Logo Sulselsatu

Lies Nurdin Ajak Bunda PAUD Optimalkan Peran Cegah Penularan Covid-19 pada Anak Usia Dini

Asrul
Asrul

Jumat, 19 Juni 2020 19:30

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Lies F Nurdin, mengajak seluruh Bunda PAUD mengoptimalkan peran dalam mencegah dan memutus rantai penularan Covid-19, utamanya bagi anak usia dini. Beberapa langkah bisa ditempuh oleh setiap Bunda PAUD di masa pandemi sebagai antisipasi penyebaran virus, khususnya di kalangan anak-anak.

“Peran Bunda PAUD dalam masa pandemi Covid-19 ini, diantaranya aktif memotivasi keluarga, pengelola dan penyelenggara layanan PAUD untuk tetap melakukan pendampingan pembelajaran dari rumah, sesuai protokol yang telah ditetapkan, khususnya edukasi informasi yang benar mengenai Covid-19,” kata Lies saat menjadi pembicara utama pada Webinar “Bersama Melawan Covid-19 Menuju New Normal” yang digelar di kediaman pribadinya, Perumahan Dosen Unhas, Jumat, 19 Juni 2020.

Menurut Lies, Bunda PAUD memiliki peran dalam advokasi bersama tokoh masyarakat, tokoh agama maupun tokoh sentral lainnya, untuk melakukan sosialisasi kepada masing-masing keluarga mengenai pencegahan dan penularan Covid-19 dan pemberlakuan new normal bagi anak usia dini. Bagi Lies, dibutuhkan upaya kreatif dan inovasi yang mampu membuat anak ikut menerapkan perilaku sesuai protokol kesehatan di masa pandemi ini.

Baca Juga : Indira Yusuf Ismail Bersama PJ Ketua TP PKK Sulsel Panen Sayur di Lorong PKK Makassar

“Misalnya melalui lagu, anak-anak mudah mengerti jika disampaikan melalui lagu, bagaimana mencuci tangan, menjaga jarak dengan teman, hingga menggunakan face shield karena anak-anak usia di bawah dua tahun tidak disarankan menggunakan masker,” jelas Lies.

Untuk itu, Lies bersama Tim Bunda PAUD Sulsel berencana menggelar lomba cipta lagu anak serta modul menarik yang berisi tata cara mencegah dan memutus penularan Covid-19.

Ia berharap, setiap Bunda PAUD mampu menelurkan ide dan inovasi agar masyarakat memanfaatkan peluang meningkatkan ekonomi keluarga dengan membuat masker dan face shiled anak, stiker perilaku hidup sehat dan lain sebagainya. Upaya lain yang perlu dilakukan, adalah aktif berinovasi menciptakan menu sehat dan variatif bagi anak, aktif memberi materi mengenai edukasi dan perawatan anak, serta menjalin kerjasama dengan mitra maupun lembaga dan tokoh untuk mendukung kegiatan anak usia dini di masa pandemi ini.

Baca Juga : Bangun Generasi Unggul, Bunda PAUD Kota Makassar Tegaskan Pentingnya Lingkungan Belajar yang Berkualitas

Selain menghadirkan Bunda PAUD dari seluruh Kabupaten/ Kota se Sulsel, kegiatan ini juga dihadiri oleh pemerhati anak dari Unicef.

Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Bisnis28 Maret 2024 17:39
Pengiriman Barang Lebih Cepat dan Mudah Melalui Layanan Same Day Delivery Cahaya Bone
Cahaya Bone sebagai salah satu lini bisnis Kalla Transport & Logistcs (Translog) senantiasa memberikan layanan terbaik kepada masyarakat....
Ramadan28 Maret 2024 16:22
Pegadaian Hadirkan Panggung Emas di Puncak Festival Ramadhan
PT Pegadaian memperingati hari ulang tahun PT Pegadaian yang ke-123 dan memeriahkan bulan Ramadhan 1445 H menghadirkan kegiatan Festival Ramadhan....
Bisnis28 Maret 2024 16:01
Kalla Beton Kembangkan Produk Precast, Produksi Lebih Cepat dan Bentuk Cetakan Lebih Custom
Kalla Beton terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konstruksi dari mitra atau pelanggan. Salah satu produk yang tengah dikembangkan saat ini adalah...
Aneka28 Maret 2024 13:55
Pertama di Indonesia, Pj Gubernur Sulsel Inisiasi Gerakan Sedekah Pohon
SULSELSATU.com, BONE – Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, kembali mencetak sejarah dengan melakukan gerakan sedekah pohon untuk masya...