iklan Kareba Parlementa
Sulselsatu
Sulselsatu
iklan Kareba Parlementa

NA Halal Bihalal Bersama IKAMI Sulsel

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Sulsel,Nurdin Abdullah menghadiri halal bihalal virtual bersama Pengurus Besar Ikatan Kekeluargaan Mahasiswa/Pelajar Indonesia Sulawesi Selatan (PB IKAMI Sulsel), Rabu, (03/06/2020).

Gubernur Sulsel pada kesempatan ini memberikan arahan bagi Mahasiswa Sulsel serta memberikan perhatian bagi mahasiswa perantau Sulsel yang tidak dapat mudik akibat Covid-19.

Nurdin Abdullah mengaku bersyukur atas dukungan dan bantuan dari berbagai pihak dalam penanganan Covid-19, dan bekerja dalam berbagai lini membantu keluar dari masa pandemi ini. 

“Ini merupakan bukti bangsa Indonesia adalah bangsa gotong-royong dan bangsa pejuang yang selalu menemukan solusi dalam krisis,” ujarnya.

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah memberikan dan berbagi informasi hal positif, termasuk di sosial media. 

“Halal bi halal ini termasuk dalam bentuk soliditas sosial kita memberikan informasi yang konstruktif dan optimis,” imbuhnya. 

Sedangkan, Imam Besar Masjid Istiqlal, Jakarta, Nasaruddin Umar dalam tauziahnya, mengingatkan pelajar dan mahasiswa serta masyarakat Sulsel. Bahwa bentuk pembelajaran tidak hanya kepada seorang guru. Tetapi juga dapat belajar pada impersonal teachers, yakni belajar pada alam. 

Selama seseorang belum belajar dari impersonal teacher, sejatinya ia belum belajar. Ia menjelaskan bahwa Al-Quran dan hadits serta pengalaman spiritual banyak mengisyaratkan tentang bagaimana manusia harus belajar kepada impersonal teracher. 

Pembelajaran tidak hanya mengandalkan deduksi akal, belajar dengan impersonal teacher, kita akan terbuka dengan ilmu-ilmu lain, di luar ilmu yang mengandalkan deduksi akal.

“Salah satu keunggulan masyarakat Sulsel itu punya kemampuan belajar pada apa yang disebut impersonal teacher. Yakni belajar pada laut, belajar pada pananrang (bintang-bintang di atas langit), belajar kepada pohon dan binatang. Itulah iqra yang sejati,” jelasnya. 

Ia menjelaskan Iqra yang pertama diturunkan pada Nabi Muhammad SAW itu bukan membaca Qur’an. Dimana saat itu belum ada Al-Qur’an, yang ada adalah membaca alam. 

“Jadi duluan kita diperintahkan membaca Al-Qur’an besar, makro cosmos dalam bentuk alam raya, dari pada Al-Qur’an kecil dalam bentuk huruf-huruf kecil dalam bentuk Al-Qur’an ini,” paparnya. 

Di akhir tauziahnya, ia kembali menekankan perlunya pelajar Sulsel bukan hanya belajar kepada guru, tetapi juga pada non person. 

“Believe or not, alangkah miskinnya seorang mahasiswa kalau gurunya hanya orang hidup. Belajarlah pada leluhurnya yang sudah wafat. Nabi Muhammad SAW akan selalu datang mengajari seseorang yang memenuhi syarat. Ayatnya banyak,” ucapnya. 

Sementara itu, Ketua PB IKAMI Sulsel, Rahmat Al Kafi menyebutkan, Halal Bihalal dilakukan secara virtual karena Covid-19 sedang melanda negeri ini. 

“Jadi kita ingin selalu melanjutkan tradisi yang ada, bersilaturahim bersama anggota IKAMI, tokoh Sulsel, Pemerintah Sulsel,” tuturnya. 

Lanjutnya, silaturahmi virtual ini justru dapat dihadiri dengan jumlah peserta lebih maksimal dibandingkan dengan melakukan mobilisasi. Selain Gubernur, juga hadir Imam Besar Masjid Istiqlal, Jakarta, Nasaruddin Umar dan senior-senior IKAMI yang telah mengabdi dalam berbagai bidang. 

Kafi menambahkan, halal bi halal ini merupakan pertemuan virtual kedua dengan Gubernur. Sama dengan pertemuan pertama, juga telah disampaikan bahwa IKAMI dan Pemprov Sulsel harus bersama-sama membangun Sulsel.

“Pertemuan kita juga membahas bagaimana alumni-alumni kita yang lulus di Jawa atau daerah lain di luar Sulsel, kembali. Kalau bisa kembali membangun di desa tertinggal misalnya,” terangnya. 

Dengan komunikasi intens yang telah terjalin dengan Gubernur berlatar belakang akademisi tersebut, Ia berharap banyak perhatian mahasiswa rantau yang ada di seluruh Indonesia. Walau data resmi tidak ada, namun diperkirakan jumlahnya 30-50 ribu. Untuk Jogyakarta saja hingga 10 ribu orang. 

“Itu mahasiswa Sulsel. Kalau kami di IKAMI itu terbagi ada mahasiswa Sulsel yang datang dari Sulsel, ada yang keturunan Sulsel sepertu di Kalimantan, Sumatera, Maluku dan Papua. ,” jelasnya. 

