iklan Kareba Parlementa

Prodi Sosiologi Unismuh Siapkan Beasiswa untuk 52 Mahasiswa Baru

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Program Studi (Prodi) Pendidikan Sosiologi Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar memberikan kabar gembira bagi tamatan SMA/SMK/MA yang ingin melanjutkan Pendidikan tinggi.

Prodi terkareditasi A ini memberikan kuota beasiswa untuk 52 orang mahasiswa baru tahun ajaran 2020-2021. Hal itu diungkapkan Sekretaris Prodi Pendidikan Sosiologi Unismuh, Kaharuddin, Ph.D, Minggu(20/8/2020).

Alumni Program Doktor Universitas Teknologi Malaysia (UTM) ini mengajak segenap alumni SMA yang ingin menjadi guru, peneliti sosial, atau konsultan pemberdayaan masyarakat, untuk bergabung di Prodi Pendidikan Sosiologi Unismuh Makassar. “Sepanjang memiliki keinginan kuat untuk kuliah, soal biaya, Insya Allah kampus Unismuh akan memberikan subsidi berupa beasiswa,” kata dia.

Dia menjelaskan bahwa beasiswa tersebut terdiri atas tiga kategori, yaitu beasiswa prestasi akademik, beasiswa penghapal Quran, dan beasiswa aktivis Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM).

Beasiswa prestasi akademik terdiri dari empat kategori, yaitu rangking I umum di sekolah (kategori I), rangking kelas I-III (kategori II), rangking kelas IV-VI di kelas (kategori III), rangking kelas VII-X (kategori IV). Kategori I akan memperoleh beasiswa penuh, atau bebas pembayaran 100 persen untuk Sumbangan Pembangunan (SPP) dan Biaya Penyelenggaran Pendidikan (BPP) selama 8 semester. Kategori II, akan bebas BPP selama 8 semester.

“Tapi ada syaratnya, mahasiswa harus menanda-tangani surat perjanjian mempertahankan prestasi dengan Indeks Prestasi minimal 3.0, selama studl,” katanya.

Beasiswa penghapal Quran terbagi lima kategori. Pertama, bebas SPP dan BPP 100 persen selama 8 semester, bagi siswa hafiz Quran 30 juz mutqin (muraja’ah).

Kedua, bagi siswa penghafal 30 juz tapi belum mutqin atau hafal 20 juz mutqin akan diberikan beasiswa sebesar 75 persen SPP dan BPP selama 8 semester. Ketiga, penghafal 15 juz mutqin akan diberikan beasiswa 50 persen SPP dan BPP selama 8 semester.

“Kalau hafalannya 10 juz mutqin, kita akan berikan beasiswa 30 persen SPP dan BPP selama 8 semester, sedangkan penghafal 3 juz mutqin akan diberikan beasiswa 10 persen SPP dan BPP selama 8 semester,” katanya.

Dia menambahkan, Program Studi Sosiologi Unismuh juga memiliki komitmen untuk mendukung proses kaderisasi di Persyarikatan Muhammadiyah. Oleh karena itu pihaknya juga memberikan beasiswa khusus bagi Aktivis Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM).

“Beasiswa SPP dan BPP 100 persen selama 8 semester bagi mantan dan atau ketua, sekretaris, dan bendahara pimpinan wilayah dan pimpinan daerah IPM,” katanya.

Selanjutnya, bagi para mantan atau wakil ketua, wakil sekretaris, dan wakil bendahara, akan diberikan bessiswa BPP 75 persen selama 8 semester. “Untuk mantan atau ketua bidang pimpinan wilayah dan pimpinan daerah IPM, akan diberikan beasiswa BPP 50 persen selama 8 semester.”

Namun Kahar mengingatkan, bahwa kuota tersebut terbatas hanya untuk 52 orang mahasiswa baru. “Siapa cepat, dia beruntung,” pungkasnya.

Editor: Hendra Wijaya

 

Iklan PDAM
...

Populer

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

SMRC Rilis Survei Pilwali Makassar 2020, Ini Hasilnya

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei untuk Pilwali Makassar tahun 2020. Survei dilakukan dari 21 sampai 25 September 2020,...

Sejarah Singkat Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Selasa (19/11/2018) hari ini, umat Muslim di seluruh dunia memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau biasa dikenal dengan Maulid Nabi...

Inilah 6 Peran Ayah yang Ideal untuk Keluarga Ayah

 SULSELSATU.com - Ayah adalah bagian yang tak terpisahkan dalam keluarga. Keluarga bukan hanya urusan para Ibu, sementara urusan Ayah adalah mencari nafkah. Pembagian peran...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Live Streaming Liga Champions: MU Vs PSG

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Paris Saint Germain (PSG) akan bentrok Manchester United pada leg 1 Liga Champions. Kedua tim tajir itu akan duel di Old...

Jelang Ramadan, FISIP Unismuh Serahkan Bantuan Untuk Kelompok Masyarakat Rentan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Berbagai bentuk kepedulian dan solidaritas sosial menghadapi wabah...

Artikel Lainnya

Polres Gowa Terima Penghargaan Pelaksanaan Anggaran Terbaik

SULSELSATU.com, GOWA - Polres Gowa menduduki peringkat pertama sebagai Satker Non...

240-an Ribu BPJS Gratis Dicabut, Kadiskes Sidrap: Diharapkan Jadi Peserta Mandiri

SULSELSATU.com, SIDRAP - Miris nasib yang dialami masyarakat Kabupaten Sidrap. Pasalnya,...

Gerindra Jeneponto Prihatin, Paris Yaris Terseret Kasus Dugaan Korupsi

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Sekretaris DPC Partai Gerindra Kabupaten Jeneponto, Salehuddin Rani...

Hasil Liga Europa: Atasi Partizan Belgrade 3-0, MU ke Babak 16 Besar

SULSELSATU.com, MANCHESTER - Manchester United lolos ke babak 16 besar Liga...

Safari Ramadan, Pj Ketua TP PKK Kota Makassar Serahkan Bantuan Sembako Gratis

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Kota Makassar, Murni...

Terkini

Aliansi Pemuda Utara Rumbia dan Kelara Demo Desak Copot Suplayer BPNT

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Sejumlah Pemuda yang mengaku dari Aliansi Pemuda Utara...

Kalla Group Banjir Promo di Perayaan HUT ke-68

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Perayaan HUT ke-68 Kalla Group banjir promo menarik...

Survei SMRC: Danny-Fatma Unggul Jauh, Angkanya 41,9%

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Lembaga survei nasional Saiful Mujani Recearch & Consulting...

SMRC Rilis Survei Pilwali Makassar 2020, Ini Hasilnya

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil...

Syaharuddin Alrif Beri Kuliah Umum pada Wisudawan Universitas Muhammadiyah Sidrap

SULSELSATU.com, SIDRAP - Wakil Ketua DPRD Sulawesi Selatan Syaharuddin Alrif sampaikan...