iklan Kareba Parlementa

Wagub Bantu Bibit Sayur dan Ikan untuk Warga Bara-Baraya

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menilai, pemanfaatan pekarangan menjadi salah satu solusi untuk menjaga ketahanan pangan keluarga di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Hal ini disampaikan Sudirman saat mengunjungi lahan produktif warga Jalan Abubakar Lambogo, Lorong 4 RW 3, Kelurahan Bara-Baraya, Kecamatan Makassar, Kota Makassar, Selasa (2/6/2020).

Wagub Sulsel mengapresiasi antusiasme warga sekitar yang ikut dalam memanfaatkan lahan kosong itu. Mulai dari masyarakat, kelompok majelis taklim, LPM, penyuluh, Camat, dan Lurah Bara-Baraya.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan fungsi ketahanan pangan keluarga dengan memanfaatkan space kosong pekarangan lorong di masa pandemi Covid-19,” ujar Sudirman.

Dia pun mengarahkan warga untuk serius dalam membenahi lahan tersebut. “Membantu budidaya ikan, tanaman sayur dengan memanfaatkan pekarangan rumah. Ini dapat membantu untuk mengurangi beban pengeluaran warga butuh perhatian khusus untuk kebutuhan sehari-harinya. Semoga ini bermanfaat untuk masyarakat,” ujarnya.

Dengan adanya budidaya ikan dan sayuran di pekarangan kosong, kata dia, bisa membawa banyak manfaat di tengah pandemi Covid-19.

“Masyarakat tidak harus setiap hari ke pasar, sehingga bisa menghemat pengeluaran belanja rumah tangga bagi warga. Ini juga bisa bernilai ekonomis di kemudian hari, bisa menjadi usaha kecil milik warga di tingkat RT RW,” terangnya.

Menurutnya, peluang budi daya lahan produktif di Makassar sangat besar. Terlebih di situasi ekonomi yang kian terpukul akibat wabah virus corona.

“Inovasi dalam membangun ketersediaan dilakukan juga secara stimulan dengan memanfaatkan lahan pekarangan warga dengan metode vertical garden,” ungkapnya.

Diketahui, vertical garden atau kebun vertikal atau sering disebut pula dengan dinding hijau, dinding hidup, biowalls, atau ecowalls, adalah metode bercocok tanam dengan menggunakan lahan yang sempit dan terbatas dengan menggunakan dinding atau ruang secara vertikal, dengan menutupinya dengan tumbuhan yang tumbuh di atas media tanam.

Selain itu, lahan-lahan tidur yang tidak produktif dapat diubah menjadi kebun-kebun demontration plot (Demplot) di tiap daerah sebagai bahan pembelajaran dan sekaligus menggaet masyarakat agar tertarik melakukan hal serupa.

Salah seorang warga, Jumadi, mengaku, bantuan ini pun sangat bermanfaat bagi lahan pekarangan. Karena, membuat lebih sejuk dan asri daerah permukiman warga dengan banyaknya tumbuhan.

“Sangat bermanfaat, selain untuk kebutuhan, saya pribadi juga menjadikan tempat ini sebagai hiburan. Masyarakat juga sering datang,” jelasnya.

Sebulan yang lalu atau tepatnya 2 Mei 2020, Wagub Sulsel mengunjungi lokasi itu. Di sana, Wagub Andi Sudirman menyalurkan bantuan paket sembako kepada masyarakat terdampak kondisi pandemi Covid-19.

Penulis: Jahir Majid
Editor: Hendra Wijaya

Iklan PDAM
...

Populer

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Sejarah Singkat 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan

SULSELSATU.com - Hari ini, Bangsa Indonesia memperingati 10 November Hari Pahlawan. Namun mungkin banyak yang belum tahu kenapa pada tanggal 10 November di tetapkaN...

Inilah 6 Peran Ayah yang Ideal untuk Keluarga Ayah

 SULSELSATU.com - Ayah adalah bagian yang tak terpisahkan dalam keluarga. Keluarga bukan hanya urusan para Ibu, sementara urusan Ayah adalah mencari nafkah. Pembagian peran...

Dua Wartawan di Jeneponto Diusir Oknum Security Saat Meliput di DPRD

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Rapat Anggaran perubahan R-APBD di ruang komisi III Kantor DPRD Jeneponto, Selasa, (29/9/2020), diwarnai insiden pengusiran terhadap dua jurnalis yang sedang...

Kunci Kemenangan Dua Periode Yeni Rahman, Kini Jadi Pasukan Pemenangan Irman-Zunnun

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Calon Wali Kota Makassar, Irman "None" Yasin Limpo, bersilaturahmi dengan Pemuda Pelopor Rajawali, di Jalan Rajawali Makassar, Rabu, 30 September 2020....

Ikuti Rakorsus Pilkada Serentak 2020, Ini Pesan Wagub kepada Paslon

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman  mengikuti Rapat...

Artikel Lainnya

Bupati Jeneponto Buka Turnamen Sepakbola Dandim Cup II 2019

SULSELSATU.com,JENEPONTO - Turnamen sepakbola Dandim Cup II 2019 resmi dibuka oleh...

Spurs Perkasa, Taklukkan Everton dengan Skor 6-2

SULSELSATU.com, MAKASSSAR - Tottenham Hotspur tampil perkasa kala melawan ke markas...

Insentif Dipotong, RT/RW Mengadu ke Dewan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Komisi A DPRD Kota Makassar menggelar rapat dengar...

Jelang Nataru, Lantamal VI Siagakan Personel

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal) Makassar mengelar...

Bastian Lubis; Pembatalan SK Wali Kota Makassar Berpotensi Rugikan Negara Rp3,91 T

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pembatalan 39 SK Wali Kota Makassar terhadap 1.072...

Terkini

Susuri Lorong-Lorong, Fatma Kampanye Protokol Kesehatan

  SULSELSATU.com. MAKASSAR - Calon Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi mengampanyekan...

Jalur Kereta Api Makassar-Parepare Bakal Rampung, Berikut 7 Jalur Stasiunnya

  SULSELSATU.com, PANGKEP - Setelah menyelesaikan pembangunan rel kereta api di Kabupaten...

Dewan Kritik Rangkap Jabatan di Lingkup Pemkot Makassar

  SULSELSATU.com, MAKASSAR - Anggota Komisi A DPRD Kota Makassar, Hamzah Hamid...

VIDEO: Viral, Seorang Anak Nelayan di Maros Rela Naik Perahu Untuk Daftar TNI

SULSELSATU.com - Perjuangan seorang anak nelayan di Maros untuk menjadi TNI...

Gubernur Target Tuntaskan Pembangunan Jalan di Kawasan Destinasi Wisata

  SULSELSATU.com, TORAJA UTARA - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah, menargetkan...