Logo Sulselsatu

Buku Bilang Taung Jadi Kado HUT SUlsel ke 351

Yulhaidir Ibrahim
Yulhaidir Ibrahim

Selasa, 20 Oktober 2020 17:46

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ulang tahun Provinsi Sulsel kali ini menjadi spesial bagi Nor Sidin. Pada usia ke 351 tahun, putera kelahiran Wajo ini mempersembahkan dua buku dan Kalender Bilang Taung ke Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah.

Buku Bilang Taung karya keturunan Bugis-Makassar ini berisikan tentang sistem penanggalan dan ramalan masyarakat Sulawesi Selatan yang berdasarkan naskah lontara sampai terlahirnya kalender Bugis-Makassar.

Kalender ini termasuk dalam kalender matahari di mana dalam satu tahun terdiri dari 365 hari. Prototipe ini adalah yang pertama kali dibuat dan diselaraskan dengan kalender masehi dan hijriah untuk memudahkan pemakaiannya.

Buku Bilang Taung dan Kelendernya diserahkan langsung penulis kepada Gubernur Sulsel, HM Nurdin Abdullah di Hotel Claro, Selasa (20/10/2020).

Gubernur juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada penulis dan tim yang membantu terbitnya buku ini.

“Dengan adanya sistem penanggalan, maka kita bisa mengetahui hari baik hanya dengan melihat kalender,” kata Nurdin Abdullah.

Rampungnya buku Bilang Taung tersebut tidak lepas dari sentuhan Dr. Muhlis Hadrawi dan Sapri Pamulu, Ph.D sebagai editor yang ikut dalam penyerahan Buku Bilang Taung dan kalendernya.

Nor Sidin juga menghaturkan penghargaan yang setinggi tingginya kepada Nurdin Abdullah atas apresiasinya terhadap nilai-nilai kearifan lokal warisan leluhur Bugis-Makassar.

Buku ini juga langsung diserahkan kepada Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Sekda Provinsi Nurhayat, Pj Walikota Makassar Prof Rudy Djamaluddin, dan Bupati Bone A Fahsar Padjalangi. Sehari sebelumnya juga diserahkan kepada Rektor Universitas Hasanuddin, Dwia Aries.

Buku ini terbit atas kerja sama Pemprov Sulsel dan Yayasan Turikalengna, dan penerbit Pakalawaki. (*)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi28 Maret 2024 22:30
Penyaluran Kredit UMKM Januari 2024 di Sulsel Mencapai Rp59,96 Triliun
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulselbar merilis penyaluran kredit UMKM di Sulsel hingga posisi Januari 2024 mencapai Rp59,96 triliun. Nominalnya naik 1...
Berita Utama28 Maret 2024 22:24
PLN Jeneponto Bukber Sekaligus Berbagi Keberkahan Ramadhan Dengan Yatim Dhuafa
SULSELSATU.com,JENEPONTO – PT. PLN Persero Rayon Jeneponto berkolaborasi dengan Yayasan Baitul Maal (YBM) menggelar buka puasa bersama (Bukber) ...
Sulsel28 Maret 2024 22:02
Ekonomi Kabupaten Gowa Tumbuh 5,82 Persen Selama 2023
Dari data BPS pertumbuhan ekonomi Kabupaten Gowa tumbuh positif. Menjadi 5,82 persen pada 2023, lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya yang hanya 4,5...
Video28 Maret 2024 21:34
VIDEO: Muchlis Misbah Atensi Khusus Pasar Sentral dan Butung
SULSELSATU.com – Podcast bersama Anggota DPRD Kota Makassar, Muchlis Misbah pada Selasa (26/3/2023) lalu. Dalam kesempatan tersebut, Muchlis Mis...