Logo Sulselsatu

Bartomeu Dituduh Korupsi, Barcelona Kian Terpuruk Jelang Kompetisi

Asrul
Asrul

Jumat, 04 September 2020 14:46

Josep Bartomeu. (int)
Josep Bartomeu. (int)

BARCELONA – Barcelona terpuruk jelang kompetisi domestik musim 2020/2021. Belum usai masalah Lionel Messi yang hendak hengkang dari Camp Nou, kini Presiden klub Calatan itu, Josep Bartomeu dituduh terlibat skandal korupsi.

Kabar itu dimunculkan oleh media Spanyol El Mundo Deportivo seperti dilansir Daily Mail pada Kamis (3/9/2020) waktu setempat. Bartomeu dikaitkan dengan penyelewengan dana terkait kerja sama dengan konsultan media sosial I3 Ventures.

Dalam laporannya, El Mundo melaporkan kepolisian Catalunya telah mengajukan laporan untuk penyelidikan terkait kerja sama dengan I3 Ventures. Hal ini lantaran ada dugaan tindak kejahatan ekonomi dalam kerja sama tersebut.

Baca Juga : VIDEO: Anggota DPR Benny Pertanyakan Kehadiran Wamenkumham Tersangka Korupsi dalam RDP

Dugaannya Barcelona membayar hingga 600 persen di atas tarif normal yang berlaku untuk jasa I3 Ventures. Konsultan ini dipekerjakan untuk memantau medis sosial tim yang bermarkas di Camp Nou.

Kontroversi kerja sama Barcelona dan I3 Ventures kali pertama mencuat pada Februari lalu. Stasiun radio terkemuka di Barcelona Cadena Sar melaporkan I3 Ventures memiliki kaitan dengan akun-akun media sosial yang memuat cerita negatif tentang orang-orang yang berlawanan dengan Bartomeu.

Setelah pemberitaan tersebut, Barcelona langsung mengambil langkah dengan membatalkan kontrak dengan I3 Ventures.

Baca Juga : VIDEO: Uang Hasil Korupsi SYL Diduga untuk Beli Alphard hingga Perawatan Wajah

Pada Juli lalu, Barcelona mempublikasikan temuan mengacu investigasi yang dilakukan oleh Price Waterhouse Cooper (PWC). Hasil temuannya yaitu memastikan Barcelona tidak menugaskan I3 Ventures menjalankan kampanye kotor kepada orang-orang yang berlawanan dengan Bartomeu dan pihak klub tidak membayar di atas harga pasar untuk kerja sama dengan perusahaan tersebut.

El Mundo kemudian melaporkan bahwa polisi berpendapat audit yang dilakukan oleh PWC yang ditunjuk Barcelona tidak bisa menjadi kesimpulan terkait tuduhan korupsi tersebut.

Tuduhan korupsi yang mengarah ke Bartomeu ini menambah panjang masalah orang nomor satu di manajemen Blaugrana tersebut. Sebelumnya, Bartomeu juga disebut sebagai salah satu penyebab di balik keputusan Lionel Messi ingin pergi dari Barcelona.

Baca Juga : VIDEO: Haris Yasin Limpo Ditetapkan Tersangka Korupsi PDAM Makassar

Editor: Hendra Wijaya

 

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video13 Juli 2024 22:40
VIDEO: Prabowo Subianto: Untuk Apa Bangun Gedung-gedung, Kereta Cepat jika Negara Tidak Aman
SULSELSATU.com – Presiden terpilih Prabowo Subianto menyampaikan perlindungan rakyat Indonesia menjadi penting. Ia menyampaikan pembangunan insf...
Sulsel13 Juli 2024 22:02
Melalui Fashion Karnaval, Bupati Adnan Harap Malino Terus Dikenal Kota Bunga
SULSELSATU.com, GOWA – Beautiful Malino 2024 memasuki hari kedua dengan berbagai rangkaian kegiatan, salah satunya adalah Fashion Karnaval yang ...
Bisnis13 Juli 2024 20:53
All New Honda BeAT Series Terbaru Hiasi Langit dan Pantai Ambon
Balon udara besar bertuliskan Honda dan All New Honda BeAT Series terbaru menghiasi langit serta pantai Ambon. Masyarakat pun dikejutkan dengan hal te...
Video13 Juli 2024 20:45
VIDEO: Modus Baru Penipuan Paket COD di Tanjung Bunga Makassar
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan seorang kurir yang mengantarkan paket bodong di Tanjung Bunga, Kota Makassar. Penghuni rumah yang m...