Logo Sulselsatu

HUT RI ke-75, 303 Napi di Parepare Dapat Remisi Kemerdekaan

Asrul
Asrul

Selasa, 18 Agustus 2020 10:22

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, PAREPARE – Sebanyak 303 narapidana (napi) atau warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Parepare mendapat remisi kemerdekaan.

Pemberian remisi secara simbolis diserahkan Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, usai pelaksanaan upacara bendera peringatan HUT RI ke-75 di halaman kantor Walikota Parepare, Senin, (17/8/2020).

Kepala Lapas Kelas IIA Parepare, Indra S Mokoagow mengatakan, dari 303 warga binaan itu, empat di antaranya dinyatakan bebas, merupakan napi pada kasus perlindungan anak, pencurian, dan narkoba.

Baca Juga : Kemenkum HAM Beri Remisi ke 32 Napi Beragama Konghucu se-Indonesia

“Yang mendapat remisi adalah warga binaan yang kami nilai berkelakuan baik dan berperan aktif pada setiap program pembinaan yang kami lakukan,” ujar Indra.

Pemberian remisi atau pengurangan masa pidana yang diberikan kepada narapidana ini lanjut dia, telah memenuhi syarat administratif maupun substantif sebagaimana telah diatur dalam UU Nomor 12 tahun 1995.

“Isi lembaga pemasyarakatan kelas IIA Parepare berjumlah 477 orang, namum yang memenuhi syarat untuk mendapatkan remisi umum pada HUT RI tahun ini, sebanyak 303 orang, yaitu yang mendapatkan RU I 299 orang, dan RU II 4 orang,” kata Indra.

Baca Juga : Meriahkan Kemerdekaan, Komunitas Berseli di Barru Gelar Gowes 17 Km

Indra merincikan perolehan remisi, yaitu, 5 orang mendapat remisi 6 bulan, 38 orang mendapatkan remisi 5 bulan, 69 mendapatkan remisi 4 bulan, 108 mendapat remisi 3 bulan, 46 orang mendapatkan remisi 2 bulan, dan 37 orang mendapat remisi 1 bulan.

Ia berharap, remisi ini merupakan stimulus bagi warga binaan untuk berkelakuan baik dan berperan aktif dalam program pembinaan yang dilakukan oleh Lapas.

Penulis: Andi Fardi

Baca Juga : Momentum HUT RI, NH Ciptakan Puisi Khusus untuk None-Zunnun

Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...