Logo Sulselsatu

Pemkot Gelar Pertemuan Dengan Forkompinda, Bahas Covid-19

Asrul
Asrul

Selasa, 21 April 2020 09:20

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, PAREPARE – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Parepare menggelar pertemuan membahas terkait perkembangan penanganan dan pencegahan Penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Rapat tersebut dihadiri sejumlah pihak, yakni Walikota Parepare, Kapolres Parepare, Dandim 1405 Mallusetasi, Dandenpom, Danyon Brimob B Pelopor Polda Sulsel, Kajari, Kepala Kementrian Agama, Sekda dan juga sejumlah Kepala Dinas Lingkup Kota Parepare.

Dalam rapat tersebut juga turut membahas terkait pelaksanaan Ibadah yang masih ada melanggar terkait edaran Pemerintah perihal tersebut, dan bahkan sejumlah pihak yang tetap ngotot untuk dilakukan kajian terkait kondisi itu.

Baca Juga : Tiba di Parepare, Pj Gubernur Sulsel Tebar Benih Udang Vaname dan Tanam Pisang Cavendish

Kapolres Parepare, AKBP Budi Susanto, mengatakan, pihaknya akan tetap intens untuk melakukan setiap kebijakan pemerintah, dan perlu kemudian adanya sikap duduk bersama dengan beberapa pemuka agama untuk menindak lanjuti adanya perihal tersebut.

Ia menjelaskan, melalui forum ini yang dihadiri beberapa Unsur kepala Daerah, diantaranya ada Forkompinda, Kaden Pom, dan Danyon Brimob, sehingga kemudian banyak hal yang bisa ditindaklanjuti kemudian.

“Saya fikir melalui forum ini kita bisa lebih tingkatkan lagi langkah kedepannya, termasuk mungkin berbagai hal yang perlu kita eksekusi bersama, dan lebih terapkan lagi dalam hal penerapan edaran Pemerintah dalam menghadapi wabah ini,” katanya.

Baca Juga : VIDEO: Capres Anies Baswedan Bakal Hadiri Kampanye di Parepare

Kepala Kementerian Agama Kota Parepare, Abd Gaffar mengatakan, sesui dengan peraturan Menteri Agama Republik Indonesia, nomor 6 tahun 2020, yang mengatur terkait pelaksanaan Ibadah selama bulan Ramadhan, selain itu juga edaran Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang mengatur perihal tersebut.

“Tinggal kemudian kita segera tindak lanjuti peraturan dan edaran tersebut, dengan melakukan pertemuan dengan sejumlah pemuka Agama dan juga ormas keagamaan di Kota Parepare, untuk bersama melakukan tanda tangan bersama, dalam melaksanakan edaran tersebut,” ujarnya.

Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe, menegaskan, pihaknya akan intens untuk terus melakukan kebijakan dalam hal penerapan dan imbauan kepada masyarakat Kota Parepare, terkait sejumlah edaran Pemerintah.

Baca Juga : VIDEO: Pohon Tumbang hingga Kabel Listrik Putus saat Hujan Deras di Parepare

“Tujuan kita bersama melalui forum ini bagaimana kita satu pemahaman dan sama-sama saling bahu-membahu untuk bergerak dalam melakukan pencegahan tersebut,” jelas dia.

Ia mengajak kepada semua pihak, bukan hanya dari unsur Pemerintah, dari Unsur Forkompinda, tapi termasuk keterlibatan semua pihak, dan juga masyarakat dalam memberikan edukasi kepada warga terkait bahaya penyebaran Covid-19.

“Mari kita sama-sama melakukan pencegahan dengan berbagai cara, jangan sampai kita anggap saat ini aman yang bisa berakibat pada meluasnya virus tersebut, jangan kita mau menunggu nanti ada yang terdampak baru kita katakan darurat, tapi kita mulai dari sini, kita mulai hari ini untuk intens melakukan pencegahan,” tandasnya.

Baca Juga : Oknum Guru di Parepare Diduga Terbitkan Buku Bukan Karya Orisinil

Alumni Doktor Hukum ini, mengapresiasi dan berbangga kepada aparat TNI dan Polri yang telah bahu-membahu untuk melakukan pencegahan dan telah berperan aktif mengimbau dan melakukan langkah preventif.

“Terima kasih aparat TNI-POLRI yang telah banyak membantu kita dan bahu-membahu, serta elemen masyarakat lainnya yang ikut memberikan support dalam pencegahan virus tersebut, dan saya mengajak kepada pimpinan TNI dan Polri agar tetap memberikan dorongan dan motivasi kepada aparat yang di Lapangan untuk tetap bekerja dengan baik,” jelas dia.

Penulis: Andi Fardi
Editor: Asrul

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Makassar28 Maret 2024 20:39
Dihadapan Menteri PPPA, PJ Sekda Sebut Longwis dan Jagai Anakta Jadi Program Keterlibatan Peran Perempuan
PJ Sekda Kota Makassar Firman Hamid Pagarra menyambut kunjungan kerja Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI I Gusti Ayu Binta...
Politik28 Maret 2024 20:20
Cicu Klaim Fatmawati Rusdi Bakal Diusung NasDem Maju Pilwali Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Partai NasDem menyiapkan satu nama untuk didorong maju Pilwali Makassar 2024. Dia adalah Fatmawati Rusdi. Hal itu diu...
Pendidikan28 Maret 2024 19:47
Kunker dan Safari Ramadan di Bone, Rektor UNM Resmikan Aula Baru Kampus VI Watampone
SULSELSATU.com, BONE – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Husain Syam melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke kampus VI UNM Watampone ...
Bisnis28 Maret 2024 17:39
Pengiriman Barang Lebih Cepat dan Mudah Melalui Layanan Same Day Delivery Cahaya Bone
Cahaya Bone sebagai salah satu lini bisnis Kalla Transport & Logistcs (Translog) senantiasa memberikan layanan terbaik kepada masyarakat....