Logo Sulselsatu

Jika None-Zunnun Pimpin Makassar, Urus SITU dan SIUP Cukup di Tingkat RT

Asrul
Asrul

Jumat, 11 September 2020 22:19

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pasangan Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Armin Nurdin Halid (None-Zunnun) punya program khusus untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan dan perizinan. Pasangan dengan tagline Makassar Kerhen ini menginginkan, pengurusan administrasi kependudukan, sudah harus selesai di RT setempat saja.

Jika ingin mengurus KTP, dan Kartu Keluarga (KK) misalnya, tidak perlu jauh dan antre berjam-jam di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

“Kami pastikan pelayanan administrasi kependudukan tidak lebih satu kilometer dari rumah Anda. Dimana itu? Di tempat Ketua RT. Jadi sudah selesai di tingkat RT saja. Supaya kita tidak berkontribusi terhadap kemacetan di Sultan Alauddin,” kata None, Jumat, 11 September 2020.

Baca Juga : SMRC Rilis Survei Pilwali Makassar 2020, Ini Hasilnya

Untuk mewujudkannya, menurut None, tidak begitu sulit. Apalagi di era modern saat ini, semuanya bisa dilakukan lewat aplikasi digital.

“Mau urus izin, tidak usah ke PTSP. Itu model lama. Perkembangan digital, harusnya izin tidak perlu tatap muka lagi,” tambah eks Kadis Pendidikan Sulsel ini.

Bukan itu saja. Di sektor UMKM, None juga menginginkan agar pengurusan Surat Izin Tempat Usaha (SITU) dan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), juga bisa selesai di tingkat RT.

Baca Juga : Buka Kantor Balaikota Perwakilan di Kecamatan Biringkanaya, None Dekatkan Pelayanan ke Masyaraka

“Dengan pengalaman di birokrasi, kami menjanjikan segala urusan UMKM cukup satu kilometer dari rumah Anda. Tidak perlu ke Balaikota, Tarkim, dan lain-lain. Sisa ke Ketua RT Anda,” jelas None.

Untuk mendukung program ini, None-Zunnun akan mengalokasikan anggaran khusus di seluruh RT se-Makassar. Totalnya Rp15 juta – Rp150 juta per RT.

“Supaya masyarakat lihat, kalau uang yang saya bayar dalam bentuk pajak itu, kembali ke mereka juga. Nanti RT diberi kewenangan mengangkat dua staf untuk urus warga, urus operasional dan administrasi,” pungkasnya. (*)

Baca Juga : Kampanye di Zona III, None Nginap di Rumah Ketua RT

Editor: ANDI

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...