5 Stock Makanan Wajib di Rumah Selama Puasa

Mie Instan 1

SULSELSATU.com – Selama Ramadan, umat Islam selalu menyiapkan stock bahan makanan untuk digunakan saat sahur dan berbuka puasa.

Bunda tidak perlu membeli stock bahan makanan dengan harga mahal, tetapi bahan makanan itu harus awet, tahan lama, dan praktis diolah.

Berikut kami rangkum dan rekomendasikan lima makanan untuk para Bunda di rumah selama puasa Ramdhan :

1. Tepung

Selama Ramadan atau puasa, Anda bisa menyediakan stok tepung di rumah seperti, tepung terigu, tepung ketan, tepung beras, tepung kanji, dan sebagainya. 

Tepung bisa dijadikan olahan makanan dan camilan apa saja mulai dari gorengan hingga kue. Apalagi ketika berbuka puasa atau sahur, Anda bisa membuat gorengan bakwan, tahu, perkedel, pisang goreng, dan sebagainya. 

Menyimpan tepung di rumah juga tidak sulit, Anda bisa menaruhnya ke dalam wadah berbahan plastik atau kaca. Tetapi pastikan wadah tersebut ditutup rapat agar kutu tidak masuk. 

2. Mie dan Pasta

Kedua makanan ini bisa dijadikan pengganti karbohidrat selama bulan ramadan. Makanan ini bisa diolah dengan campuran sayuran hijau, telur, ayam, atau udang, dan sebagainya. 

Makanan ini sangat cocok jadi hidangan sahur atau berbuka puasa karena kaya nutrisi dan lezat. Cara menyimpan mie dan pasta hanya menaruhnya di tempat yang tidak lembab dan kering, dan kulkas. 

Perlu diingat ketika akan membeli makanan ini, ada baiknya memeriksa tanggal kadaluwarsa. Selama seminggu sekali, Anda juga harus mengecek tempat penyimpanan kedua makanan tersebut dan pastikan mie dan pasta aman di tempat itu.

3. Sosis

Makanan ini memang sangat awet dan tahan lama, sehingga sangat cocok dijadikan stok selama puasa. Menyajikan sosis menjadi olahan makanan juga sangat mudah dan praktis. Cukup dengan memasukkannya ke dalam nasi goreng atau campuran tumisan sayur dan kreasi olahan lainnya. 

Sosis sangat cocok dijadikan hidangan berbuka puasa atau sahur yang sangat sederhana dan disenangi oleh anak-anak. Jenis makanan ini tersedia dengan berbagai varian rasa yang bisa dipilih sesuai selera masing-masing dan biasanya sosis sudah dikemas dalam bentuk beku. 

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan ini termasuk salah satu bahan makanan yang tahan lama, asal menyimpannya di tempat yang kering. Kacang merah, kacang tanah, hingga kacang hijau bisa dijadikan stok makanan selama bulan ramadan. 

Kacang merah sendiri bisa diolah menjadi minuman segar atau campuran sayuran. Sementara kacang tanah bisa dibuat menjadi sambal kacang atau camilan lezat kala lapar di tengah malam. 

Kacang-kacangan ini bisa disimpan dalam toples yang ditutup rapat. Pastikan jenis makanan yang satu ini terhindar dari sinar matahari, tempat lembab, atau kompor. Namun, seminggu sekali Anda harus mengecek kondisi kacang tersebut untuk memastikan ketiga jenis makanan itu selalu aman. 

5. Bakso

Bakso bisa menjadi rekomendasi menu makanan sahur atau berbuka puasa. Sehingga para ibu rumah tangga wajib untuk menyetok makanan ini di rumah karena bakso bisa tahan lama dan awet. 

Mengolah bakso menjadi makanan yang sangat nikmat tidak sulit, Anda bisa menggorengnya atau menumis dengan campuran sayur, atau pelengkap sajian sup, dan sebagainya.

Ketika membeli makanan ini pastikan bakso tidak kusam, bulat halus, tidak berjamur atau berlendir, berbau tengik, busuk, asam, dan sebagainya. Anda bisa menyimpan bakso ke dalam kulkas agar selalu tahan lama

Editor: Asrul