Hal lain, yang disampaikan, terkait distribusi sembako Covid-19 untuk Jawa dan Bali juga sebelumnya tidak ada masalah. Pihaknya juga mengajukan kembali untuk wilayah Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Maluku dan Papua. Pengajuan ini telah direspon. 

Penulis: Jahir Majid

Editor: Hendra Wijaya

Iklan PDAM
...
Sulselsatu

Data Terbaru, 35 Orang Positif Covid-19 di Jeneponto

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Kasus Positif Covid-19 di Jeneponto terus mengalami peningkatkan. Juru Bicara Gugus Tugas Jeneponto, Mustaufiq didampingi Plt Kadinkes Jeneponto, Susanti, Senin (29/6/2020) mengatakan,...
Sulselsatu

Pasien Positif Covid-19 Meninggal di RSUD Latopas Jeneponto

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Satu orang pasien positif Covid-19 berjenis kelamin perempuan insial F (63) meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Darah (RSUD) Lanto Dg...
Sulselsatu

Disdik Makassar Akui Persiapan Pendaftaran PPDB Sudah Rampung

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Dinas Pendidikan Kota Makassar mengaku telah merampungkan Persiapan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2020-2021 yang dilakukan secara Online atau dalam...
Sulselsatu

Seks Anal Bisa Sebabkan Kehamilan? Begini Kata Pakar

SULSELSATU.com - Ada sebuah kecenderungan pasangan melakukan seks anal alias penetrasi Mr P ke anus perempuan. Pertanyaannya, mungkinkah seks anal mengakibatkan kehamilan. Dr Mary Jane...
Sulselsatuvideo

VIDEO: Video Pelajar Diduga Mesum Beredar, Ini Klarifikasi Pihak Sekolah

SULSELSATU.com, PAREPARE - Video pelajar SMK yang diduga mesum di Kota Parepare beredar dan sempat viral. Video berdurasi duabelas detik ini direkam dalam kelas, di...
Sulselsatu

Seorang Staf Dinas Kesehatan Sinjai Dinyatakan Positif Covid-19

SULSELSATU.com, SINJAI - Pasien positif Covid-19 di Kabupaten Sinjai bertambah lima orang. Hal tersebut diungkapkan oleh Juri Bicara Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Sinjai, Irwan...
Sulselsatu

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...
Sulselsatu

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...
Dinas Pendidikan
Sulselsatu

GALERI FOTO: Pembalap Makassar Tak Berkutik di Porda Pinrang

SULSELSATU.com, PINRANG - Sejumlah pembalap beradu kecepatan pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI yang di helat di Terminal Paleteang, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, Kamis...

Baca Juga

Sulselsatu

PKK Sulsel Gandeng Perseroda Sosialisasi dan Bagikan Masker ke Masyarakat

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung mewajibkan bagi siapa saja untuk taat dan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Makassar sebagai episentrum penularan menjadi...
Sulselsatu

Taufan Apresiasi Peresmian Satuan Batalion Brigif 11

SULSELSATU.com, PAREPARE - Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, yang hadir langsung dalam Upacara Peresmian Brigif 11 Kodam XIV/Hasanuddin Makassar, yang digelar di Markas Satuan...
Sulselsatu

Tahun Ajaran Baru di Parepare Terapkan Sistem PbJJ

SULSELSATU.com, PAREPARE - Tahun ajaran baru di Kota Parepare menerapkan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PbJJ) atau daring bagi anak didik. Kebijakan melalui Dinas Pendidikan...
Sulselsatu

Gubernur Sulsel dan Menteri PUPR Tangani Banjir Bandang Luwu Utara

SULSELSATU.com, LUWU - Gubernur SulawesiSelatan, Nurdin Abdullah melakukan kunjungan ke Masamba, Kabupaten Luwu Utara untuk meninjau lokasi banjir bandang. Hingga Kamis pagi data dari...

TERKINI

Sulselsatu

DPRD Setujui Ranperda LPJ APBD Tahun Anggara 2019

SULSELSATU.com, PAREPARE -- Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota...
Sulselsatu

Pemerintah Sepakat Ubah RUU HIP Jadi RUU BPIP

JAKARTA - Pemerintah dan DPR sepakat mengubah pembahasan RUU Haluan Ideologi...
Sulselsatu

Tiba di Kantor Setdako, Taufan Pawe Langsung ke Front Office Cek Suhu Tubuh

SULSELSATU.com, PAREPARE - Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe menunjukkan keteladanan...
Sulselsatu

Opini: Pro-Kontra Hagia Sophia, Emosi Beragama Hingga Kedaulata Negara

Oleh Abd. Kadir Jaelani-Sekretaris Umum Korps Muballigh DMI Sulsel “Bahwa konflik agama...
Sulselsatu

Usai Peresmian Brigif 11, Taufan Main Tenis Bareng Pangdam

SULSELSATU.com, PAREPARE - Wali Kota Parepare Taufan Pawe, bersama Pangdam XIV/Hasanuddin,...
Sulselsatu

Lewat Pantauan Udara, Gubernur Tinjau Hulu Sungai Masamba dan Radda Lutra

SULSELSATU.com, LUWU UTARA - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah dan...
Sulselsatuvideo

VIDEO: Viral, Masuk Pak Eko Kini Dibuatkan Game

SULSELSATU.com - Sosok Eko Cahyono, seorang instruktur dari korps Sabhara yang akrab dengan anak-anak dan pakar melemparkan berbagai jenis alat bela diri, sampai benda...