Logo Sulselsatu

Disdik Sulsel Kenalkan Asesmen Nasional Pengganti Ujian Nasional

ridwan ridwan
ridwan ridwan

Rabu, 06 Januari 2021 23:40

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Pemprov Sulsel Prof Muhammad Jufri mengaku telah melakukan sosialisasi untuk memperkenalkan Asesmen Nasional sebagai pengganti Ujian Nasional (UN) pada 2021.

Hal ini disampaikan langsung oleh Prof Muhammad Jufri saat ditemui di kantor Dinas Pendidikan Sulsel, Jalan Perintis Kemerdekaan Makassar, Rabu (06/01/2021).

Jufri mengatakan dirinya tengah mengumpulkan seluruh kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) SMA maupun SMK untuk memperkenalkan Asesmen Nasional yang merupakan pengganti Ujian Nasional tahun 2021 ini.

Baca Juga : Rakor Pendidikan Tingkat Sulsel, Jumlah SMK dan SLB Perlu Ditingkatkan

“Secara khusus saya dari dinas pendidikan sulsel telah melakukan sosialisasi dengan mengumpulkan seluruh kepala UPT SMA dan SMK untuk memperkenalkan asesmen ini,” kata Jufri.

Lebih lanjut, Prof Jufri menjelaskan bahwa memang Asesmen Nasional ini menjadi pengganti Ujian Nasional tahun 2021, meski begitu Asesmen Nasional ini bukanlah penentu kelulusan siswa, karena itu siswa yang diikutkan dalam asesmen tersebut adalah siswa kelas sebelas.

“Jadi sebagai informasi tambahan. Bahwa Asesmen Nasional ini memang berbeda dengan ujian nasional , kalau ujian nasional ini jadi penentu kelulusan siswa, kalau asesmen ini tidak, makanya untuk SMA yang diikutkan asesmen itu bukan kelas 12 tapi justru yang jelas 11,” ungkapnya.

Baca Juga : Balai Bahasa Sulsel Gelar FTBI Diikuti Siswa SMP 2 Provinsi

Jufri menjelaskan Asesmen Nasional, akan dilakukan dengan menggunakan tiga instrumen, yakni, Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi-Numerasi, survei karakter, dan survei lingkungan belajar.

Ketiga aspek tersebut, tambah Jufri, dipergunakan untuk perbaikan kualitas belajar mengajar yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid.

“Sekalipun ini tidak menjadi penentu bagi kelulusan siswa, tetapi ini menjadi penting karena fungsi Asesmen nasional ini akan menjadi ukuran atau barometer tentang keberhasilan sekolah,” ungkapnya. (*)

Baca Juga : Sempat Terjadi Kesalahan Sistem Penginputan, Disdik Sulsel Telah Resmi Umumkan Hasil PPDB

Penulis: JAHIR MAJID

Editor: ANDI

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif29 Maret 2024 11:42
Begini Fitur dan Teknologi Motor Listrik EM1 e: dari Honda
Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) secara resmi membawa motor listrik Honda EM1 e: ke Makassar. Asmo Sulsel resmi merilis motor listrik pertamanya di Ho...
Otomotif29 Maret 2024 08:55
Asmo Sulsel Resmi Perkenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus ke Masyarakat Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi meng...
Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...