Logo Sulselsatu

Perkara Netralitas ASN, Keponakan Menteri Pertanian Diperiksa Inspektorat Selama 5 Jam

Asrul
Asrul

Kamis, 11 Juni 2020 20:50

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Mantan Kepala Biro Humas Pemprov Sulsel Dhevy Khadaffi (Devo) diperiksa tim inspektorat selama lima jam di ruangan kerjanya, Kamis (11/6/2020).

Pemeriksaan Devo berdasarkan surat perintah dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dengan kasus dugaan tidak Netral dalam kaitannya dengan kontestasi pemilihan kepala daerah (Pilkada Maros) 2020. Dimana sebelumnya Devo juga sudah diperiksa oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Maros.

Sekedar diketahui, Devo memang sempat diberitakan akan maju meramaikan pesta demokrasi di Maros tahun ini.

Baca Juga : VIDEO: Caleg Partai Nasdem di Muna Gerebek Oknum ASN Ngumpul di Rumah Caleg PDIP

“Saya diperiksa oleh inspektorat terkait surat dari KASN soal dugaan netralitas ASN soal Pilkada Maros. Saya jelaskan bahwa saya sudah dari (bulan) Oktober sudah tidak terlalu masuk ke area kontestasi (Pilkada) di Maros,” kata Devo usai diperiksa.

Devo mengaku saat ini dirinya sudah tidak aktif mengikuti tahapan Pilkada sejak bulan Oktober. Walaupun pada bulan Juli dan Agustus tahun lalu, beberapa partai mengundangnya untuk mendaftarkan diri.

“Tapi setelah itu saya tidak mengikuti lagi. Saya juga sudah diundang oleh Bawaslu Maros pada bulan Januari lalu. Dan saat itu, KPU dan Bawaslu bilang ini belum masuk tahapan,” katanya.

Baca Juga : VIDEO: Soal Kasus ASN UNM Lapor Rektor, Prof Husain Syam: Dia Berhalusinasi

Sementara alat peraga yang terpajang, kata Devo itu murni gerakan relawan. Bukan dirinya.

“Termasuk dalam surat KASN itu ada spanduk dan alat peraga. Saya tidak pernah pasang. Memang ada, tapi siapa yang pasang, saya tidak tahu. Mungkin relawan. Dan saya semenjak dipindahkan dari Humas ke Kesbangpol, saya sudah berhenti,” jelasnya.

“Pada saat di Maros juga saya hanya menggunakan hari Sabtu-Minggu. Itu diluar jam kerja. Dan surat rekomendasi dari KASN itu saya belum lihat. Tapi saya sudah jelaskan ke tim audit inspektorat,” tambahnya lagi.

Baca Juga : VIDEO: Jokowi Lantik Amran Sulaiman Sebagai Menteri Pertanian

Terkait pemeriksaan, Devo mengaku dicecar 18 hingga 20 pertanyaan. Ada 4 orang auditor dari inspektorat yang melakukan pemeriksaan untuk Devo.

Diketahui, Devo adalah keponakan mantan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, yang kini menjabat sebagai Menteri Pertanian.

Editor: Asrul

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif29 Maret 2024 11:42
Begini Fitur dan Teknologi Motor Listrik EM1 e: dari Honda
Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) secara resmi membawa motor listrik Honda EM1 e: ke Makassar. Asmo Sulsel resmi merilis motor listrik pertamanya di Ho...
Otomotif29 Maret 2024 08:55
Asmo Sulsel Resmi Perkenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus ke Masyarakat Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi meng...
Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...