Logo Sulselsatu

Masih Banyak Randis Dikuasai Pejabat Pensiunan, KPK: Pemprov Sulsel Harus Tegas

Asrul
Asrul

Rabu, 27 Januari 2021 18:50

Kepala Satgas pencegahan Direktorat KPK Niken Ariati. Sulselsatu/Jahir
Kepala Satgas pencegahan Direktorat KPK Niken Ariati. Sulselsatu/Jahir

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam hal ini Korsubgah KPK menyoroti kendaraan dinas (Randis) milik Pemprov Sulsel yang banyak dikuasai pensiunan pejabat Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kepala Satgas pencegahan Direktorat KPK Niken Ariati mengaku terdapat banyak temuan Randis yang masih dikuasai oleh pejabat lama yang telah pensiun. Sementara penegakan sanksi terhadap pejabat tersebut kurang maksimal.

“Masih banyak yang dimiliki pejabat lama, sementara kita minta dipertegas sanksi, kita harus minta sumber surat segera, sumber surat peringatan 1,2,3 kalau gak kita laporkan ke Apgakum,” kata Niken Ariati saat ditemui di kantor gubernur Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo Makassar, Rabu (27/1/2021).

Baca Juga : Tinjau Bendungan Jenelata, Pj Gubernur Bahtiar Pastikan PSN di Sulsel Tanpa Hambatan

Niken menyebut kendaraan yang dikuasai itu bisa disebut mengambil aset negara usai memasuki masa pensiun merupakan bentuk pelanggaran. Olehnya itu, ia menyarankan agar penegakan sanksi dan ditindak tegas karena bisa berujung pidana.

“Sementara kita minta supaya dipertegas sanksinya. minta ber surat segera. Surat peringatan satu, dua, tiga. Kalau enggak kita laporkan ke Apgakum. Sebenarnya konteksnya seperti itu saja supaya lebih disiplin lagi,” Ungkapnya.

Khusus pengembalian Randis, Niken mengaku diberi tenggang waktu sesuai SP yang ditetapkan.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel dan Pangdiv 3 Kostrad Lepas 10 Truk Bantuan untuk Korban Banjir di Luwu

“Ada tenggang waktunya nanti kita berikan tenggak waktunya. Memang tergantung dari SPnya. (Diseret ke APH) Oh bisa kan ada di beberapa daerah lain sudah begitu,” pungkasnya.

Penulis: Jahir Majid
Editor: Asrul

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video18 Mei 2024 22:20
VIDEO: Anak Hilang Misterius Dijembatan Merah Makassar Ditemukan Meninggal Dunia di TPA Antang
SULSELSATU.com – Media sosial dihebohkan dengan anak hilang di jembatan merah, Makassar, Sulawesi Selatan. Anak tersebut berhasil ditemukan dala...
Kesehatan18 Mei 2024 21:35
Kupas Tuntas Penyakit Lupus, Waspada Autoimun
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Penyakit Lupus atau umum dikenal Systemic Lupus Erythematosus merupakan penyakit reumatik autoimun yang menyerang be...
Video18 Mei 2024 20:37
VIDEO: Trafo Terbakar Depan Masjid Al-Khaeriyah Palopo
SULSELSATU.com – Sebuah trafo tiang listrik terbakar di depan Masjid Al-Khaeriyah, Wecudai, Palopo tiba-tiba meledak. Kejadian tersebut terjadi ...
Makassar18 Mei 2024 19:19
Kepala Humas UNM Edukasi Warga Tentang Perda Perlindungan Guru Sebagai Profesi Mulia
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Akademisi Universitas Negeri Makassar (UNM), Dr. Burhanuddin menjadi narasumber dalam sosialisasi penyebarluasan pera...