Logo Sulselsatu

Siapkan Modal Usaha untuk UMKM, Warga Mappasaile Dukung Anir-Lutfi

Asrul
Asrul

Sabtu, 03 Oktober 2020 18:15

istimewa
istimewa

 

SULSELSATU.com, PANGKEP – Calon bupati Pangkep nomor urut 4, Andi Nirawati blusukan ke dermaga pasar dan penyeberangan Kelurahan Mappasaile, Kecamatan Pangkajene, Sabtu (3/10/2020).

Anir sapaan akrabnya, menyalami dan menyapa masyarakat. Anir menuju dermaga pasar, dan melihat langsung kondisi penyeberangan menuju kepulauan di Pangkep.

Baca Juga : Di Hadapan Anir-Lutfi, Bupati Ajak Sandiaga Uno Berinvestasi di Pangkep

Situasi di penyeberang cukup ramai. Warga antusias kedatangan satu-satunya calon bupati perempuan itu, dan menyambangi kawasan pasar yang ramai.

Salah satu pengunjung, Fatimah sangat senang bisa bertemu calon bupati yang didukungnya. Dirinya sampai meneteskan air mata saat Anir memeluknya.

Fatimah bercerita tentang pesan almarhum ayahnya, agar memilih Anir-Lutfi di Pilkada Pangkep 2020.

Baca Juga : Sandi Siap Investasi Air Bersih, Anir: Mari Raih Kemenangan

“Sebelum meninggal, ayah saya berpesan agar mendukung Anir-Lutfi. Karena kerja Anir di DPRD Sulsel telah terbukti, sudah adami. Itu ibu perjuangkan modal usaha,” kata Fatimah asal Desa Mattirolangi Tupabbiring Selatan.

Di hadapan warga pulau dan pengunjung Dermaga Pasar, Anir menjelaskan pihaknya bakal memberikan bantuan usaha cuma-cuma, bentuknya bukan pinjaman tapi bantuan kepada masing-masing KK dan juga kepada pedagang kecil atau UMKM.

“Untuk bantuan modal Rp10 juta per KK itu kami beri bantuan. Jadi bapak-ibu hanya pertanggungjawabkan, tidak perlu dikembalikan. Nantinya juga ada balai keterampilan di tingkat kecamatan kerja sama dengan BUMDES. Di situ kita bantu keterampilan hingga pemasarannya,” jelas mantan anggota DPRD Sulsel ini disambut aplaus warga.

Baca Juga : Sandi dan Anir-Lutfi Bincang dengan Nurdin Abdullah Lebih Satu Jam

Dia membenarkan kalau sampai saat ini, pihaknya tengah mengawal 100 lebih UMKM yang mendapatkan bantuan modal sejak dirinya menjabat di DPRD Sulsel.

“Saya sudah data juga di DPRD provinsi, ada UMKM yang saya bina dan sekarang sudah proses dan sudah kita buka rekening. InsyaAllah ini mau cair,” beber alumni HMI cabang Makassar ini.

Dia menambahkan, bantuan modal tersebut tidak sekadar bantuan. Tetapi akan tetap dibimbing. Akan ada layanan konsultasi bimbingan jadi pedagang mandiri.

Baca Juga : Sandiaga Uno Ajak Emak-emak Berjuang Bersama Anir-Lutfi

Program prioritas Anir-Lutfi lainnya, yakni memberikan insentif modal usaha bagi pedagang ataupun kepala keluarga yang ingin berusaha.

Dalam bidang ekonomi misalnya, pihaknya berencana mengembangkan UMKM yang mandiri dengan pemberian dana stimulus sebesar Rp 5 Juta per tahun bagi 1.000 UMKM.

Selain itu, menciptakan wirausaha kaum muda dan milenial dengan workshop dan pendampingan, melakukan pemberdayaan pengusaha lokal melalui partisipasi dalam penyerapan APBD, penyediaan sarana Wi-FI untuk industri rumahan, membuat festival tahunan ekonomi kreatif, pemberian paket keluarga sejahtera pengembangan ekonomi senilai Rp10 juta per KK.

Baca Juga : Blusukan ke Pasar, Sandi Yakini Kartu Anir-Lutfi Jadi Solusi

Editor: Asrul

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif29 Maret 2024 11:42
Begini Fitur dan Teknologi Motor Listrik EM1 e: dari Honda
Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) secara resmi membawa motor listrik Honda EM1 e: ke Makassar. Asmo Sulsel resmi merilis motor listrik pertamanya di Ho...
Otomotif29 Maret 2024 08:55
Asmo Sulsel Resmi Perkenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus ke Masyarakat Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi meng...
Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...