iklan Kareba Parlementa

Peraturan Belum Terbit, Warga Tak Pakai Masker di Sinjai Malah Disanksi Push Up

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, SINJAI – Sosialisai pencegahan penularan virus Corona (Covid-19) di tengah masyarakat terus dilakukan oleh pihak Pemerintah Kabupaten Sinjai.

Seperti halnya sosialisasi yang dilakukan oleh tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Sinjai Utara bersama aparat gabungan, TNI, Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kabupaten di Kompleks Pasar Sentral Sinjai, Rabu (22/7/2020).

Sosialisasi yang diabadikan lewat sosial media akun Facebook milik Pemerintah Kecamatan Sinjai Utara tersebut menuai pertanyaan dari netizen, pasalnya dalam akun tersebut di upload foto-foto saat sosialisasi dan juga foto seorang warga yang tidak mengenakan masker terlihat dikenakan sangsi push up.

Sementara, saat ini pihak Pemerintah Kabupaten Sinjai sendiri secara resmi belum mengeluarkan peraturan tentang sangsi yang akan dikenakan kepada masyarakat apabila tidak mengenakan masker saat keluar rumah atau saat berada di tempat umum.

Camat Sinjai Utara, A Hariyani Rasyid yang dikonfirmasi diruang kerjanya mengatakan bahwa soal peraturan resmi dari Pemerintah Kabupaten Sinjai belum ada dikeluarkan secara resmi dan mengenai sangsi push up terhadap warga yang tidak mengenakan masker, itu aparat polisi dan TNI yang memberi sangsi.

“Bukan saya yang memberi sangsi warga dinda, tetapi inisiatif dari kepolisian dan TNI yang kasih sangsi. Saya tadi hanya mendampingi selaku pemerintah wilayah Kecamatan Sinjai Utara,” ungkapnya.

“Saya tadi sempat sampaikan kepada aparat kepolisian dan TNI kalau tidak usah diberi sangsi tetapi disampaikan saja harus pake masker, karena Perbupnya belum ada dan baru sementara dirancang, peraturannya baru tahap sosialisasi,” sambungnya.

Kodim 1424 Sinjai, Letkol Inf Oo Sahrojat yang dikonfirmasi awak media menanggapi bahwa, pihaknya tidak pernah perintahkan kepada anggotanya untuk melakukan tindakan lain seperti melakukan push up kepada masyarakat yang tidak pake masker. Pihaknya hanya memerintahkan anggota agar proaktif melakukan sosialisasi pencegahan penularan virus Covid-19 demi keselamatan masyarakat.

“Kami tidak pernah perintahkan anggota kami untuk melakukan tindakan sangsi seperti itu dinda, tapi kami hanya memerintahkan proaktif sosialisasikan dan memberikan imbauan kepada masyarakat sehingga kita terhindar dari virus Covid-19 demi keselamatan kita semua,” terangnya.

Sementara itu, Kapolres Sinjai AKBP Iwan Irmawan melalui Kasubag Humas Polres AKP fatahuddin juga menanggapi hal tersebut bahwa hal tersebut bagian dari pencegahan bagi masyarakat banyak, yang tentunya berdasarkan dari asas “Solus populi suprema lex esto”, keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi bagi suatu negara.

“Para petugas kami semata-mata hanya untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat sebagai bentuk pencegahan penyebaran Covid-19 yang saat ini masih menjadi pandemi,” ujarnya.

“Kita harus menyikapi dengan bijak terkait bahaya penularan Covid-19 ini, bila tidak menggunakan masker maka rentan terjadi penyebaran virus sehingga upaya pembinaan dilakukan,” pungkasnya.

Penulis: Andi Irfan Arjuna

Editor: Asrul

Iklan PDAM
...

Populer

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

VIDEO: Inalillahi, Pasar Tradisional Karisa Jeneponto Terbakar

SULSELSATU.com, JENEPONTO – Pasar Tradisional Karisa Jeneponto di Jl. Pahlawan, Kelurahan Empoang, terbakar. Dari pantauan sulselsatu.com, kebakaran terjadi sekitar pukul 10.20 Wita, Kamis malam (24/9/2020). Video...

Pasar Tradisional Karisa Jeneponto Terbakar

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Pasar Tradisional Karisa Jeneponto di Jl. Pahlawan, Kelurahan Empoang, terbakar. Dari pantauan sulselsatu.com, kebakaran terjadi sekitar pukul 22.20 Wita, Kamis malam (24/9/2020). Hingga...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

Bupati Jeneponto “Menangis”, Isi Pasar Karisa Tinggal Puing-Puing

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Bupati Jeneponto Iksan Iskandar yang sementara menjalani isolasi mandiri akibat positif Covid-19 di Rujab, sedih hingga meneteskan air mata saat mengetahui...

Polres Jeneponto Ungkap Motif Tewasnya Pemuda Asal Bantaeng

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Pihak kepolisian Polres Jeneponto berhasil mengungkap motif tewasnya Rendy Sacada (23) pemuda asal Jl, Raya Lanto nomor 21, Tappanjeng, Kabupaten Bantaeng...

Ujian SKB CPNS Parepare Selesai, 5 Peserta Gugur

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi 2019 Pemkot Parepare di BKN Kantor Regional IV Makassar, selesai. Selama...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

VIDEO: Mobil Rombongan Pengantin Alami Kecelakaan di Sinjai, 6 Orang Tewas

SULSELSATU.com - Rombongan pengantar pengantin alami kecelakaan di Jalan Poros Sinjai...

Artikel Lainnya

Golkar Minta Gubernur NA Terbuka Dalam Penanganan Covid-19

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Fraksi Golkar DPRD Sulsel meminta kepada Gubernur Sulsel...

Sambut Tahun Baru Islam, Tajerimin-Havid Gelar Pengajian Bersama Anak Yatim

SULSELSATU.com, MAROS - Bakal calon bupati dan wakil Bupati Maros Andi...

Sambut Tahun Baru Islam, Ustaz Maulana Ajak Masyarakat Gowa Jadi Lebih Baik

SULSELSATU.com, GOWA - Tahun baru Islam tinggal 13 hari lagi akan...

MUI, NU dan Muhammadiyah Barru Sepakat Shalat Id Cukup di Rumah

SULSELSATU.com, BARRU - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Barru, Anregurutta...

Pernah Berinteraksi dengan Korban Covid 19, 7 Warga Barru dalam Pengawasan

SULSELSATU.com, BARRU - Korban meninggal di Makassar akibat virus Corona, berinisial...

Terkini

VIDEO: Gubernur Sulsel Tinjau Pulau Lanjukang, Bakal Jadikan Percontohan Pulau Wisata

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan, HM Nurdin Abdullah dan Penjabat...

VIDEO: Kecelakaan Tunggal di Kanal Batua Raya, Pemotor Tewas

SULSELSATU.com - Seorang pemotor tewas saat mengalami kecelakaan tunggal di Jalan...

40 Pelaku Usaha Homestay di Gowa Ikut Pelatihan Manajemen

SULSELSATU.com, GOWA - Sebanyak 40 pelaku usaha homestay di Kabupaten Gowa...

Dokter Fadli Edukasi Padagang Pasar Agar Jaga Kesehatan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Calon wakil Wali Kota Makassar, dokter Fadli Ananda...

VIDEO: Viral, Gerombolan Pemuda Konvoi Bawa Senjata Tajam

  SULSELSATU.com - Segerombolan pemuda di Jakarta Timur melakukan aksi konvoi dengan...