Logo Sulselsatu

Sosper, Debbie Rusdin Tekankan Pentingnya Perda Perlindungan Anak Diketahui Warga

Asrul
Asrul

Sabtu, 14 November 2020 21:20

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Perda tentang perlindungan anak sangat penting untuk diketahui oleh warga. Pasalnya, perda tersebut mengatur soal hak-hak anak agar bisa tumbuh dengan baik sehingga sebagai orang tua patut mengetahui hak anak, seperti halnya hak untuk bermain, hak untuk mendapatkan pendidikan, perlindungan, hak untuk mendapatkan makanan dan akses kesehatan.

Hal ini diungkapkan Anggota DPRD Sulawesi Selatan dari Fraksi Golkar, Debbie Purnama Rusdin saat melakukan sosialisasi Penyebarluasan Perda Provinsi Sulawesi Selatan, nomor 4 tahun 2013, tentang sistem perlindungan anak. Berlangsug di Hotel Ramayana, Jalan Guung Bawakarang Makassar. Sabtu (14/11/2020).

 

Baca Juga : Mizar Roem Apresiasi Pj Gubernur Sulsel Beri Perhatian Lebih di Sektor Pertanian

“Dalam perda ini orang tua bertanggung Jawab dalam melindungi hak anak untuk masa depannya,” kata Debbie Rusdin di hadapan warga Kecamatan Makassar yang hadir diacara tersebut.

Debbie Rusdin dalam kesempatan itu meminta kepada warga, agar mendidik anak ke hal yang positif, karena anak adalah tanggungjawab seluruh lapisan masyarakat. “Anak adalah masa depan, untuk itu berilah mereka kebiasaan yang positif, mulai cara duduk yang sopan, cara berucap dengan sopan. Hal hal yang kecil saja dulu kita ajarkan ke mereka,” ucap Debbie Rusdin.

Dalam Sosper itu sejumlah pertanyaan muncul terkait masih maraknya kasus eksploitasi anak dan kekerasan. Direktur LBH Apik, Rosmiati yang hadir sebagai pemateri menegaskan bahwa anak usia sampai 18 Tahun Wajib dilindungi. Karena usia 18 Tahun ke bawah sangat rawan sehigga wajib dilindungi.

Baca Juga : DPRD Sulsel Janji Tempuh Jalur Musyawarah Mufakat Dalam Penentuan Komisioner KPID dan KIP

“Penomena seperti itulah, sehingga lahir perda ini. Dengan harapkan dapat mencegah tindak kekerasan, eksploitasi dan sebagainya. Jika perda ini ditegakkan oleh orang tua, tidak ada permasalahan anak di Makassar,” ujar Rosmiati.

Kegiatan ini tetap menerapkan sistem protokol kesehatan, pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak. Tak hanya menghadirkan Direktur LBH Apik, Rosmiati juga turut Hadir Kasat Binmas Polrestabes Makassar, AKBP Adzan.

Editor: Asrul

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif29 Maret 2024 08:55
Asmo Sulsel Resmi Perkenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus ke Masyarakat Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi meng...
Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....