NasDem-PDIP Segera Berikan Rekomendasi ke Suardi Saleh-Ogi

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Partai NasDem dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) hampir dipastikan akan berkoalisi di Pilkada Barru mengusung duet Suardi Saleh-Andi Mirza Riogi.

Dua partai ini sisa menyerahkan rekomendasi usungan secara resmi ke duet tersebut. Pasalnya, baik NasDem sebagai pemenang Pemilu 2019 di Barru, maupun PDIP dikabarkan sudah menyetujui Suardi Saleh-Andi Ogi maju berpasangan.

“Kita sudah sepakati (Suardi Saleh-Ogi),” kata Sekretaris DPD PDIP Sulsel, Rudy Pieter Goni kepada wartawan, Selasa (21/7/2020).

Pihaknya mengapresiasi duet ini. Apalagi Ogi, sapaan akrab Andi Mirza Riogi merupakan ketua DPC PDIP Barru. Sehingga semenjak ini diwacanakan, pihaknya memberikan respons positif kepada Suardi Saleh.

Khusus Partai NasDem, sejak dulu sudah menerbitkan surat tugas ke Suardi Saleh. Hanya saja, surat tugas itu belum dicantumkan nama pasangannya. Sehingga dalam waktu dekat, partai yang diketuai Suardi Saleh di Barru ini akan menerbitkan rekomendasi berpasangan.

Sekretaris DPW NasDem Sulsel, Syaharuddin Alrif saat dikonfirmasi kembali, membenarkan jika partainya mengusung Suardi Saleh-Ogi. Sejauh ini memang baru rekomendasi tunggal yang diterbitkan, karena saat itu Suardi Saleh diberi kesempatan menentukan pasangannya.

“NasDem oke (mengusung Suardi Saleh-Ogi),” singkat Syahar melalui pesan WhatsApp saat dikonfirmasi mengenai kepastian duet figur berpengalaman di Barru itu.

Meski PDIP dan NasDem sudah memastikan mengusung Suardi Saleh-Ogi, namun penyerahan rekomendasi resminya akan menyusul. Apalagi tahapan pendaftaran di KPU masih ada kurang lebih dua bulan.

Jika NasDem dan PDIP berkoalisi, maka total kursinya, yakni 8 kursi. Nasdem 5 kursi, dan PDIP 3 kursi. Bahkan, jumlah ini memungkinkan bertambah jika masih ada partai lain ikut bergabung di koalisi Suardi Saleh-Andi Ogi.

Syarat mengajukan pasangan melalui usungan parpol di Barru, minimal 5 kursi. Artinya, NasDem tanpa berkoalisi pun, memungkinkan bisa mengusung sendiri satu pasangan.

Sekadar diketahui, di Pilkada 2015, PDIP dan NasDem berlawanan. PDIP mengusung Andi Anwar Aksa, dan Partai NasDem memperkuat barisan pemenangan Malkan Amin.

Editor: Asrul