iklan Kareba Parlementa

Bawaslu Sulsel Temukan 699 Rumah Belum Dicoklit

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Jajaran Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) telah melakukan audit atas pelaksanaan tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) atau pemutakhiran data pemilih Pilkada oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel.

Dati hasil audit itu, ditemukan sebanyak 699 rumah yang tidak ditempeli stiker coklit, mengindikasikan tidak didatangi dan tidak dilakukan coklit oleh Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP).

Terkait hasil audit tersebut, Ketua Bawaslu Sulsel Laode Arumahi mengatakan, Bawaslu Sulsel telah menginstrukan kepada Bawaslu kabupaten kota sesuai kewenangannya agar merekomendasikan ke pihak KPU kab/kota melakukan Coklit atau pemutakhiran data pemilih ulang terhadap rumah-rumah yang belum didatangi.

Dijelaskan, hasil audit ini berpotensi banyak warga yang akan kehilangan hak pilihnya karena setiap rumah dihuni sejumlah warga yang sudah bersyarat menjadi pemilih pada Pilkada 9 Desember mendatang. Bawaslu menemukan masih terdapat 699 rumah yang tidak didatangi oleh PPDP di 220 kelurahan/desa.

“Satu-satunya jalan untuk mendaftar warga tersebut dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS), Bawaslu merekomondasikan kepada KPU untuk dilakukan Coklit ulang dengan mendatangi rumah-rumah tersebut,” ujar Arumahi, Selasa (18/8/2020).

Sementara itu. Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Sulsel Amrayadi, menambahkan bahwa permasalahan ini disebabkan pelaksanaan Coklit oleh PPDP tidak dilakukan secara maksimal dengan mendatangi seluruh rumah secara langsung untuk memastikan penambahan pemilih yang memenuhi syarat (MS), mencoret pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS), menambah pemilih baru yang berusia 17 tahun dan/atau sudah menikah, serta memperbaiki elemen data pemilih secara langsung.

“Hasil laporan kami di bagian pengawasan menunjukkan masih ada petugas PPDP yang tidak melaksanakan tugasnya sesuai ketentuan, hal ini bisa jadi PPDP dalam melakukan coklit hanya dengan melakukan pemeriksaan dokumen berdasarkan pengalaman PPDP, juga adanya kekhawatiran tidak terpenuhinya protokol kesehatan dan penyebaran Covid-19,” terangnya.

Sebagaimana yang diatur dalam Pasal 1 ayat 25 PKPU Nomor 19 Tahun 2019 tentang Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih dalam Pemilihan yaitu melakukan pemutakhiran data pemilih dengan bertemu Pemilih secara langsung dan berdasarkan perbaikan dari rukun tetangga/rukun warga atau nama lain dan tambahan Pemilih.

Secara teknis hasil temuan audit lapangan tersebut, Bawaslu Sulsel melalui Bawaslu kabupaten/kota akan memerintahkan Panwascam untuk merekomendasikan saran perbaikan ke PPK dengan melampirkan daftar nama anggota serta alamat rumah yang tidak didatangi oleh PPDP saat tahapan coklit, termasuk dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Saran perbaikan ini dimaksudkan untuk menjamin hak pilih di seluruh daerah Pilkada, sekaligus mewujudkan daftar pemilih yang akurat, mutakhir dan komprehensif. Juga mengurangi potensi penggunaan daftar pemilih yang dilarang dalam pemilihan di masa pandemi,” tambah Amrayadi.

Menurut Amrayadi, metode audit dalam tahapan pengawasan Coklit ini dilakukan untuk memastikan pelaksanaan Coklit dilakukan sesuai prosedur yang menyeluruh demi menghasilkan daftar pemilih Pilkada Serentak 2020 yang akurat, mutakhir dan komprehensif.

“Salah satu metodenya, dalam mengumpulkan informasi, PKD mencatat nama kepala keluarga dan alamat pemilih yang berada dalam keluarga tersebut. Apabila tidak mendapatkan nama kepala keluarga, sekurang-kurangnya mendapatkan alamat rumah yang tidak dilakukan Coklit oleh PPDP,” ujar mantan Ketua KPU Soppeng ini.

