Logo Sulselsatu

PTSP Sulsel Komitmen Permudah Izin Pelaku Usaha

Asrul
Asrul

Minggu, 20 September 2020 16:45

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Provinsi Sulawesi Selatan berkomitmen akan mempermudah proses penerbitan perizinan berusaha di seluruh kabupaten/kota di Sulsel.

Kepala Dinas PTSP Sulsel, Jayadi Nas mengatakan, salah satu cara yang akan dilakukan untuk mempermudah proses perizinan usaha yakni dengan meluncurkan suatu aplikasi.

“Minggu depan kita akan lakukan bimtek bersama seluruh kabupaten kota di sulsel untuk pengembangan aplikasi itu,” katanya.

Dia menjelaskan dengan aplikasi yang akan dibuat nantinya, para pelaku usaha tidak perlu lagi ke provinsi untuk mengurus izin-izin, cukup di kabupaten/kota masing-masing dengan aplikasi yang akan dicanangkan nantinya.

“Saya mau kembalikan itu kepada teman-teman di kabupaten/kota supaya para pelaku usaha masyarakat kita yang ingin mendapatkan izin ke mana saja itu cukup di kabupaten/kota, caranya adalah kita buat aplikasi kami buat kesepakatan dengan teman PTSP kabupaten/kota untuk ada gerai-gerai disetiap kabupaten/kota, gerai-gerai inilah yang kemudian kami linkan antara aplikasi yang ada di sana dengan aplikasi yang ada di provinsi. Sehingga ini connect,” jelasnya.

Menurutnya, selama ini para pelaku usaha yang ingin mendapatkan izin usaha diharuskan datang ke provinsi untuk mengurus segala persyaratan. Hal ini lanjut Jayadi Nas, membuat para pelaku usaha menghabiskan biaya yang sangat tinggi hanya untuk mendapatkan izin.

Karena itu, dengan aplikasi yang akan dikembangkan ini, para pelaku usaha cukup datang ke PTSP kabupaten/kota mengisi persyaratan yang diperlukan untuk mendapatkan izin usaha.

Meski begitu, tambah Jayadi Nas, terkait pengeluaran izin usaha tetap dikeluarkan oleh pemerintah provinsi. “Karena itu kewenangan kami, jadi UU 23 2014, dilampirannya itu jelas apa kewenangan provinsi, apa kewenangan kabupaten/kota apa kewenangan pusat, ini hanya untuk mempermudah, ini kita siasati, karena kami ingin membuat pelayanan yang terbaik itu adalah pelayanan yang mudah dijangkau jadi ketika dia mau ambil aja hp-nya cukup di kabupaten/kota selesai izinnya” pungkasnya. (*)

Penulis: JAHIR MAJID

Editor: ANDI

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video25 April 2024 23:13
VIDEO: Aksi Pencurian di Sebuah Perumahan di Gowa, TV dan Speaker Raib
SULSELSATU.com – Aksi pencurian telah terjadi di Perumahan Parangbanoa, Kabupaten Gowa, pada Kamis (25/4/2024). Pencurian ini mengakibatkan bara...
Makassar25 April 2024 22:02
Makassar Terima Penghargaan Kota Terbaik Penyelenggaraan Pemerintah Daerah
Makassar lagi-lagi meraih penghargaan dan masuk sebagai kota terbaik Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah....
Kesehatan25 April 2024 21:35
Yayasan Hadji Kalla Bentuk Kelompok Jantung Sehat di 14 Desa Kecamatan Bontonompo
Yayasan Hadji Kalla bersama mitra Yayasan Jantung Indonesia cabang Sulsel resmi membentuk kelompok Jantung Sehat di 14 desa dan kelurahan di Kecamatan...
Video25 April 2024 21:31
VIDEO: Oknum Personel Polda Sumut Diduga Kabur Usai Tabrak Mobil Warga
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan oknum yang diduga personal Polda Sumut menabrak mobil warga. Kejadian terjadi di pintu keluar tol K...