Logo Sulselsatu

Kasus Covid-19 Didominasi Transmisi Lokal, Taufan Minta Setop Kumpul-kumpul

Asrul
Asrul

Jumat, 01 Mei 2020 08:20

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe. (Foto/Ist)
Wali Kota Parepare, Taufan Pawe. (Foto/Ist)

SULSELSATU.com, PAREPARE – Kasus positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Parepare bertambah menjadi 8 warga. Dari jumlah itu, 7 di antaranya merupakan transmisi atau penularan lokal.

Ini disampaikan Wali Kota Parepare sebagai Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Parepare, HM taufan Pawe, melalui akun resmi Instagram (IG) miliknya.

“Siang ini kami mengumumkan bahwa jumlah pasien positif Corona bertambah menjadi 8 kasus,” tulis Taufan Pawe.

Baca Juga : Tiba di Parepare, Pj Gubernur Sulsel Tebar Benih Udang Vaname dan Tanam Pisang Cavendish

Tujuh kasus yang disebabkan oleh transmisi lokal akibat perkumpulan dalam acara makan kapurung yang kini disebut klaster kapurung, mengakibatkan 5 kasus positif di Lompoe Mas, Kelurahan Lompoe, Kecamatan Bacukiki, dan 2 kasus positif Corona di Kelurahan Ujung Bulu, Kecamatan Ujung, Parepare.

“Dan 1 penularan lainnya merupakan cluster KM Lambelu,” lanjut Taufan.

Taufan Pawe merinci, 8 warga Parepare yang terpapar virus Corona tersebut ditangani di rumah sakit yang berbeda.

Baca Juga : VIDEO: Capres Anies Baswedan Bakal Hadiri Kampanye di Parepare

“Delapan kasus itu, 6 di antaranya dirawat di RSUD Andi Makkasau, 1 di RS Sumantri, dan 1 dirujuk ke RS Wahidin. Selain itu ada 12 pasien PDP di RSUD Andi Makkasau yang sedang menunggu hasil swab tes,” kata Taufan.

Atas kasus positif yang kian bertambah itu, Taufan Pawe kembali mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan perkumpulan dan membuat keramaian. Pasalnya, penularan positif Corona dari hasil swab tenggorokan ini, merupakan hasil transmisi lokal alias penularan sesama warga Parepare.

“Kiranya di bulan Ramadan ibadah dapat dilakukan di rumah. Mari jaga diri dan keluarga. Semoga Allah memberikan berkah kesehatan dan kekuatan bagi para pasien, tim medis, dan seluruh masyarakat kota ini,” harap Taufan.

Baca Juga : VIDEO: Pohon Tumbang hingga Kabel Listrik Putus saat Hujan Deras di Parepare

Selain 8 pasien positif, data terbaru yang dikeluarkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Parepare merilis, 89 orang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP), dan 857 Orang Tanpa Gejala (OTG).

“857 OTG ini, 408 di antaranya masih proses pemantauan yang tersebar di 22 kelurahan dan patut kita waspadai, sedangkan 449 selebihnya sudah selesai kita pantau dan bisa dikatakan aman karena sudah melalui masa inkubasi,” tandas Halwatiah, Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Parepare, menambahkan.

Penulis: Andi Fardi
Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Pendidikan28 Maret 2024 19:47
Kunker dan Safari Ramadan di Bone, Rektor UNM Resmikan Aula Baru Kampus VI Watampone
SULSELSATU.com, BONE – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Husain Syam melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke kampus VI UNM Watampone ...
Bisnis28 Maret 2024 17:39
Pengiriman Barang Lebih Cepat dan Mudah Melalui Layanan Same Day Delivery Cahaya Bone
Cahaya Bone sebagai salah satu lini bisnis Kalla Transport & Logistcs (Translog) senantiasa memberikan layanan terbaik kepada masyarakat....
Ramadan28 Maret 2024 16:22
Pegadaian Hadirkan Panggung Emas di Puncak Festival Ramadhan
PT Pegadaian memperingati hari ulang tahun PT Pegadaian yang ke-123 dan memeriahkan bulan Ramadhan 1445 H menghadirkan kegiatan Festival Ramadhan....
Bisnis28 Maret 2024 16:01
Kalla Beton Kembangkan Produk Precast, Produksi Lebih Cepat dan Bentuk Cetakan Lebih Custom
Kalla Beton terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konstruksi dari mitra atau pelanggan. Salah satu produk yang tengah dikembangkan saat ini adalah...