Logo Sulselsatu

Larangan Mudik, Bandara Sulhas Perketat Pemeriksaan Berkas Calon Penumpang

Asrul
Asrul

Minggu, 17 Mei 2020 18:00

Pemeriksaan khusus bagi para penumpang di Bandara Sultan Hasanuddin. (Sulselsatu/Indra Sadli Pratama)
Pemeriksaan khusus bagi para penumpang di Bandara Sultan Hasanuddin. (Sulselsatu/Indra Sadli Pratama)

SULSELSATU.com, MAROS – PT Angkasa Pura I (Persero) menyiapkan fasilitas khusus demi mendukung kelancaran perjalanan penumpang pesawat udara pada masa larangan mudik.

Hal ini juga sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

Vice President Corporate Secretary AP I Handy Heryudhitiawan mengatakan, demi mendukung kelancaran proses keberangkatan calon penumpang di bandara, pihaknya menyediakan jalur atau konter check in khusus di tiap bandara untuk memeriksa dokumen syarat melakukan perjalanan dan melakukan wawancara singkat terkait kepentingan keberangkatan calon penumpang tersebut

Baca Juga : Bank Sulselbar Resmikan D’Lounge di Bandara Sultan Hasanuddin, Perluas Jangkauan Layanan Bagi Masyarakat

“Fasilitas khusus tersebut yaitu counter check in khusus bagi calon penumpang yang akan berangkat pada masa larangan mudik ini, dan pemeriksaan suhu tubuh,” kata Handy.

Layanan ini dapat digunakan oleh calon penumpang yang dengan segera akan melakukan perjalanan mendesak. Tarif untuk pemeriksaan rapid test pengaturannya dilakukan klinik yang melayani. Hasil rapid test berlaku selama 7 hari. Sementara itu, pemeriksaan berkas dan wawancara singkat dilakukan oleh petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Makassar.

“Kami mengimbau kepada calon penumpang penerbangan pengeculian agar terlebih dahulu melengkapi persyaratan sebelum melakukan perjalanan dan datang lebih awal demi kelancaran pemeriksaan berkas persyaratan di bandara,” ujarnya

Baca Juga : Legislator DPRD Sulsel Ramai-ramai Soroti Proyek Bandara Sultan Hasanuddin

GM Bandara Sultan Hasanuddin Wahyudi menambahkan, bahwa protokol penanganan Covid-19 diupayakan tetep dilaksanakan seperti pengaturan kursi dan antrean sesuai dengan konsep social distancing terdapat jarak kurang lebih 1 meter sampai pemeriksaan suhu calon penumpang.

“Bagi calon penumpang yang ingin melakukan pemeriksaan rapid test di bandara agar datang dua jam lebih awal karena rapid test akan memakan waktu sekitar 20 menit,” ujar Wahyudi.

Penumpang yang telah selesai melakukan verifikasi oleh KKP bisa langsung masuk ke dalam terminal untuk melakukan check in tiket.

Baca Juga : Simak! Ini Syarat Perjalanan Terbaru di Bandara Sultan Hasanuddin

Berikut persyaratan yang harus dilengkapi oleh calon penumpang :
1. Identitas diri yang sah
2. Hasil negatif Covid-19 melalui rapid test, PCR atau surat kesehatan dari rumah sakit, puskesmas, dan klinik kesehatan.
3. Surat Tugas resmi dari perusahaan (untuk lembaga pemerintah dan swasta)
4. Surat Keterangan Kematian keluarga inti yang meninggal.
5. Surat Rujukan dari rumah sakit apabila harus menjalani pemeriksaan di kota lain.
6. Surat keterangan dari Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia atau surat keterangan dari perwakilan RI di negeri (untuk pekerja migran atau WNI dari luar negeri)
7. Surat Keterangan dari universitas atau sekolah (untuk pelajar atau mahasiswa)

Penulis: Indra Sadli Pratama
Editor: Hendra Wijaya

Baca Juga : VIDEO: Penumpang Bandara Sultan Hasanuddin Kepanasan, Petugas: Pengiritan

 

Baca Juga : VIDEO: Penumpang Bandara Sultan Hasanuddin Kepanasan, Petugas: Pengiritan

 

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif29 Maret 2024 11:42
Begini Fitur dan Teknologi Motor Listrik EM1 e: dari Honda
Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) secara resmi membawa motor listrik Honda EM1 e: ke Makassar. Asmo Sulsel resmi merilis motor listrik pertamanya di Ho...
Otomotif29 Maret 2024 08:55
Asmo Sulsel Resmi Perkenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus ke Masyarakat Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi meng...
Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...