iklan Kareba Parlementa

Kreditplus Gandeng BSSN Soal Pencurian Data Nasabah

Iklan Humas SulSel

JAKARTA – Kreditplus melaporkan dugaan pencurian data nasabahnya ke Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Upaya tersebut dilakukan untuk mengungkap dugaan adanya pihak ketiga yang menjadi dalang masalah ini.

Kreditplus melibatkan ahli forensik digital dan melaporkan kejadian ini kepada Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) sebagai tindakan penyelidikan untuk menemukan masalah pencurian data nasabah.

Direktur Kreditplus Peter Halim menjelaskan langkah tersebut untuk mengungkap siapa dalang di balik pembobolan data nasabah Kreditplus yang diduga dilakukan pihak ketiga.

“Untuk menyelidiki kasus tersebut, KreditPlus telah melibatkan ahli forensik digital terkemuka dan akan segera melaporkan kejadian ini kepada Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN),” kata Direktur Kreditplus Peter Halim dalam keterangan resminya pada Rabu (5/8/2020).

Kreditplus merupakan perusahaan pembiayaan sejak 1994 dan fokus pelayanan pembiayaan motor, mobil, dan peralatan berat. Namun baru-baru ini dikabarkan mengalami kebocoran data Kreditplus sebanyak 819.976 ribu.

Pakar keamanan siber dari CISSReC Pratama Persadha menjelaskan kebocoran data nasabah KreditPlus telah terjadi sejak 16 Juli 2020.

“Sebenarnya data KreditPlus sudah lama dibagikan pada pertengahan bulan lalu. Tepatnya di tanggal 16 Juli anggota raid forums dengan nama ShinyHunters,” kata Pratama.

Jual menjual data di raid forums bukan hal baru. Sebelumnya dari data perusahaan digital di Indonesia, mulai dari Tokopedia, Bhinekka kedapatan dijual di lapak digital tersebut. Terbaru sebanyak 819 ribu nasabah KreditPlus.

Sejauh ini perusahaan telah melakukan investigasi terkait pembobolan data nasabahnya.

Dalam keterangan tertulis Kreditplus, dijelaskan perusahaan menjalankan enam langkah untuk keperluan investigasi. Berikut isinya:

Pertama, setelah adanya pemberitaan mengenai adanya kebocoran data konsumen KreditPlus, kami segera melakukan investigasi internal untuk mengetahui fakta sebenarnya.

Kedua, hasil investigasi sementara kami menunjukkan adanya tindakan pencurian data oleh pihak ketiga yang tidak berwenang terkait informasi konsumen KreditPlus.

Ketiga, KreditPlus telah melakukan tindakan cepat dengan menggunakan jasa konsultan cyber security eksternal yang sangat kompeten dan berpengalaman untuk melakukan investigasi mendalam dan komprehensif atas dugaan kebocoran data konsumen tersebut. Proses investigasi oleh konsultan cyber security eksternal tersebut saat ini masih berlangsung.

Selain melakukan investigasi, konsultan cyber security eksternal tersebut juga akan memberi rekomendasi langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan perlindungan data konsumen KreditPlus. Untuk menyelidiki kasus tersebut, KreditPlus telah melibatkan ahli forensik digital terkemuka dan akan segera melaporkan kejadian ini kepada Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Keempat, KreditPlus juga bekerja sama dengan pihak berwenang dalam investigasi tersebut untuk memastikan agar data pribadi konsumen aman dan terlindungi.

Kelima, KreditPlus sudah menerapkan perlindungan terhadap kredensial finansial konsumen antara lain dengan menerapkan sistem kode OTP (one-time password) yang hanya bisa diakses secara real time oleh konsumen.

Kami senantiasa mengingatkan konsumen agar berhati-hati dengan tidak memberikan kode OTP dan kata sandi kepada pihak lain termasuk yang mengatasnamakan KreditPlus untuk alasan apapun. Kami juga terus melakukan edukasi kepada konsumen terkait keamanan data, seperti mengganti kata sandi secara periodik.

