iklan Kareba Parlementa

Pemkot Parepare-Pertamina Bahas Strategi Atasi Kelangkaan Gas Elpiji

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, PAREPARE – Dalam rangka pengawasan pendistribusian dan penggunaan Liquefied Petroleum Gas (LPG) tabung 3 kg di Kota Parepare, Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Perdagangan melakukan pertemuan dengan pihak Pertamina dan beberapa Agen Elpiji di Kota Parepare.

Pertemuan itu berlangsung di kantor Dinas Perdagangan Parepare, Rabu (16/9/2020).

Iklan Humas SulSel

“Di sini kita memang mengagendakan sinergi yang kaitannya dengan agar bagaimana kembali monitoring rumah makan dan usaha agar sektor usaha yang menggunakan gas elpiji 3kg ini, adalah sesuai peruntukannya,” ujar Arnaldo Andika Putra, Sales Branch Manajer Pertamina IV Sulseltra.

Dalam pertemuan itu, mencuat kelangkaan gas elpiji juga dipicu oleh penggunaan yang dilakukan 75 persen Aparatur Sipil Negara (ASN). Padahal gas bersubdsidi tersebut hanya diperuntukkan untuk kalangan tidak mampu.

Iklan Anir - Lutfi

Salah satu Agen dari PT Salma, Naya mengatakan, kelangkaan gas elpiji tidak hanya karena kurangnya jumlah pendistribusian dari pihak pertamina, namun juga oleh ASN.

“Kalau kita pikir pendistribusian gas elpiji ini totalnya sebanyak 5.960 per hari, ini dapat mengakomodir masyarakat di Kota Parepare, apalagi didistribusikan setiap harinya. Tapi karena kita liat kondisi di lapangan penggunaan elpiji 3kg ini memang tidak digunakan oleh masyarakat kurang mampu, tapi banyaknya Pegawai Negeri yang gunakan gas ini. Seperti kita ketahui, bahwa jumlah ASN di Kota Parepare sekitar 75 persen, jadi saya rasa jika ini yang dievaluasi maka distribusi tabung elpiji 3kg di Kota Parepare itu sangat cukup,” kata Naya.

Sebagai tindak lanjut atas laporan itu, Plt Kepala Dinas Perdagangan Kota Parepare, Hasan Ginca mengatakan, pertemuan ini diharapkan dapat menghasilkan strategi jitu dalam pengawasan gas elpiji, termasuk akan menyurat untuk penerbitan regulasi penggunaan gas elpiji yang tidak boleh digunakan oleh ASN.

“Tentu ini menjadi tindak lanjut untuk disikapi dan kami akan menyampaikan langsung ke Pimpinan. Kami tidak akan memberikan sanksi sebelum ada regulasi yang mengatur hal tersebut, tapi tetap kami akan melakukan sidak, terkhusus untuk ASN lingkup Dinas Perdagangan sebagai pilot project dan kami tidak akan menentukan waktunya,” terang Hasan Ginca.

“Tentu kami mengajak teman-teman untuk memahami aturan yang ada bahwa gas elpiji 3kg bukan peruntukannya bagi ASN, dan memang peruntukannya untuk warga kurang mampu. Kalaupun memerlukan edukasi tertulis, kami akan sampaikan kepada Sekretaris Daerah, apakah menyampaikan secara tertulis dalam bentuk surat edaran atau ada regulasi yang dikeluarkan,”tandas Hasan.

Sementara, Sales Branch Manager Pertamina IV Sulseltra, Arnaldo Andika Putra, mengharapkan agar PNS yang masih menggunakan gas 3kg untuk segera beralih ke gas non subsidi.

“Untuk para PNS agar menggunakan gas elpiji non subsidi. Kita bisa mengantarkan ke rumah mereka masing-masing. Jadi mereka tidak perlu lagi datang ke outlet untuk menukarkan tabung. Mereka cukup hubungi kami melalui agen kami, atau call center 135 dan bila mereka ingin menukarkan tabung 3 kgnya akan kami tukarkan dengan elpiji bright gas yang 5,5 kg,” urai Andika.

Sebelumnya, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe menekankan agar kelangkaan gas elpiji tidak menjadi masalah berlarut-larut. Selain operasi pasar, pihaknya juga meminta SKPD terkait agar memperketat pengawasan penyaluran gas elpiji.

“Jangan tinggal diam, segera atasi kelangkaan gas elpiji. Kita sudah lakukan operasi pasar, sekarang cari solusi dengan memperketat pengawasan penyalurannya,” tandas Taufan.

Penulis: Andi Fardi

Editor: Asrul

Iklan PDAM
...

Populer

Debat Publik Hanya Dihadiri 1 Calon, Aktivis: KPU Barru Harusnya Malu

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barru baru saja melangsungkan Debat Publik seri kedua di Hotel Sheraton, Jalan Landak Baru, Kota Makassar,...

Artikel Lainnya

Kinerja Tenaga Kontrak Dievaluasi Dinas PU Kota Makassar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Keberadaan tenaga kontrak dianggap cukup membantu kerja-kerja di...

PD Pasar Gandeng Malltronik Transaksi Online

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Upaya Perusda pasar kota Makassar untuk mendukung transaksi...

Hangatnya Sambutan Warga Makassar ke Fatmawati Rusdi

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pilihan Partai NasDem dan Gerindra memaketkan Moh Ramdhan...

Bertemu Ketua IKA FH UMI, Rudy Harap Sinergitas Kendalikan Covid-19

SULSELSATU.com. MAKASSAR - Penjabat Walikota Makassar Rudy Djamaluddin menerima ketua Ikatan...

Inovasi SKPD Perkuat Parepare Hadapi Verifikasi Kota Sehat Provinsi

SULSELSATU.com, PAREPARE - Kota Parepare siap diverifikasi Kota Sehat tingkat Provinsi...

Terkini

Protokol Kesehatan di Hotel, Makan Prasmanan Diganti Nasi Kotak

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Sikap tegas Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah dalam...

Menuju Kemenangan, Tokoh Perempuan Segeri Nyatakan Dukungan Anir-Lutfi

SULSELSATU.com, PANGKEP - Dukungan terus mengalir pasangan Andi Nirawati-Lutfi Hanafi (Anir-Lutfi)...

Fatma Banjir Simpati dan Pujian Usai Dilecehkan Secara Verbal

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Calon wakil wali kota Makassar, Fatmawati Rusdi merespons...

Makin Massif, Pengalihan Pilihan ke Appi-Rahman, Pengamat: Warga Memilih yang Tepat untuk Dipilih

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Minus dua pekan pencoblosan calon walikota dan wakil...

Kementerian Kelautan dan Perikanan Luncurkan Sistem Resi Gudang Sebagai Hak Jaminan Nelayan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Kementerian kelautan dan perikanan (KKP) melalui Badan Layanan...