Logo Sulselsatu

Jokowi Instruksikan Pemda Belanja Masker Berskala Besar

Asrul
Asrul

Selasa, 04 Agustus 2020 11:43

Jokowi Instruksikan Pemda Belanja Masker Berskala Besar

JAKARTA – Presiden Joko Widodo meminta kementerian/lembaga, BUMN dan pemerintah daerah untuk belanja masker skala besar untuk mendukung kampanye dan sosialisasi pakai masker.

“Beliau meminta kementerian, BUMN, dan Pemda, agar belanja masker besar-besaran,” kata Menko PMK Muhadjir Effendi, Selasa (4/8/2020).

Jokowi dalam rapat terbatas di Istana Negara, Senin (3/8), telah meminta agar bawahannya melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran wabah Covid-19.

Baca Juga : VIDEO: Jokowi dan Ibu Negara Iriana Tiba di Ukraina

Sosialisasi tak dilakukan bersamaan, tetapi satu persatu. Dimulai dengan kampanye masker selama dua pekan berturut-turut.

“Saya ingin fokus saja, mungkin dalam dua minggu kita fokus kampanye pakai masker. Nanti dua minggu berikut kampanye mengenai jaga jarak. Tidak dicampur langsung urusan cuci tangan, jaga jarak, pakai masker,” kata Jokowi.

Menurut Muhadjir, kampanye atau gerakan pakai masker bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar bersedia menggunakan masker setiap saat.

Baca Juga : VIDEO: Siswa SMAN 7 Berau Bersuara Mirip Jokowi, Kemenparekraf RI Ikut Berkomentar

Kampanye menyasar semua lapisan masyarakat. Dia menilai saat ini masih banyak masyarakat yang tidak mengindahkan aturan menggunakan masker untuk menghindari tertular Covid-19.

“Khususnya (sosialisasi) untuk masyarakat awam,” ujarnya.

Muhadjir berkata pemerintah tak hanya mengandalkan imbauan dan kampanye. Gerakan sadar pakai masker juga akan dibarengi dengan tindakan.

Baca Juga : VIDEO: Mardani Ali Sera Kritik Jokowi Hadiri Ajang Formula E

“Di samping melalui penyadaran juga harus berupa tindakan,” kata Muhadjir.

Meski begitu, ia enggan merinci berapa besar anggaran yang dialokasikan untuk belanja masker.

Muhadjir juga tak menjawab soal lama waktu kampanye dan gerakan pakai masker yang dicanangkan pemerintah. Yang pasti, kata dia, pemerintah akan melibatkan semua pihak dalam kegiatan tersebut.

Baca Juga : VIDEO: Mardani Ali Sera Kritik Jokowi Hadiri Ajang Formula E

“Untuk gerakan tersebut presiden meminta agar organisasi ibu-ibu terutama PKK, dilibatkan,” katanya.

Editor: Hendra Wijaya

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama30 Juni 2022 15:01
Bersiap! Beli LPG 3 Kg Harus Daftar di Aplikasi MyPertamina
SULSELSATU.com – Membeli gas LPG 3 kg kini tidak lagi bisa dengan mudah. PT Pertamina (Persero) akan memperketat pembelian LPG 3 kg yang mewajib...
Pendidikan30 Juni 2022 14:48
Rektor UNM ke Wisudawan: Tunjukkan Jati Diri Sebagai Ilmuan yang Profesional
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Untuk pertama kalinya semenjak pandemi Covid-19, upacara wisuda di Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali diseleng...
Sulsel30 Juni 2022 14:28
Lantik 23 Pejabat Baru, Bupati Gowa Harap Bekerja Sesuai Perkembangan Zaman
SULSELSATU.com, GOWA – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan melantik dan mengambil sumpah jabatan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Adminis...
Video30 Juni 2022 14:06
VIDEO: Detik-detik Ketua Banggar DPR RI Ambruk depan Meja Sidang Paripurna
  SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan detik-detik Ketua Banggar DPR RI, Muhidin Mohammad Said, terjatuh. Ia terjatuh tepat di depa...