Tim Terpadu Pastikan Pasar di Parepare Terapkan Protokol Kesehatan

SULSELSATU.com, PAREPARE – Tim Terpadu Pemkot Parepare turun memastikan Pasar Aman dan protokol kesehatan ditegakkan dengan baik.

Tim yang terdiri dari Dinas Perdagangan, Dinas Kesehatan, Camat, Lurah, kepolisian, dan unsur terkait lainnya menyasar Pasar Rakyat Sumpang Minangae di wilayah Kelurahan Sumpang Minangae, Kecamatan Bacukiki Barat, untuk percontohan Pasar Aman.

Plt Kepala Dinas Perdagangan Parepare, H Laetteng yang turun langsung mengkoordinir pemantauan Pasar Aman. Camat Bacukiki Barat, Fitriany, Kepala UPTD Puskesmas Lumpue, Irnawaty, Lurah Sumpang Minangae, Widin Wijaya, dan tim ikut turun memantau dan mengedukasi pengunjung dan pedagang tentang pentingnya protokol kesehatan di pasar.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan Parepare, Ady Zulkifki mengatakan, tim mengedukasi semua pengunjung dan pedagang pasar untuk disiplin menggunakan masker. Tetap jaga jarak di area pasar dan sediakan selalu cairan pembersih tangan, hand sanitizer.

“Kami juga mengedukasi tata cara memakai masker yang benar. Karena pemakaian masker yang salah justru akan menimbulkan penyakit,” kata Ady, Rabu (15/7/2020).

Ady juga mengingatkan kepada masyarakat yang datang berbelanja ke pasar cukup membawa uang seperlunya sesuai dengan kebutuhan.

“Tidak perlu bawa uang bernilai besar. Cukup bawa uang kecil, sehingga pas untuk transaksi tidak perlu ada kembalian. Itu lebih aman,” ingat Ady.

Tim terpadu akan intens memantau semua pasar di Parepare, untuk memastikan Pasar Aman dari Covid-19.

Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe mengatakan, sebelumnya Pemerintah Kota telah melakukan rapid test di seluruh pasar yang ada di wilayahnya. Ia mengimbau masyarakat khususnya para pedagang tetap melaksanakan protokol kesehatan.

“Kami terus mengimbau agar kegiatan di Pasar tetap melaksanakan protokol kesehatan,” tandasnya.

Penulis: Andi Fardi
Editor: Hendra Wijaya