Editor: Asrul

Iklan PDAM
...

Populer

VIDEO: Baru Menikah 3 Hari, Sang Suami Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan

SULSELSATU.com - Sebuah video memilukan seorang wanita ditinggal oleh suaminya selamanya. Pasangan yang belum diketahui identitasnnya tersebut diduga menikah baru 3 hari. Sang suami dikabarkan meninggal...

Sejarah Singkat Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Selasa (19/11/2018) hari ini, umat Muslim di seluruh dunia memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau biasa dikenal dengan Maulid Nabi...

VIDEO: Detik-detik Perampok Emas di Somba Opu Makassar

SULSELSATU.com - Sebuah video memperlihatkan aksi perampokan di Toko Emas, Jalan Sumba Opu, Kota Makassar, Rabu (28/10). Aksinya tersebut terekam CCTV dan viral di media...

VIDEO: Seorang Anak Angkut Jenazah Ibunya Pakai Motor

SULSELSATU.com - Seorang warga bernama Sutejo membawa jenazah ibunya menggunakan sepeda motor viral di media sosial. Dalam video terlihat jenazah ibunya dinaikan di atas beronjong...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

VIDEO: Viral, Geng Cewek Tawuran di Tengah Sawah

https://www.facebook.com/sulselsatuberita/videos/733489290577114 SULSELSATU.com - Sebuah video memperlihatkan perkelahian antara dua kelompok remaja wanita viral di media sosial. Berdasarkan informasi, perkelahian tersebut terjadi di Bansal, Mojokerto, Jawa Timur. Dalam...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

VIDEO: Gadis di Jeneponto Dilamar Pakai Helikopter

SULSELSATU.com- Seorang gadis asal Kabupaten Jeneponto dilamar kekasihnya menggunakan helikopter. Gadis tersebut bernama Vieranni yang menitih karir di ibu kota Jakarta sebagai salah satu girls...

Komisioner DKPP Minta Semua Pihak Sukseskan Pilkada 2020 di Tengah Pandemi

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu Republik Indonesia (DKPP RI)...

Artikel Lainnya

Pendidikan Gratis Ala Taufan Pawe Komitmen Tingkatkan Partisipasi Sekolah

SULSELSATU.com, PAREPARE - Berbagai kebijakan dan terobosan dilakukan Pemerintah Daerah yang...

Arif Saleh Sebar Spanduk Idul Adha di Wajo

SULSELSATU.com, SENGKANG - Momentum Hari Raya Idul Adha tahun ini, dimanfaatkan...

Tujuh Ribu Warga Muhammadiyah Akan Berkumpul di Sidrap

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pelaksanaan Semarak Milad Muhammadiyah Sulawesi Selatan yang ke-109...

Gegara Corona, UNM Tunda Perjalanan Dinas dan Pembelajaran Via Online

SULSELSATU.com. MAKASSAR – Universitas Negeri Makassar (UNM) menyikapi surat edaran Menteri...

Komisi E DPRD Sulsel Rayakan Ultah Risfayanti Secara Sederhana

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Salah seorang Anggota Komisi E DPRD Sulsel Risfayanti...

Terkini

Disambut Meriah, DP Dapat Dukungan Penuh Warga Balang Boddong

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Bergeser ke Kelurahan Bongaya Kecamatan Tamalate, kampanye dialogis ...

Gelombang 11 Program Kartu Prakerja Bakal Dibuka, Begini Cara Daftarnya

SULSELSATU.com - Program kartu Prakerja kembali dibuka oleh pemerintah. Kali ini...

KPRM: Ditangan Danny-Fatma Orang Miskin Akan Dapat Perhatian

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Kampanye Moh Ramdhan Pomanto di jalan Andi Tonro...

Rest Area di Sidrap Direncanakan Rampung Desember Tahun Ini

SULSELSATU.com, SIDRAP - Gubernur Sulawesi-Selatan, Nurdin Abdullah melakukan kunjungan ke lokasi...

Didukung Ketua RT/RW dan Warga Panaikang, Fatma: Mari Bersama Berjuang

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Gelombang dukungan dari ketua RT/RW makin menggelinding kepada...