iklan Kareba Parlementa

Gubernur Sulsel Bakal Sulap Pulau Lanjukang Sebagai Percontohan Pulau Wisata

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan, HM Nurdin Abdullah dan Penjabat Wali Kota Makassar melakukan kunjungan ke Pulau Lanjukang, Makassar, Sabtu (26/9/2020).

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka penetapan penataan Kawasan Pulau Lanjukang sebagai percontohan pulau wisata di Kota Makassar. Hadir juga pihak dari Telkomsel, PLN dan Pertamina.

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah menyebutkan bahwa Pulau Lanjukang yang indah perlu untuk ditata sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

“Maksud dan tujuan kita di sini, pertama melihat persoalan yang ada di pulau. Pulau Lanjukang ini adalah pulau yang indah. Kita sangat tertarik untuk menata dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat pulau,” kata Nurdin Abdullah.

Ke depan pemerintah berkolaborasi menghadirkan listrik 24 jam, air bersih, sistem tranportasi, dan jaringan telekomunikasi.

Masyarakat akan diberdayakan dan dilibatkan untuk melakukan pengelolaan dengan terlebih dahulu dilakukan pemberian pelatihan. Sehingga masyarakat memiliki keterampilan.

Harapannya agar tujuh pulau di Kota Makassar ini, bisa dibangun jaringan listrik, termasuk jaringan listrik bawah laut.

“Jika jaringan listrik bisa kita hidupkan, maka banyak usaha-usaha bisa berkembang,” sebutnya.

Adapun rencana pembangunan infrastruktur dan fasilitas di pulau ini antara lain, tambatan perahu, pusat informasi, pelataran UKM portabel, ruang komunal, jalan 1,5 km keliling pulau, resort 20 buah, gazebo 50 buah, sport center, kebun warga, lapangan, fasilitas air siap minum (arsinum), genset, ruang produksi warga, dua toilet, Sekolah Jantung Inspirasi, instalasi pengelolaan air bersih (IPAL), lampu pedesterian (jalan) 100 titik.

Untuk tahun 2020 Dinas PU Kota Makassar akan membangun dermaga, jalan lingkungan 1,5 km dengan lebar 3 meter, lampu jalan 25 dan gazebo. Dengan total Anggaran untuk tahun ini 4,2 miliar. Selain itu pemerintah juga akan melakukan bedah rumah warga.

Penjabat Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin menyebutkan penataan kawasan pulau ini sebagai percontohan pulau wisata merupakan kolaborasi pemerintah.

“Tentu kita mengucapkan syukur atas inisiasi tersebut. Inisiasi ini merupakan inisiasi gubernur untuk memperhatikan masyarakat-masyarakat pulau yang memang kalau kita lihat selama ini kurang mendapat perhatian dari pemerintah,” ujarnya.

Adapun dukungan Telkomsel dengan membangun tower BTS agar masyarakat Lanjukang dan sekitarnya dapat menikmati sinyal telepon selular.

PLN aakan menghadirkan jaringan listrik untuk digunakan warga serta mendukung suplai listrik tower yang akan dibangun.

“Kami dari PLN khususnya Makassar, siap mendukung dari apa yang memang sudah direncanakan. Dan pada saat waktunya, genser akan hadir di sini dan insyaallahnya jaringan dari PLN siap mendukung juga, sehingga masyarakat bisa lebih nyaman dalam kondisi ke depan,” Ungkap Manager PLN P3 Makassar Selatan, Raditya Hari Nugraha.

Sementara pihak Pertamina mendukung sektor UMKM dan juga pendidikan masyarakat pulau.

“Kami melihat potensi Lanjukang luar biasa, kami siap mendukung sektor bidang UMKM dan pendidikan. Survei pertama kami memang banyak yang perlu dibenahi,” sebut Manager Communication and CSR MOR VII Laode Syarifuddin Mursali.

Editor: Asrul

Iklan PDAM
...

Populer

Rachmad Gobel Tinjau Ambulans NasDem Makassar yang Dibakar, Bakal Diganti 20 Unit

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Wakil Ketua DPR RI dari Partai NasDem Rachmad Gobel meninjau langsung Kantor DPD NasDem Makassar dan ambulans yang dibakar sejumlah oknum...

Sejarah Singkat Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Selasa (19/11/2018) hari ini, umat Muslim di seluruh dunia memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau biasa dikenal dengan Maulid Nabi...

VIDEO: Istri dan Mertua di Makassar Jadi Korban Pembacokan

SULSELSATU.com - Satu keluarga di Jalan Barawaja, Kecamatan Panakukkang, Makassar dibacok pada Jumat (23/10). Dalam keterangan video, ada tiga korban dalam pembacokan tersebut yang merupakan...

VIDEO: Gadis di Jeneponto Dilamar Pakai Helikopter

SULSELSATU.com- Seorang gadis asal Kabupaten Jeneponto dilamar kekasihnya menggunakan helikopter. Gadis tersebut bernama Vieranni yang menitih karir di ibu kota Jakarta sebagai salah satu girls...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

VIDEO: Detik-detik Angin Puting Beliung di Babelan Bekasi

aSULSELSATU.com - Angin puting beliung terjadi di Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Jumat (23/20) pukul 13.10. Angin puting beliung tersebut terjadi setelah hujan deras mengguyur Bekasi....

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

Gubernur Sulsel Harap Kades se-Lutim Utamakan Inovasi

  SULSELSATU.com, LUTIM - Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah berharap kepada seluruh...

Artikel Lainnya

Nurdin Abdullah Panen Durian di Kacidu Bantaeng

SULSELSATU.com, BANTAENG - Di sela kunjungan kerja dalam rangka Peresmian Kantor...

Konsisten Jalankan Protokol Kesehatan, Alasan KPU Makassar Gelar Debat Pilwali di Jakarta

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar memutuskan untuk...

PKK Parepare Kunker ke Yogyakarta, Terinspirasi Rancang Busana Etnik Islami Terbaru

SULSELSATU.com, YOGYAKARTA - Ketua Tim Penggerak PKK Parepare Erna Rasyid Taufan,...

Resmi Nahkodai MKGR Sulsel, Ini Pesan Taufan Pawe

SULSELSATU.com, PAREPARE - Ketua Umum Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) Pusat,...

Tak Henti-hentinya, Tim Gabungan Terus Tertibkan Warga Taati Aturan PSBB

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Puluhan warga masih membandel pada hari pertama penerapan...

Terkini

Dorong Percepatan Akses Keuangan, Wali Kota Parepare Diganjar Penghargaan OJK

SULSELSATU.com, PAREPARE - Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe menerima penghargaan...

Konsolidasi MKGR, Taufan Pawe: Fokuskan Pemulihan Ekonomi

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Ketua DPD I Golkar Sulsel, Taufan Pawe menggelar...

Baru Sehari, Film Pendek Appi-Rahman “Ayah (I Love U)” Sudah Ditonton 10.000 Kali

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Sudah nonton film pendek Ayah (I Love U)?...

Relawan Anir-Lutfi Dibekali Konsep Pembangunan Jembatan Pangkajene

SULSELSATU.com, PANGKEP - Relawan pasangan calon Andi Nirawati-Lutfi Hanafi (Anir-Lutfi), terus...

VIDEO: Banjir Pujian, Pramugari Tayamun dan Salat di Pesawat

SULSELSATU.com - Momen seorang pramugari yang sedang menunaikan ibada salat di...