Logo Sulselsatu

Pemkab Sinjai Peringati Nuzulul Qur’an Secara Virtual

Asrul
Asrul

Minggu, 10 Mei 2020 10:00

Pemkab Sinjai Peringati Nuzulul Qur’an Secara Virtual

SULSELSATU.com, SINJAI – Pemerintah Kabupaten Sinjai peringati hari Nuzulul Qur’an 1441 H tingkat Provinsi Sulawesi Selatan secara virtual, salah satu peringatan hari besar agama Islam tersebut diikuti oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Forkopimda Sulsel, para Kepala OPD Sulsel, dan Bupati serta Wali Kota se-Sulsel.

Pemerintah Kabupaten Sinjai dalam hal ini Bupati, Andi Seto Gadhista Asapa dan Wakil Bupati, Andi Kartini Ottong, Ketua TP PKK Sinjai Andi Nurhilda Daramata Seto, Forkopimda, Pejabat Lingkup Pemkab Sinjai dan pemuka agama turut mengikuti kegiatan tersebut yang bertempat di Gedung Pertemuan atau Media Center Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sinjai, Sabtu malam (9/5/2020).

Ketua MUI Sulawesi Selatan, KH. Sanusi Baco membawakan ceramah terkait Nuzulul Qur’an 1441 H. Dalam ceramahnya, beliau menjelaskan tentang lima prinsip hidup, yakni memelihara agama, memelihara keturunan, memelihara akal, memelihara harta, dan memelihara jiwa atau nyawa.

Baca Juga : Pemkab Sinjai Fasilitasi Rapid Antigen Gratis Bagi Peserta Seleksi PPPK

“Situasi seperti saat ini, imbauan pemerintah di masa pandemi coronavirus (Covid-19) patut kita taati, yang tujuannya semata-mata untuk memelihara jiwa/nyawa kita sendiri atau pun masyarakat secara umumnya,” ujarnya.

Sponsored by MGID

“Imbauan untuk meniadakan Shalat Jumat dan diganti dengan Shalat Dzuhur di rumah. Begitu juga dengan peniadaan Shalat Tarawih berjemaah di masjid dan beribadah di rumah. Semata-mata untuk pemeliharaan jiwa,” sambungnya.

KH. Sanusi berharap, momentum Nuzulul Qur’an tahun ini semoga menjadi semangat bagi umat Islam untuk lebih giat belajar tentang Al-Qur’an.

Baca Juga : Ketua TP PKK Minta Kader Jadi Garda Tedepan Sukseskan Vaksinasi COVID-19

Sementara itu, Andi Seto saat ditemui usai mengikuti kegiatan tersebut menyampaikan rasa syukurnya, sebab peringatan Nuzulul Qur’an ini masih bisa dilaksanakan secara virtual meski dalam situasi kurang kondusif akibat wabah Covid-19.

“Dengan keadaan dan situasi yang tidak normal seperti sekarang ini, kita tetap bisa berharap dan berikhtiar secara lahiriah maupun batiniah. Baik untuk kehidupan secara pribadi maupun secara umum, terkhusus dalam penanganan Covid-19 sekarang ini,” ujarnya.

Berikhtiar secara lahiriah, kata Seto yakni dengan tetap melaksanakan imbauan pemerintah seperti lebih banyak diam di rumah, pakai masker jika keluar rumah, rajin cuci tangan dan menjaga jarak.

Baca Juga : Kader Sebut Nasran Mone Buat Gaduh Golkar Sinjai

“Sementara, ikhtiar batiniah yakni dengan tetap memperbanyak ibadah di rumah sehingga tidak mengurangi pahala dan ibadah kita di Bulan Suci Ramadhan serta berdoa kepada Allah SWT agar wabah Corona cepat berlalu,” kata dia.

Penulis: Andi Irfan Arjuna
Editor: Kink Kusuma Rein
Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video27 September 2021 23:22
VIDEO: Harimau Berukuran Besar di Grobogan Ternyata Hanya Editan, Pelaku Beri Klarifikasi
SULSELSATU.com – Seekor harimau berukuran cukup besar muncul di dekat pemukiman warga di Grobogan, Jawa Tengah. Video tersebut dibagikan oleh ak...
Makassar27 September 2021 21:13
Pulihkan Pariwisata Sulsel, Forum Pariwisata Sulsel Bergerak Launching Hastag #KeSulSelmi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Forum Pariwisata Sulsel Bergerak melaunching slogan hastag #KeSulSelMi di Kopi Kebun Jalan Racing Center Makassar, Se...
Video27 September 2021 20:57
VIDEO: Badak Bercula Satu Lepas, Tampak Berjalan Santai di Jalan Raya
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan badak bercula satu jalan-jalan di sebuah jalan raya. Dalam video terlihat badak bercula satu tengah...
Sponsored by MGID
Makassar27 September 2021 19:46
Kanwilkumham dan Dinsos MoU Pembinaan Warga Lapas, Plt Gubernur Sulsel Harap Ada Sertifikasi Pembinaan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kantor Wilayah Kemen...