iklan Kareba Parlementa

Puslitbang Lingkungan Hidup Unhas Bahas Bencana Banjir Bandang Masamba

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Universitas Hasanuddin melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup (PPLH) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) kembali menyelenggarakan bincang-bincang lingkungan bertema “Gagasan dan Konseptualisasi untuk Pemulihan Lingkungan Secara Efektif (Studi Kasus Banjir Bandang Masamba)”.

Kegiatan berlangsung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Sabtu (25/7/2020). Hadir sebagai narasumber Syamsul Arifin Lias, Farouk Maricar, dan M Rijal Idrus.

Iklan Humas SulSel

Kegiatan dibuka oleh Kepala PPLH Unhas, Prof AM Imran. Dalam sambutannya, dia menjelaskan diskusi ini merupakan ruang untuk membahas permasalahan lingkungan, yang pada kesempatan kali ini difokuskan pada bencana banjir yang melanda Masamba.

“Kegiatan ini akan digelar setiap pekan, dengan maksud sebagai sarana bertukar informasi dan juga membahas mengenai permasalahan lingkungan yang saat ini menjadi trend di masyarakat untuk mencari solusinya,” jelas Prof Imran.

9 tahun partai nasdem

Usai pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan mendengarkan paparan dari Syamsul Arifin Lias, yang membahas mengenai “Sumberdaya Pertanian dan Responnya Terhadap Lingkungan”.

Dalam materinya, Syamsul menuturkan sektor pertanian memiliki kontribusi besar dalam kehidupan masyarakat. Secara nasional, sektor pertanian menjadi penyumbang terbesar ketiga dalam struktur PDB Indonesia dengan porsi 12.84 persen pada kuartal pertama tahun 2020.

Pemerintah sendiri telah mengemukakan berbagai program di sektor pertanian seperti nawa cita, ketahanan pangan, konstratani, triple helix dan beberapa program lainnya guna mewujudkan kedaulatan pangan nasional.

Untuk di Luwu Utara sendiri, sektor pertanian penyumbang terbesar Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang mencapai 54.3 persen. Sektor pertanian merupakan prioritas pembangunan di Luwu Utara. Sebagai penyumbang pangan nasional, Luwu Utara memiliki lahan sawah yang luasnya mencapai 28.970,9 ha (2019) dengan luas tanam 49.005,8 ha dan luas panen 46.008,8 ha.

“Dampak bencana di Masamba berpengaruh pada sektor pertanian. Tanaman pertanian mengalami puso dan gagal panen, terutama pada lahan yang letaknya di daerah sempadan sungai. Selain itu, kehilangan lahan produktif dan pendapatan serta ancaman kekurangan pangan dan sektor lainnya,” jelas Syamsul.

Diakhir materinya, Syamsul memberikan beberapa rekomendasi untuk mengantisipasi kejadian serupa. Diantaranya, meminimalisir dan menghentikan praktek konversi lahan pertanian produktif, mengoptimalkan lahan tidur yang dikuasai daerah untuk kegiatan pertanian produktif, monitoring alur sungai di wilayah hulu dengan teknologi drone utamanya pada musim hujan serta melakukan kajian terhadap kemampuan lahan dan kebijakan penggunaan lahan di daerah sempadan sungai.

Editor: Asrul

Iklan PDAM
...

Populer

Artikel Lainnya

DKPP Harap Petugas di TPS Jadi Pelopor Protokol Kesehatan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pilkada (DKPP) tak henti-hentinya mengingatkan...

Dokter di RSUD Lanto Dg Pasewang Jeneponto Galang Donasi

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Ahli Anestesi RSUD Lanto Dg Pasewang, dr Jamiluddin...

Husain Syam Sebut Ada 3 Indikator Tata Kelola Perguruan Tinggi

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof Husain Syam...

Terus Dua Kali Tambah Baik, Ini Program Strategis Danny-Fatma

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pasangan Mohammad Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi (Danny-Fatma) mendeklarasikan diri...

Petugas Honorer di Makassar yang “Main-main” Terancam Pidana

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Kepala Inspektorat Kota Makassar Zaenal Ibrahim menegaskan bahwa...

Terkini

Lutfi Hanafi Doakan Syahban Sammana: Semoga Lekas Sembuh

SULSELSATU.com, PANGKEP - Calon wakil bupati (cawabup) Pangkep nomor urut 4,...

Adnan-Kio Terus Bergerak Genjot Partisipasi Pemilih

SULSELSATU.com, GOWA - Pasangan Adnan Purichta Ichsan-Abdul Rauf Malaganni Karaeng Kio...

Sidak Disdik Sulsel, NA Puji Ruang Bidang SMK

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan Prof Nurdin Abdullah melakukan Inspeksi...

Bupati dan Wabup Jeneponto Hadiri Pelantikan Dewan Pengurus IPEKB

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar dan wakil Bupati Jeneponto,...

VIDEO: Aksi Pemotor Matic Terobos Cor Basah

SULSELSATU.com - Sebuah video memperlihatkan seorang pengendara motor nekat menerobos jalan...