Logo Sulselsatu

Menuju UNPSA 2021, KemenPAN-RB Dampingi Inovasi Parepare

Yulhaidir Ibrahim
Yulhaidir Ibrahim

Selasa, 20 Oktober 2020 10:45

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, PAREPARE – Inovasi Pemkot Parepare yang akan berkompetisi di ajang tingkat dunia, United Nations Public Service Awards (UNPSA) 2021 mendapat pendampingan dan bimbingan khusus dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

KemenPAN-RB dalam FGD (focus group discussion) pendampingan secara virtual itu meminta inovasi Pemkot Parepare melalui Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan (PKP) yakni Berdaya Srikandi Oleh Srikandi untuk berkesesuaian dengan 17 goals dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

“FGD kemarin berjalan lancar dengan masukan dari KemenPAN-RB dan 3 orang narasumber yang menjelaskan kategori inovasi harus berkesesuaian dengan 17 goals dalam SDGs,” ungkap Asisten III Administrasi Umum Pemkot Parepare, Haryanto, Selasa (20/10/2020).

SDGs adalah 17 tujuan dengan 169 capaian yang terukur dan tenggat yang telah ditentukan oleh PBB sebagai agenda dunia pembangunan untuk keselamatan manusia dan planet bumi.

Haryanto mengemukakan, inovasi Berdaya Srikandi Oleh Srikandi bersama 11 inovasi lainnya yang menjadi Top 12 Inovasi Pelayanan Publik Indonesia didampingi oleh 3 pendamping. Masing-masing pendamping membimbing 4 inovator. “Dalam waktu dekat ke-12 inovasi terbaik Indonesia ini diundang ke Jakarta untuk menyusun proposal,” kata Haryanto.

Proposal dalam bahasa Indonesia (summary dalam bahasa Inggris) harus rampung dan diserahkan ke KemenPAN-RB pada 2 November 2020, untuk diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh tim dari KemenPAN-RB. Dokumen terakhir inovasi diterima panitia di UNPSA 2021 pada 18 November 2020.

FGD dibuka oleh Deputi Pelayanan Publik KemenPAN-RB Diah Natalisa, dengan pengantar oleh Asisten Deputi Kebijakan Pelayan Publik. Selanjutnya FGD dipandu oleh Analis Kebijakan Pelayanan Publik Rezky Amalia dan ditutup oleh Asisten Deputi Kebijakan Pelayanan Publik, Muh Imanuddin.

Dari Parepare diikuti oleh Asisten III, Kepala Dinas PKP Wildana, Sekretaris Dinas PKP Abdullah, Kabag Organisasi Eko W Ariyadi, Kabid Litbang Bappeda Andi Pangurisan Walinono, SKPD teknis terkait, dan stakeholder.

Sebelumnya, Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe mengatakan, masuknya inovasi Berdaya Srikandi Oleh Srikandi bersaing di tingkat dunia menjadi bukti Parepare diperhitungkan di tingkat nasional bahkan internasional.

“Alhamdulillah inovasi Berdaya Srikandi Oleh Srikandi masuk 12 besar untuk seleksi tingkat dunia. Ini semakin menguatkan Parepare sebagai Kota Inovasi, karena inovasinya sudah bersaing di tingkat dunia,” kata Taufan Pawe.

Penulis: Andi Fardi

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Bisnis28 Maret 2024 17:39
Pengiriman Barang Lebih Cepat dan Mudah Melalui Layanan Same Day Delivery Cahaya Bone
Cahaya Bone sebagai salah satu lini bisnis Kalla Transport & Logistcs (Translog) senantiasa memberikan layanan terbaik kepada masyarakat....
Ramadan28 Maret 2024 16:22
Pegadaian Hadirkan Panggung Emas di Puncak Festival Ramadhan
PT Pegadaian memperingati hari ulang tahun PT Pegadaian yang ke-123 dan memeriahkan bulan Ramadhan 1445 H menghadirkan kegiatan Festival Ramadhan....
Bisnis28 Maret 2024 16:01
Kalla Beton Kembangkan Produk Precast, Produksi Lebih Cepat dan Bentuk Cetakan Lebih Custom
Kalla Beton terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konstruksi dari mitra atau pelanggan. Salah satu produk yang tengah dikembangkan saat ini adalah...
Aneka28 Maret 2024 13:55
Pertama di Indonesia, Pj Gubernur Sulsel Inisiasi Gerakan Sedekah Pohon
SULSELSATU.com, BONE – Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, kembali mencetak sejarah dengan melakukan gerakan sedekah pohon untuk masya...