Logo Sulselsatu

Pemkab Sinjai Bantah Ada Warga Miskin Tidak Dapat Bantuan

Asrul
Asrul

Senin, 27 April 2020 22:50

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sinjai, Irwan Suaib. (ist)
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sinjai, Irwan Suaib. (ist)

SULSELSATU.com, SINJAI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai membantah tudingan salah seorang penggiat sosial di Kecamatan Sinjai Tengah, soal warga Desa Saotengngah atas nama Raju (71) yang katanya tidak masuk dalam daftar penerima bantuan sosial.

Penggiat sosial Kecamatan Sinjai Tengah, Sirman dalam pernyataannya bahwa telah berulangkali mengusulkan nama warga tersebut (Raju) ke Dinas Sosial untuk memperoleh bantuan.

Sementara itu, menurut pihak Pemerintah Kabupaten Sinjai bahwa pernyataan oleh Sirman itu tak berdasar. Sebab, warga yang dimaksud ternyata telah menerima bantuan sosial sejak tahun 2019 lalu.

Baca Juga : Hamka Gani Ajak Warga Kampala Bersatu Majukan Desa

“Soal pernyataan saudara Sirman dalam pemberitaan di media terkait warga miskin yang diterlantarkan itu sama sekali tidak benar. Sebab warga yang dimaksud (Raju) telah menerima bantuan sejak tahun lalu,” ujar Kepala Dinas Infokom Sinjai Irwan Suaib, Senin (27/4/2020).

“Seharusnya, sebelum mengeluarkan statmen ke publik harus memiliki data yang akurat supaya tidak menjadi bias di publik. Kami berharap sebaiknya penggiat sosial juga harus lengkap datanya, dan bagi siapapun yang hendak memberi statmen mestinya harus memiliki data yang akurat,” sambungnya dengan tegas.

Irwan menjelaskan, tahun lalu Raju telah menerima bantuan lansia sebesar Rp2,4 juta dengan 2 kali pembayaran dan tahun ini masih masuk dalam daftar penerima bantuan dan akan kembali menerima bantuan pangan Non Tunai perluasan berupa bantuan pangan senilai Rp200 ribu per bulan selama sembilan bulan.

Baca Juga : Jelang Akhir Tahun, Kepala Daerah di Sulsel Kebut Vaksinasi

“Sebenarnya pemerintah daerah sudah memberi perhatiaan terhadap warga tersebut, hanya saja penggiat sosial yang kurang data sehingga membuat pengacara, guru besar bahkan anggota dewan di Sinjai berpikir macam-macam karena mereka juga tidak punya data hanya membaca komentar dari penggiat sosial,” ungkapnya.

Lanjut Irwan mengatakan bahwa masyarakat Kabupaten Sinjai tahun ini akan mendapatkan beberapa bantuan sosial diantaranya, bantuan pangan non tunai kepada 7.690 kepala keluarga yang sebelumnya sudah mendapatkan BPNT kepada 10.900 kepala keluarga.

“Semua dari bantuan tersebut, diluar dari warga yang menerima bantuan PKH yang jumlahnya sebanyak 8.600 kepala keluarga, Penerima BLT dari pusat 6.677 kepala keluarga, ditambah bantuan pemerintah daerah sebanyak kurang lebih 5.000 kepala keluarga dan bantuan pemerintah desa sebanyak 12.370 kepala keluarga,” sebut Irwan dengan jelas.

Baca Juga : Pemda Genjot Vaksinasi, Capaian Vaksinasi di Kabupaten Sinjai Naik Peringkat

Dengan begitu, Irwan menambahkan bahwa Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) meyakini bahwa semua warga miski di Kabupaten Sinjai akan mendapatkan bantuan dari pemerintah. Hanya saja bantuan stimulus ekonomi ditengah pandemi virus corona (covid-19) tidak bersamaan disalurkan, sebab sumber bantuan tersebut bukan hanya dari pemerintah Kabupaten Sinjai saja, tetapi juga dari pemerintah pusat, provinsi hingga pemerintah desa.

“Instmya Allah masyarakat yang akan mendapat bantuan, bukan hanya warga miskin tetapi pedagang, UMKM yang terdampak akibat covid-19,” pungkasnya.

Penulis: Andi Irfan Arjuna
Editor: Asrul

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Lifestyle23 April 2024 14:10
KALLA Tanam Ribuan Bibit Bersama Pemprov Sulsel Saat Peringati Hari Bumi
KALLA juga berkontribusi dalam penyediaan bibit pohon. Sekitar 2.000 bibit pohon jeruk nipis disiapkan KALLA untuk penanaman serentak pada lahan kriti...
Politik23 April 2024 13:19
Imam Fauzan Siapkan Rijal Maju Pilkada Bulukumba, Jabbar Idris di Luwu
SULSELSATU.com, MAKASSAR – DPW PPP Sulsel sudah menyiapkan sejumlah kadernya untuk ikut bertarung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bulan N...
News23 April 2024 13:10
Pertamina Patra Niaga Sulawesi Sukses Penuhi Kebutuhan Energi Selama Ramadan dan Idulfitri 1445 H
PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi sukses mengawal pasokan energi bagi masyarakat di Sulawesi pada momen Ramadan dan Idul Fitri 1445 Hijriah....
Hukum23 April 2024 12:05
60 Pegawai Satker Kanwil Kemenkumham Sulsel Ikuti Penilaian Kompetensi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dalam rangka pemetaan terhadap kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN), Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi ...