Logo Sulselsatu

Taufan Pawe Tekankan Parepare Harus Jadi Percontohan

Yulhaidir Ibrahim
Yulhaidir Ibrahim

Senin, 26 Oktober 2020 19:41

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe menekankan, Parepare harus tetap menjadi percontohan dalam berbagai momen. Parepare kota kecil, kota jasa, namun harus menjadi role model.

Hal ini dikemukakan Taufan Pawe saat membuka Bimbingan Teknis Penyusunan Anggaran dan Pelatihan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) tahun anggaran 2020 di Novotel, Makassar, Senin, (26/10/2020).

Taufan Pawe mengingatkan, Bimtek tersebut harus meningkatkan kapasitas dan kompetensi para aparatur Pemkot Parepare, sehingga menghasilkan output yang baik.

Terkait dengan SIPD, Taufan bahkan mencecar beberapa Kepala SKPD yang hadir, yakni mana lebih dulu perencanaan atau penganggaran. Asisten III Pemkot Parepare Haryanto, Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja Abdul Latif, Kepala Bappeda Samsuddin Taha, Kepala Dinas Kominfo HM Iskandar Nusu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Hj Halwatia yang mendapat pertanyaan seperti itu, menjawab perencanaan lebih dulu baru penganggaran.

“Jadi Roh SIPD itu isinya adalah perencanaan. Kalau tidak ada perencanaan, bagaimana mau menganggarkan. Karena itu, semua perencanaan harus masuk SIPD untuk menjadi pedoman. Semua yang berkaitan harus ada di dalam SIPD agar terintegrasi,” katanya.

Menurut Taufan Pawe, leading sector SIPD adalah Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). Karena itu pentingnya semua data terintegrasi dalam SIPD. Butuh perkuatan Bimtek karena di dalamnya ada penyusunan anggaran menjadi momen tepat bagi para aparat memahami eksistensi TAPD dalam SIPD.

“Ingat kita sudah hampir 7 tahun bersama. Kurang 5 hari lagi 31 Oktober, kita sudah 7 tahun bersama. Yang pertama kali saya tekankan saat kebersamaan kita adalah 3 prinsip. Taat asas, taat administrasi, taat penganggaran. Itu yang harus kita jaga dengan baik,” tandas Wali Kota dua periode ini.

Hadir dalam pembukaan Bimtek, Kepala Bidang Perencanaan Anggaran Daerah Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Sulsel, Sakura mewakili Kepala BKAD Sulsel. Dari Parepare hadir, Sekda Kota Parepare H Iwan Asaad, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) H Jamaluddin Achmad, jajaran Kepala SKPD, pejabat teknis terkait, serta peserta Bimtek.

Penulis: Andi Fardi

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

News28 Maret 2024 22:59
Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT Vale Umumkan Jajaran Komisaris Baru
PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Jasmine Room, Soehanna Hall, The Energy Building Jal...
Ekonomi28 Maret 2024 22:30
Penyaluran Kredit UMKM Januari 2024 di Sulsel Mencapai Rp59,96 Triliun
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulselbar merilis penyaluran kredit UMKM di Sulsel hingga posisi Januari 2024 mencapai Rp59,96 triliun. Nominalnya naik 1...
Berita Utama28 Maret 2024 22:24
PLN Jeneponto Bukber Sekaligus Berbagi Keberkahan Ramadhan Dengan Yatim Dhuafa
SULSELSATU.com,JENEPONTO – PT. PLN Persero Rayon Jeneponto berkolaborasi dengan Yayasan Baitul Maal (YBM) menggelar buka puasa bersama (Bukber) ...
Sulsel28 Maret 2024 22:02
Ekonomi Kabupaten Gowa Tumbuh 5,82 Persen Selama 2023
Dari data BPS pertumbuhan ekonomi Kabupaten Gowa tumbuh positif. Menjadi 5,82 persen pada 2023, lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya yang hanya 4,5...