke Masjid Al-Aqsa

Direktur Masjid Al Aqsa Omar Kiswani mengatakan, penutupan total masjid merupakan perintah langsung dari Dewan Wakaf Yordania untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Dilansir dari AFP, Badan Wakaf pada akhir Maret lalu mengatakan jika umat Muslim “tidak dapat mengunjungi kompleks Al Aqsa untuk sementara waktu berdasarkan atas rekomendasi keagamaan dan medis.”

Sejak awal Maret lalu, Kementerian Agama dan Wakaf Yordania sebagai pengurus Al Aqsa memerintahkan seluruh gereja dan masjid di wilayah Palestina untuk ditutup sementara.

Baca Juga : Israel Blokir Akses ke Masjid Al-Aqsa

Kantor berita Palestina, Wafa, melaporkan masjid di seluruh Tepi Barat, Palestina, juga telah mengimbau umat Muslim untuk melaksanakan salat di rumah masing-masing untuk sementara waktu demi menghindari keramaian yang bisa meningkatkan risiko terpapar Covid-19.

Editor: Hendra Wijaya

 

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama28 Oktober 2021 01:33
Wali Kota Danny Jadi Tim Penguji di Munas IAI
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali Kota Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) hadir dalam Musyawarah Nasional (Munas) Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) ...
Berita Utama28 Oktober 2021 00:09
Kebakaran di Allu Tarowang Jeneponto, Bocah 8 Tahun Tewas Terbakar
SULSELSATU.com, Jeneponto – Kebakaran rumah kembali terjadi di Jeneponto. Kali ini rumah panggung milik Satturia dg Sangka (55) di Dusun Likusar...
Video27 Oktober 2021 23:20
VIDEO: Nekat, Maling Ini Ketahuan Saat Bobol Mesin ATM di Markas TNI
SULSELSATU.com – Seorang pria kedapatan saat membobol mesin ATM di markas TNI viral di media sosial. Dalam video terlihat pria itu berada di dal...
Sponsored by MGID
Berita Utama27 Oktober 2021 20:46
Bupati Iksan Sebut, Puskesmas di Jeneponto “Cantik” Karena Aliyah Mustika
SULSELSATU.com, Jeneponto – Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar memberi apresiasi kepada anggota DPR RI, Aliyah Mustika atas kontribusi dan perhati...