Keenam, konsumen dan mitra kerja KreditPlus selalu menjadi prioritas utama dan KreditPlus selalu berupaya secara maksimal untuk memastikan data konsumen dan mitra kerja kami selalu terlindungi. Kami menangani masalah keamanan ini dengan sangat serius dan terus berinvestasi untuk lebih meningkatkan keamanan di platform aplikasi kami.

Editor: Hendra Wijaya

Iklan PDAM
...

Populer

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Dua Wartawan di Jeneponto Diusir Oknum Security Saat Meliput di DPRD

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Rapat Anggaran perubahan R-APBD di ruang komisi III Kantor DPRD Jeneponto, Selasa, (29/9/2020), diwarnai insiden pengusiran terhadap dua jurnalis yang sedang...

VIDEO: Pemotor Trail Lakukan Pelecehan, Sentuh Area Sensitif Wanita Berkemben di Sungai

SULSELSATU.com - Seorang pengendara motor trail tega melakukan pelecehan terhadap seorang wanita di sebuah sungai. Dalam video terlihat wanita seksi berkemben atau memakai kain jarik. Kejadian...

Wabup Jeneponto Ditunjuk Jadi Ketua Tim Pemulihan Pasar Karisa

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar secara resmi menunjuk Wakil Bupati Jeneponto, Paris Yaris sebagai ketua Tim Penanganan dan Pemulihan Pasar Karisa yang...

Kampanye di Zona III, None Nginap di Rumah Ketua RT

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Calon Wali Kota Makassar, Irman "None" Yasin Limpo, hari ini akan melakukan kampanyenya di Zona III, yang meliputi Kecamatan Panakkukang, Manggala,...

Mobil Menko Maritim Diperiksa BSSN, Ada Apa?

SULSELSATU.com - Tiga orang mengenakan batik memeriksa mobil dinas Menteri Koordinator...

Artikel Lainnya

MenPAN RB Pecat 73 ASN karena Kasus Narkoba, Calo CPNS hingga Poligami

JAKARTA - 73 Aparatur Sipil Negara (ASN) dari kementerian, lembaga dan...

IHK Bahan Makanan di Makassar Turun, Ini Penyebabnya

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Kota Makassar pada November 2018 mengalami inflasi sebesar...

Google Indonesia Aktifkan Peringatan SOS Tsunami Selat Sunda

SULSELSATU.com - Raksasa pencarian, Google Indonesia mengaktifkan layanan peringatan SOS pada...

DWP Lutra Gelar Advokasi Pengasuhan Anak

SULSELSATU.com, LUTRA - Dharma Wanita Persatuan (DWP) Luwu Utara menggelar advokasi...

Antisipasi Penggunaan SKTM Palsu, RSUD Sulthan Dg Radja Terjun Survei Rumah Masyarakat

SULSELSATU.com, BULUKUMBA - Bagi anda masyarakat yang ingin menggunakan Surat Keterangan...

Terkini

APT, Politisi Muda NasDem Diberi Amanah Jabat Wakil Ketua Komisi C DPRD Sulsel

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Legislator Fraksi NasDem Sulsel, Andre Prasetyo Tanta (APT),...

Prof Rudy Apresiasi Hadirnya Perda Pencegahan Peningkatan Kualitas Perumahan Kumuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Prof Rudy Djamaluddin...

VIDEO: Bikin Haru, Kisah Anak Driver Ojol yang Lulus Perguruan Tinggi dan Dapat Beasiswa

  SULSELSATU.com - Sebuah video memperlihatkan seorang anak driver ojek online menceritakan...

Akan Diresmikan Presiden Jokowi, Menhub Dijadwalkan Kunjungi Bandara Toraja

SULSELSATU.com, TANA TORAJA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, dijadwalkan...

Taat Protokol Kesehatan Covid-19, Satlantas Polres Jeneponto Beri Edukasi Pengendara

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Kepolisian Resort (Polres) Jeneponto terus mengedukasi masyarakat untuk...