iklan Kareba Parlementa

Pemkot Parepare-Pertamina Bahas Strategi Atasi Kelangkaan Gas Elpiji

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, PAREPARE – Dalam rangka pengawasan pendistribusian dan penggunaan Liquefied Petroleum Gas (LPG) tabung 3 kg di Kota Parepare, Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Perdagangan melakukan pertemuan dengan pihak Pertamina dan beberapa Agen Elpiji di Kota Parepare.

Pertemuan itu berlangsung di kantor Dinas Perdagangan Parepare, Rabu (16/9/2020).

“Di sini kita memang mengagendakan sinergi yang kaitannya dengan agar bagaimana kembali monitoring rumah makan dan usaha agar sektor usaha yang menggunakan gas elpiji 3kg ini, adalah sesuai peruntukannya,” ujar Arnaldo Andika Putra, Sales Branch Manajer Pertamina IV Sulseltra.

Dalam pertemuan itu, mencuat kelangkaan gas elpiji juga dipicu oleh penggunaan yang dilakukan 75 persen Aparatur Sipil Negara (ASN). Padahal gas bersubdsidi tersebut hanya diperuntukkan untuk kalangan tidak mampu.

Salah satu Agen dari PT Salma, Naya mengatakan, kelangkaan gas elpiji tidak hanya karena kurangnya jumlah pendistribusian dari pihak pertamina, namun juga oleh ASN.

“Kalau kita pikir pendistribusian gas elpiji ini totalnya sebanyak 5.960 per hari, ini dapat mengakomodir masyarakat di Kota Parepare, apalagi didistribusikan setiap harinya. Tapi karena kita liat kondisi di lapangan penggunaan elpiji 3kg ini memang tidak digunakan oleh masyarakat kurang mampu, tapi banyaknya Pegawai Negeri yang gunakan gas ini. Seperti kita ketahui, bahwa jumlah ASN di Kota Parepare sekitar 75 persen, jadi saya rasa jika ini yang dievaluasi maka distribusi tabung elpiji 3kg di Kota Parepare itu sangat cukup,” kata Naya.

Sebagai tindak lanjut atas laporan itu, Plt Kepala Dinas Perdagangan Kota Parepare, Hasan Ginca mengatakan, pertemuan ini diharapkan dapat menghasilkan strategi jitu dalam pengawasan gas elpiji, termasuk akan menyurat untuk penerbitan regulasi penggunaan gas elpiji yang tidak boleh digunakan oleh ASN.

“Tentu ini menjadi tindak lanjut untuk disikapi dan kami akan menyampaikan langsung ke Pimpinan. Kami tidak akan memberikan sanksi sebelum ada regulasi yang mengatur hal tersebut, tapi tetap kami akan melakukan sidak, terkhusus untuk ASN lingkup Dinas Perdagangan sebagai pilot project dan kami tidak akan menentukan waktunya,” terang Hasan Ginca.

“Tentu kami mengajak teman-teman untuk memahami aturan yang ada bahwa gas elpiji 3kg bukan peruntukannya bagi ASN, dan memang peruntukannya untuk warga kurang mampu. Kalaupun memerlukan edukasi tertulis, kami akan sampaikan kepada Sekretaris Daerah, apakah menyampaikan secara tertulis dalam bentuk surat edaran atau ada regulasi yang dikeluarkan,”tandas Hasan.

Sementara, Sales Branch Manager Pertamina IV Sulseltra, Arnaldo Andika Putra, mengharapkan agar PNS yang masih menggunakan gas 3kg untuk segera beralih ke gas non subsidi.

“Untuk para PNS agar menggunakan gas elpiji non subsidi. Kita bisa mengantarkan ke rumah mereka masing-masing. Jadi mereka tidak perlu lagi datang ke outlet untuk menukarkan tabung. Mereka cukup hubungi kami melalui agen kami, atau call center 135 dan bila mereka ingin menukarkan tabung 3 kgnya akan kami tukarkan dengan elpiji bright gas yang 5,5 kg,” urai Andika.

Sebelumnya, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe menekankan agar kelangkaan gas elpiji tidak menjadi masalah berlarut-larut. Selain operasi pasar, pihaknya juga meminta SKPD terkait agar memperketat pengawasan penyaluran gas elpiji.

“Jangan tinggal diam, segera atasi kelangkaan gas elpiji. Kita sudah lakukan operasi pasar, sekarang cari solusi dengan memperketat pengawasan penyalurannya,” tandas Taufan.

Penulis: Andi Fardi

Editor: Asrul

Iklan PDAM
...

Populer

Polres Jeneponto Ungkap Motif Tewasnya Pemuda Asal Bantaeng

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Pihak kepolisian Polres Jeneponto berhasil mengungkap motif tewasnya Rendy Sacada (23) pemuda asal Jl, Raya Lanto nomor 21, Tappanjeng, Kabupaten Bantaeng...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

Menangkan Pertarungan Tahap Pertama, KPU Tetapkan Irman – Zunnun Diusung 15 Kursi dari Tiga Parpol

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar secara resmi menetapkan Irman Yasin Limpo - Andi Zunnun Armin NH, sebagai Calon Wali Kota dan...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

Enam Staf Positif Covid-19, Pelayanan di DPMPTSP Jeneponto Tutup Sementara

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jeneponto yang berada di Jl Ishak Iskandar ditutup sementara. Penutupan pelayanan di...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

VIDEO: Viral, Sebuah Kuburan Keluarkan Darah Segar dan Bau Amis

  SULSELSATU.com - Sebuah makam yang dipenuhi oleh cairan berwarna merah yang diduga darah viral di media sosial, Minggu (20/9). Dalam video terlihat makam itu amblas...

Pelaku Usaha di Parepare Non Reaktif Hasil Rapid Test

SULSELSATU.com, PAREPARE - Rapid test masif yang dilakukan Pemerintah Kota Parepare...

Artikel Lainnya

Kembangkan Potensi Anak Muda, Dikpora Barru Bakal Bentuk Forum Wirausaha

SULSELSATU.com, BARRU - Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Barru akan...

Kembali Bagi APD, Kini Fadli Ananda Sasar Puskesmas di Makassar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Melihat kondisi Covid-19 di Kota Makassar semakin memburuk,...

Dinkes Jeneponto Harap Masyarakat Isolasi Diri Secara Mandiri

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Dinas Kesehatan Jeneponto terus melakukan upaya pencegahan masuknya...

Fikom UMI Buka Pendaftaran Camaba Via Online

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Muslim Indonesia (Fikom UMI)...

Sambut New Normal, Pemkab Pinrang Gelar Apel Gabungan Perdana

SULSELSATU.com, PINRANG - Sebagai bentuk kesiapan penerapan New Normal pandemi Covid-19...

Terkini

VIDEO: Utang Belum Dilunasi, Anak Kandung di Ponorogo Tega Robohkan Rumah Milik Ibunya

    SULSELSATU.com - Seorang anak tega merobohkan rumah ibu kandungnya sendiri viral...

Banner Askar-Pipink Berkibar di Laut dan Gunung

SULSELSATU.com, BULUKUMBA - Berbagai cara dilakukan Tim, Relawan, juga simpatisan untuk...

VIDEO: Pidato Presiden Jokowi di Sidang PBB

SULSELSATU.com - Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato di Sidang Umum PBB,...

Buka Forum OSOA, Sekprov Dorong Inklusi Ekonomi Nasional

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Abdul Hayat...

Rudy Tegaskan Belum Izinkan THM dan Panti Pijat Beroperasi

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Penjabat Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin menegaskan jika...