iklan Kareba Parlementa

Kejari Maros Periksa Dugaan Pungli BOP Ponpes dan Madrasah

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, MAROS – Kejaksaan Negeri Maros menerima laporan terkait adanya kasus dugaan pungutan liar pada Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Maros terkait dana Bantuan Operasional (BOP) Pandemi Covid 2020 bagi pesantren dan madrasah se-Kabupaten Maros.

Kepala Seksi Intelejen (Kasi Intel) Kejaksaan Negeri Maros Dhevid Setiawan mengatakan, saat ini pihaknya telah melakukan penyelidikan dugaan Pungli anggaran dana BOP pandemi Covid-19 2020 bagi 14 Madrasah dan 21 pondok pesantren yang ada di Maros. Penyelidikan ini kata dia, berawal dari adanya laporan sekaitan dengan kegiatan pungli tersebut.

“Kemarin kami baru selidiki kasus ini, memang ini dugaan pungli. Kami juga telah memanggil beberapa orang untuk dimintai keterangan terkait kasus ini. Namun baru sebatas pemeriksaan saja,” ujarnya saat menggelar konferensi pers di Kantor Kejari Maros Jalan Ratulangi Maros, Rabu (16/9/2020)

Saat dihubungi awak media, Kepala Kementerian Agama Maros, Muhammad Tonang, mengaku belum mengetahui adanya dugaan pungli tersebut.

“Saya belum tahu, silakan tanyakan ke Kejaksaan terkait masalah ini,” katanya.

Sementara itu terpisah, Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Kabupaten Maros, Muhammad Afrisal Tuasikal menjelaskan, sudah ada beberapa orang Pegawai Kemenag Kabupaten Maros yang telah dipanggil.

“Jadi sementara ada empat orang Kemenag kemarin kami periksa. Tapi baru sebatas pemeriksaan, karena kami baru memulai penyelidikan. Selain itu kami juga telah memeriksa tujuh orang pengelola lembaga masing-masing sekolah dalam kasus ini,” ungkapnya.

Afrizal mengungkapkan, modus pungli tersebut dilakukan saat dana BOP Pandemi Covid 2020 yang diperuntukkan bagi Pesantren dan Madrasah ini cair, setiap lembaga pendidikan diminta untuk menyetorkan sekitar 10 persen ke oknum di Kemenag.

“Ada pencairan untuk itu, dengan nilai kisaran bervariasi mulai dari 10 juta hingga 15 juta untuk tingkat Madrasah dan 25 juta sampai 40 juta untuk pondok pesantren, tergantung jumlah siswanya. Pada saat pencairan dana tersebut oleh oknum dilakukan pemotongan baik secara langsung maupun lembaga sekolah menyetor dengan kisaran 26 persen,” bebernya.

Afrisal menambahkan, berdasarkan keterangan yang diperoleh setoran Pungli tersebut diserahkan kepada beberapa orang Oknum di Kemenag Maros. Salah satu diantaranya adalah Kepala Seksi Pondok Pesantren.

“Mengapa kami tertarik untuk menyelidik kasus ini, karena dana ini diperuntukan untuk dana bantuan pesantren menghadapi pandemi covid. Namun item didalamnya bukan untuk pengadaan rapid test, bukan juga untuk beli alat swab. Tetapi untuk operasional pengurus pondok pesantren selama pandemi covid,” jelasnya.

Sekedar diketahui sebelumnya Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia telah mencairkan bantuan dana operasional pondok pesantren dan lembaga pendidikan kegamaan di masa pandemi Covid-19.

Menteri Agama Republik Indonesia Fachrul Razi menyerahkan bantuan tersebut secara simbolis ke sejumlah pesantren Nahdlatul Ulama (NU) yang diwakili oleh RMI PBNU dan Satgas Covid-19 PBNU.

Penulis: Indra Sadli Pratama

Editor: Asrul

Iklan PDAM
...

Populer

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Dua Wartawan di Jeneponto Diusir Oknum Security Saat Meliput di DPRD

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Rapat Anggaran perubahan R-APBD di ruang komisi III Kantor DPRD Jeneponto, Selasa, (29/9/2020), diwarnai insiden pengusiran terhadap dua jurnalis yang sedang...

VIDEO: Pemotor Trail Lakukan Pelecehan, Sentuh Area Sensitif Wanita Berkemben di Sungai

SULSELSATU.com - Seorang pengendara motor trail tega melakukan pelecehan terhadap seorang wanita di sebuah sungai. Dalam video terlihat wanita seksi berkemben atau memakai kain jarik. Kejadian...

Wabup Jeneponto Ditunjuk Jadi Ketua Tim Pemulihan Pasar Karisa

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar secara resmi menunjuk Wakil Bupati Jeneponto, Paris Yaris sebagai ketua Tim Penanganan dan Pemulihan Pasar Karisa yang...

Kampanye di Zona III, None Nginap di Rumah Ketua RT

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Calon Wali Kota Makassar, Irman "None" Yasin Limpo, hari ini akan melakukan kampanyenya di Zona III, yang meliputi Kecamatan Panakkukang, Manggala,...

Komisi V DPR RI Tinjau Proses Pengerjaan Rel Kereta Api Maros-Pangkep

SULSELSATU.com, MAROS - Anggota Komisi V DPR RI Muh Aras, berkunjung...

Artikel Lainnya

Tanpa Hambatan, APBD Pemkab Gowa TA 2019 Disahkan Dewan

SULSELSATU.com, GOWA - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gowa mengesahkan...

Rangga Kembali Cek Penanganan Covid-19, Kali Ini Sisir Daerah Takalar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Tiada kata lelah dalam benak Anggota DPRD Sulsel...

Lewati Dua Pemilu, Arum Spink Terbukti Ikut Besarkan Partai NasDem

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Dua kader Partai Nasdem yang bakal maju di...

Jelang Pilwali, Sabri Ajak Warga Kecamatan Makassar Jaga Kamtibmas

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pelaksana tugas (Plt) Camat Makassar, M Sabri mengajak...

Wagub Kembali Utus Andalan Mengaji Salurkan Bantuan ke Kecamatan Rumbia

SULSELSATU.com, BANTAENG - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman kembali...

Terkini

APT, Politisi Muda NasDem Diberi Amanah Jabat Wakil Ketua Komisi C DPRD Sulsel

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Legislator Fraksi NasDem Sulsel, Andre Prasetyo Tanta (APT),...

Prof Rudy Apresiasi Hadirnya Perda Pencegahan Peningkatan Kualitas Perumahan Kumuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Prof Rudy Djamaluddin...

VIDEO: Bikin Haru, Kisah Anak Driver Ojol yang Lulus Perguruan Tinggi dan Dapat Beasiswa

  SULSELSATU.com - Sebuah video memperlihatkan seorang anak driver ojek online menceritakan...

Akan Diresmikan Presiden Jokowi, Menhub Dijadwalkan Kunjungi Bandara Toraja

SULSELSATU.com, TANA TORAJA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, dijadwalkan...

Taat Protokol Kesehatan Covid-19, Satlantas Polres Jeneponto Beri Edukasi Pengendara

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Kepolisian Resort (Polres) Jeneponto terus mengedukasi masyarakat untuk...