Logo Sulselsatu

Ini Alasan Lutfi Hanafi Pakai Songkok Recca di Surat Suara Pilkada Pangkep

Asrul
Asrul

Minggu, 25 Oktober 2020 19:50

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, PANGKEP – Songkok recca menjadi ciri khas Lutfi Hanafi di Pilkada Pangkep. Atribut itu senantiasa menutupi kepalanya, baik saat berkampanye hingga di gambar surat suara Pilkada Pangkep 2020.

Lutfi mengungkapkan alasan dirinya sering mengenakan songkok recca. Yakni sebagai wujud pelestarian peninggalan sejarah zaman dulu.

“Saya telah menggunakan songkok recca ini sudah kurang lebih 2 tahun. Bagi saya, songkok recca ini memiliki makna filosofi yang sangat tinggi selain melestarikan adat Bugis juga. Agar masyarakat itu mengingat bagaimana perjuangan raja-raja melawan penjajah pada zaman dahulu kala,” jelas mantan Dirut Perusda Pangkep ini.

Baca Juga : Di Hadapan Anir-Lutfi, Bupati Ajak Sandiaga Uno Berinvestasi di Pangkep

Pasangan Andi Nirawati di Pilkada Pangkep ini mengatakan, songkok recca ini sebagai salah satu bukti sejarah, bahwa di Kabupaten Pangkep, pernah ada sebuah kerajaan besar yang memiliki peran penting dalam melawan penjajah.

“Yang kita kenal sebagai kerajaan tertua, yaitu Kerajaan Siang yang menurut para pendahulu kami, itu berada di Sengkae, Kelurahan Samalewa, Kecamatan Bungoro,” tambah calon wakil bupati nomor urut 4 ini.

Bagi Lutfi Hanafi, Songkok Recca ini juga bermakna Appaka Sulapa. Yang artinya empat arah atau unsur. Yaitu api, angin, air, dan tanah. Keempat unsur ini, merupakan suatu perpaduan ciptaan tuhan dan menjadi kebutuhan seluruh penduduk dunia.

Baca Juga : Sandi Siap Investasi Air Bersih, Anir: Mari Raih Kemenangan

“Alhamdulillah, sekarang saya juga berniat mewakafkan diri saya untuk kemajuan kabupaten kelahiran saya ini Kabupaten Pangkep tercinta. Semoga di mata masyarakat, saya juga diibaratkan sebagai Appaka Sulapa, yang menjadi simbol kebutuhan seluruh masyarakat. Dan menjadi pemimpin dan pemberi solusi untuk kesejahteraan warga Pangkep,” jelasnya.

Editor: Asrul

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...