iklan Kareba Parlementa

Anir Maju di Pilkada Pangkep: Di mana Ada Perempuan di Situ Ada Kehidupan

Iklan Humas SulSel

 

SULSELSATU.com, PANGKEP – Andi Nirawati memilih mundur dari jabatan sebagai anggota DPRD Sulsel. Keputusan ini semata-mata untuk membawa rakyat Kabupaten Pangkep sejahtera.

Anir, sapaan akrab Andi Nirawati, cuma butuh waktu satu minggu untuk memutuskan menanggalkan status “wakil rakyat”. Bagi perempuan kelahiran Labakkang ini, aspirasi rakyat yang diserap selama satu tahun terakhir ini, cuma bisa direalisasikan melalui jabatan bupati.

“Saya sudah mantap untuk mewakafkan diri saya memajukan Kabupaten Pangkep. Saya menganalisa bahwa saya bisa menekan kemiskinan, pengangguran dan lain-lain. Saya yakin Pangkep bisa lebih baik dan sejahtera,” ucap Anir, istri Kamrussamad yang saat ini menjabat anggota DPR RI.

Sebelum menjabat legislator DPRD Sulsel, ibu dari tiga anak ini adalah seorang pengusaha dan aktif berorganisasi. Tiga pengalaman tersebut (pemerintahan, dunia usaha dan berorganisasi), menjadi modal utama bagi Anir untuk mewujudkan “Pangkep Sejahtera”.

Anir lahir dan tumbuh dari keluarga sederhana di Kabupaten Pangkep. Tepatnya 43 tahun silam, 19 Januari 1977. Sejak masa remaja, aktivitas Anir sarat dengan berorganisasi. Seperti di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Senat Mahasiswa FTI UMI Makassar, Marchin Band, Kerukunan Keluarga Labakkang, dan Komunitas Ibu Cerdas Indonesia Sulawesi Selatan.

Yah, organisasi banyak membentuk pemikiran dan kepribadian seorang Anir. Macca na malempu (pintar dan jujur). Mudah bergaul kepada siapapun dan komunikatif.

“Kasih sayang adalah ciri karakter perempuan. Jadi apapun dia, perempuan adalah sang pengasih dan penyayang. Sifat-sifat Tuhan ini melekat pada perempuan. Dalam atributnya itu, siapa sangka melekat jiwa kepemimpinan alami karena mampu mengayomi. Bukan saja keluarga tapi sesama manusia,” tandas Anir.

Anir telah menorehkan sejarah baru di Pilkada Pangkep 2020. Ini kali pertama ada kaum perempuan yang ditetapkan sebagai calon bupati (cabup) sejak pilkada langsung di Kabupaten Pangkep.

Bukan kali pertama Anir mencetak sejarah sebagai representasi perempuan di panggung politik Kabupaten Pangkep. Di Pemilu 2019, Anir yang terjun ke dunia politik sukses mencatatkan diri sebagai perempuan dari Pangkep yang terpilih sebagai legislator DPRD Sulsel.

“Perempuan itu seperti kehidupan. Di mana ada perempuan pastilah ada kehidupan. Rahimnya adalah tanda kehidupan yang terus lestari,” ucap Anir, Founder Komunitas Ibu Cerdas Indonesia (KICI) Sulsel.

Mantan Ketua Kerukunan Keluarga Labakkang se Jabodetabek ini juga mengibaratkan, perempuan seperti rumah. “Tempat istirahat yang nyaman. Tempat pangkuan sang anak, kembalinya sang pasangan, yang tiap pelukannya ialah kasih sayang dan ketenangan,” tambah Anir.

Keputusan Anir maju di Pilkada Pangkep, menjadi angin segar dalam hal keseteraan gender. Ini juga menepis stigma bahwa perempuan Pangkep tak sekadar hanya bisa mengurus rumah tangga. Lebih dari itu.

“Sebagai perempuan, saya menghadirkan program-program yang pro perempuan. Perempuan bisa tonji,” pungkas Anir, cabup nomor urut 4.

Editor: Asrul

Iklan PDAM
...

Populer

SMRC Rilis Survei Pilwali Makassar 2020, Ini Hasilnya

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei untuk Pilwali Makassar tahun 2020. Survei dilakukan dari 21 sampai 25 September 2020,...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

Sejarah Singkat Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Selasa (19/11/2018) hari ini, umat Muslim di seluruh dunia memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau biasa dikenal dengan Maulid Nabi...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

Inilah 6 Peran Ayah yang Ideal untuk Keluarga Ayah

 SULSELSATU.com - Ayah adalah bagian yang tak terpisahkan dalam keluarga. Keluarga bukan hanya urusan para Ibu, sementara urusan Ayah adalah mencari nafkah. Pembagian peran...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

VIDEO: Pengacara Hotman Paris Sebut UU Cipta Kerja Sangat Untungkan Pekerja

SULSELSATU.com - Pengacara Hotman Paris Hutapea memberikan komentar terkait Omnibus Law UU Cipta Kerja. Dalam video Hotman mengatakan buruh dan pekerja justru sangat diuntungkan lewat...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Anir-Lutfi Terima Keluhan Soal Jalan Rusak di Pangkep

SULSELSATU.com, PANGKEP - Warga Jalan Ketimun Barat, Kelurahan Mappasaile, Kecamatan Pangkajene,...

Artikel Lainnya

20 Finalis Duta Pariwisata Parepare Terpilih

SULSELSATU.com, PAREPARE - Setelah proses seleksi yang ketat dilakukan, sebanyak 20...

Rangga Sosper Transparansi Penyelenggaran Pemerintahan di Takalar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Anggota DPRD Sulsel, Fahruddin Rangga melaksanakan Penyebarluasan Peraturan...

Pelaksanaan UTBK UNM Makassar Berlangsung Lancar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas...

Nurdin Janji Beri Beasiswa untuk Warga di Kepulauan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah, bersama General...

Survei Terbaru di Pilwali Makassar, Appi Tempel Danny

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Puncak kontestasi Pilwali Kota Makassar tersisa tujuh bulan...

Terkini

VIDEO: Pria Ini Dihipnotis Beli Pulsa Hingga Jutaan Rupiah

  SULSELSATU.com - Seorang pria dihipnotis melalui panggilan telpon untuk membeli pulsa...

Gubernur Sulsel Cek Kesiapan Kapal Roro Penghubung Tiga Provinsi

SULSELSATU.com, LUTIM - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah, mengecek kesiapan...

Direksi PD Pasar Evaluasi Kinerja Bawahannya

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Direksi dan kepala pasar kembali menggelar pertemuan untuk...

Rektor UPA Makassar Dukung Pengesahan UU Omnibus Law Ciptaker

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Rektor Universitas Patria Artha Makassar, Bastian Lubis terang-terangan...

Tenant Kecantikan TSM Makassar Promo Hingga 70 Persen

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pameran kecantikan dari berbagai tenant di Trans Studio...