Logo Sulselsatu

Disdik Sulsel Kenalkan Asesmen Nasional Pengganti Ujian Nasional

ridwan ridwan
ridwan ridwan

Rabu, 06 Januari 2021 23:40

Disdik Sulsel Kenalkan Asesmen Nasional Pengganti Ujian Nasional

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Pemprov Sulsel Prof Muhammad Jufri mengaku telah melakukan sosialisasi untuk memperkenalkan Asesmen Nasional sebagai pengganti Ujian Nasional (UN) pada 2021.

Hal ini disampaikan langsung oleh Prof Muhammad Jufri saat ditemui di kantor Dinas Pendidikan Sulsel, Jalan Perintis Kemerdekaan Makassar, Rabu (06/01/2021).

Jufri mengatakan dirinya tengah mengumpulkan seluruh kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) SMA maupun SMK untuk memperkenalkan Asesmen Nasional yang merupakan pengganti Ujian Nasional tahun 2021 ini.

Baca Juga : Disdik Sulsel Persiapkan 19 SMK Terapkan PPK BLUD

“Secara khusus saya dari dinas pendidikan sulsel telah melakukan sosialisasi dengan mengumpulkan seluruh kepala UPT SMA dan SMK untuk memperkenalkan asesmen ini,” kata Jufri.

Sponsored by MGID

Lebih lanjut, Prof Jufri menjelaskan bahwa memang Asesmen Nasional ini menjadi pengganti Ujian Nasional tahun 2021, meski begitu Asesmen Nasional ini bukanlah penentu kelulusan siswa, karena itu siswa yang diikutkan dalam asesmen tersebut adalah siswa kelas sebelas.

“Jadi sebagai informasi tambahan. Bahwa Asesmen Nasional ini memang berbeda dengan ujian nasional , kalau ujian nasional ini jadi penentu kelulusan siswa, kalau asesmen ini tidak, makanya untuk SMA yang diikutkan asesmen itu bukan kelas 12 tapi justru yang jelas 11,” ungkapnya.

Baca Juga : Disdik Sulsel Rancang Pergub Bantuan Orang Tua Siswa ke Sekolah

Jufri menjelaskan Asesmen Nasional, akan dilakukan dengan menggunakan tiga instrumen, yakni, Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi-Numerasi, survei karakter, dan survei lingkungan belajar.

Ketiga aspek tersebut, tambah Jufri, dipergunakan untuk perbaikan kualitas belajar mengajar yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid.

“Sekalipun ini tidak menjadi penentu bagi kelulusan siswa, tetapi ini menjadi penting karena fungsi Asesmen nasional ini akan menjadi ukuran atau barometer tentang keberhasilan sekolah,” ungkapnya. (*)

Baca Juga : Kabar Baik! Pemerintah Akan Rekrut Satu Juta Guru PPPK Tahun 2021

Penulis: JAHIR MAJID

Editor: ANDI

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video15 Juni 2021 23:17
VIDEO: Apes, Beli Magic Com di Toko Online Isi Paket Ternyata Sabun Cuci
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan seorang ibu-ibu tengah membuka paket pesanan online dari salah satu marketplace. Ibu ini belanja on...
Ekonomi15 Juni 2021 21:25
Asmo Sulsel Beri Diskon Rp6,5 Juta di Honda Sport Motoshow 2021 Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) menggelar Honda Sport Motoshow (HSMS) 2021 pada 5 titik yaitu di Mall Ratu...
Video15 Juni 2021 21:06
VIDEO: Cewek Ini Ditinggal Sang Pacar di Pinggir Jalan Gara-gara Skincare
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan seorang cewek ditinggal di pinggir jalan oleh sang pacar. Dalam video terlihat cewek itu marah-mara...
Sponsored by MGID
Olahraga15 Juni 2021 19:04
Live Euro 2020 di RCTI Malam Ini: Portugal vs Hungaria, Prancis vs Jerman
SULSELSATU.com, Makassar - Juara bertahan Portugal akan dijajal Hungaria, sementara Prancis sua Jerman. ...