Logo Sulselsatu

Gubernur-Pertamina Bahas Beasiswa untuk Warga Pulau

Asrul
Asrul

Rabu, 16 September 2020 13:14

Gubernur-Pertamina Bahas Beasiswa untuk Warga Pulau

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah, bersama General Manager (GM) MOR VII Sulawesi PT Pertamina, Rama Suhut, membahas beasiswa bagi anak-anak yang berasal dari pulau.

Rencananya, Pertamina dan Pemprov Sulsel akan mengarahkan anggaran Corporate Social and Responsibility (CSR) dari Pertamina untuk beasiswa bagi masyarakat asli pulau.

Nurdin Abdullah menjelaskan, selama ini dana CRS belum terarah dengan baik, tapi di masa kepemimpinan dirinya, dana CSR betul-betul dirasakan bagi masyarakat Sulsel.

Untuk tahun 2021 mendatang, Pemprov Sulsel akan mengarahkan anggaran CSR dipusatkan untuk masyarakat pulau. “Tapi CSR-nya bagus. Memang di masa kita terasa sekali. Kita sekarang mulai sentuh pulau, karena memang kita lihat selama ini pulau itu terlupakan. Jadi APBD kita ini cuman berpikir di daratan saja, ternyata ada saudara-saudara kita disana,” jelasnya.

Sulsel sendiri memiliki 330 pulau. Selama ini pulau-pulau sangat jarang sekali disentuh pemerintah. Olehnya itu, Nurdin Abdullah memusatkan beasiswa bagi masyarakat pulau dengan mendorong untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), serta menyekolahkan anak-anak pulau.

“Saya punya program prioritas, orang pulau menjadi sejahtera, mau jadi perawat, mau jadi guru, ini semua kami prioritaskan,” ungkapnya.

Menurut dia, selama ini banyak tenaga kesehatan maupun tenaga guru yang ditempatkan di pulau-pulau, namun tidak bisa bertahan lama. “Kalau kita tempatkan dokter, paling betah satu dua hari,” ujarnya.

Sementara itu, GM MOR VII Sulawesi PT Pertamina (Persero), Rama Suhut, akan mendukung langkah yang diambil oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah.

“Untuk CSR kami akan peduli lingkungan dan usaha kecil dan juga bencana. Khusus untuk pulau-pulau mungkin anggaran CSR nya bisa untuk beasiswa bagi orang-orang yang tinggal di kepulauan,” ungkapnya.

Menurutnya, kebutuhan tenaga guru, perawat maupun dokter sangat dibutuhkan oleh masyarakat pulau. Karena itu, CRS akan dipusatkan guna mensupport beasiswa bagi masyarakat pulau. “Memang harus disekolahkan yang asli di sana. Kalau sudah selesai S1, S2 nanti kembali lagi,” tutupnya. (*)

Penulis: JAHIR MAJID

Editor: ANDI

 Komentar

 Terbaru

Video06 Oktober 2022 20:06
VIDEO: Tembok MTSN 19 Pondok Labu Roboh saat Banjir, 3 Siswa Dikabarkan Meninggal
SULSELSATU.com – Banjir terjadi di sejumlah wilayah Jakarta pada Kamis (6/10) sore. Hingga mengakibatkan tembok MTSN 19 Pondok Labu, Insiden rob...
OPD06 Oktober 2022 20:04
Program Ipal Komunal Pemkot Makassar Jadi Percontohan di Indonesia
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Air Limbah (PAL) Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar melakukan rapat bersama T...
Nasional06 Oktober 2022 19:08
Dukung Pengurangan Emisi, Program BRI Menanam Proyeksikan Penyerapan Karbon Hingga 108 Ribu Ton CO2
SULSELSATU.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) turut ambil bagian dalam mendukung ketahanan iklim melalui penyerapan emisi karbon. Sal...
Makassar06 Oktober 2022 18:56
Fatmawati Rusdi Buka High Level Meeting TPID Kota Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi menekankan pentingnya kolaborasi semua pihak dalam mengendalikan laju infla...