iklan Kareba Parlementa

Wagub Sulsel Minta Bappelitbangda Kontrol Program OPD

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) melalui Biro Organisasi melaksanakan coaching clinic (klinik bimbingan) percepatan pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) dan implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Pendampingan implementasi SAKIP ini diikuti Pemerintah Provinsi Sulsel beserta sejumlah kabupaten/kota. Diantaranya Kota Parepare, Kota Palopo, Kabupaten Jeneponto, Bone, Luwu, dan Kepulauan Selayar, oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI.

Kegiatan itu berlangsung di Hotel Claro, Makassar, Jum’at (18/9/2020), dan dibuka oleh Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. Turut hadir, Deputi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian PAN-RB, Jufri Rahman.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka pencapaian target Reformasi Birokrasi (RB) dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), maka diperlukan peningkatan pemahaman dan kemampuan aparat setiap perangkat daerah Lingkup Pemerintah Provinsi Sulsel.

Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan, Pemprov Sulsel terus melakukan perbaikan yang lebih baik serta mengikuti arahan Kementerian PAN-RB. Terlebih Gubernur dan Wakil Gubernur memiliki program untuk reformasi birokrasi yakni ‘Sulsel Bersih Melayani’.

Dirinya memaparkan beberapa tindak lanjut hasil evaluasi RB dan SAKIP tahun sebelumnya, pelaksanaan reformasi birokrasi implementasi SAKIP terkait pandemi Covid-19, serta progres reform yang telah dilakukan.

Ia pun menyampaikan, bahwa penilaian SAKIP tahun 2019, ada dua OPD Lingkup Pemprov Sulsel yang meraih predikat A. Ia pun berharap Pemprov Sulsel bisa meraih predikat A. Serta mendorong OPD lainnya dan Kabupaten/Kota untuk meraih predikat lebih baik.

“Ada peningkatan (SAKIP). Dua OPD di Provinsi dapat nilai A, yaitu BKAD dan Dinas Kelautan dan Perikanan. Kepala Dinasnya mau berbagi, saling bertukar pikiran, sharing dengan OPD lainnya,” ucapnya.

Dirinya berharap, TPP masuk dalam faktor penilaian SAKIP. Dengan penerimaan TPP bagi ASN disesuaikan dengan beban kerja dan resiko kerja, sehingga dilakukan penilaian kinerja ASN. Andi Sudirman menyampaikan bagaimana sistem dalam perusahaan korporasi. Salah satunya dalam hal appraisal (penilaian) kinerja yang dilakukan dalam setahun dua kali.

“Kami bersama Bapak Gubernur, semua program atau planning dan keuangan atau costing ada kontrolnya. Program kontrolnya semua di Bappelitbangda dan keuangan kontrolnya di BKAD,” jelasnya.

Orang nomor dua di Sulsel itu pun menerangkan metode Work Breakdown Structure (WBS) atau struktur dalam perencanaan suatu pembangunan. Menurutnya hal itu, sangat penting. Work breakdown structure (WBS) adalah suatu metode pengorganisasian proyek menjadi struktur pelaporan hierarkis. WBS digunakan untuk melakukan breakdown atau memecahkan tiap proses pekerjaan menjadi lebih detail.

“WBS harus dibuat oleh Bappelitbangda yang membuat program untuk sasaran, Money Follow The Program. Bappelitbangda juga merupakan remote semua kasubag program OPD, sehingga pengendali program ada di Bappelitbangda. Sementara OPD lain adalah teknis pelaksana dan pemberi input dalam program,” terangnya.

Dirinya pun berharap, selain pendampingan dibutuhkan masukan-masukan demi melihat Sulawesi Selatan yang lebih maju dan cepat.

Deputi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian PAN-RB, Jufri Rahman, memaparkan terkait kebijakan dan strategi percepatan reformasi birokrasi.

“Ini merupakan pra-evaluasi dalam bentuk pendampingan untuk upaya pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) dan implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) lebih baik,” ungkapnya.

Terlebih, kata dia, hasil penilaian SAKIP ini, bisa mendapat Dana Insentif Daerah (DID). Ia pun mengaku, apresiasi kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan atas komitmen untuk optimis meraih predikat A pada SAKIP selanjutnya.

Manajemen kinerja SAKIP, kata dia, dilaksanakan untuk memastikan bahwa program dan kegiatan yang dilaksanakan telah memberikan dampak dan manfaat kepada masyarakat. (*)

Penulis: JAHIR MAJID

Editor: ANDI

Iklan PDAM
...

Populer

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

Inilah 6 Peran Ayah yang Ideal untuk Keluarga Ayah

 SULSELSATU.com - Ayah adalah bagian yang tak terpisahkan dalam keluarga. Keluarga bukan hanya urusan para Ibu, sementara urusan Ayah adalah mencari nafkah. Pembagian peran...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

Sejarah Singkat Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Selasa (19/11/2018) hari ini, umat Muslim di seluruh dunia memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau biasa dikenal dengan Maulid Nabi...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

VIDEO: Mahasiswi di Kupang Diduga Mesum saat Kuliah Online

SULSELSATU.com - Seorang mahasiswa di Kupang diduga berbuat mesum saat sedang mengikuti kuliah online viral di media sosial. Dalam video menunjukan proses perkuliahan yang diikuti...

Sejarah Singkat 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan

SULSELSATU.com - Hari ini, Bangsa Indonesia memperingati 10 November Hari Pahlawan. Namun mungkin banyak yang belum tahu kenapa pada tanggal 10 November di tetapkaN...

VIDEO: TNI Antar Pulang Massa Aksi Tolak UU Cipta Kerja

  SULSELSATU.com - Puluhan Prajurit TNI kawal pulang massa aksi unjuk rasa...

Artikel Lainnya

FOTO: Bengal, Pengendara Abaikan Larangan Parkir

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Kendaraan roda empat parkir di bawah tulisan larangan...

Wadan Lantamal VI Serahkan Almatkes Covid-19  ke Posal Pinrang dan Posmat Barru

SULSELSATU.com, PINRANG - Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI AL VI (Wadan Lantamal VI)...

Pemkot Parepare Anggarkan Rp6,7 Miliar untuk Penanganan Covid-19

SULSELSATU.com, PAREPARE - Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare menunjukkan keseriusan menangani pandemi...

Rapat Bamus, DPRD Makassar Tetapkan Tujuh Agenda Penting

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota...

Pemkab Lutra Gelar Sosialisasi Pangan B2SA

SULSELSATU.com, LUWU UTARA - Dalam rangka kegiatan penyuluhan sumber pangan alternatif,...

Terkini

VIDEO: TNI Antar Pulang Massa Aksi Tolak UU Cipta Kerja

  SULSELSATU.com - Puluhan Prajurit TNI kawal pulang massa aksi unjuk rasa...

Donor Darah Aston Makassar Hasilkan 35 Kantong Darah

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Aston Makassar kembali menggelar kegiatan donor darah bersama...

Besok, Stadion Mattoanging Dibongkar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel melalui Badan Keuangan dan...

Imam Islamic Center New York Temui Prof Rudy, Ini yang Dibahas

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Imam Islamic Center Of New York Amerika Serikat,...

Selamat, Jeneponto Peringkat Kedua Pencegahan Stunting di Sulsel

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Kabupaten Jeneponto mendapat peringkat kedua di Sulawesi Selatan...