Logo Sulselsatu

Tegaskan Tak Beli Pulau, Asdianti: Saya Bukan Mau Merusak

Asrul
Asrul

Kamis, 04 Februari 2021 10:15

Tegaskan Tak Beli Pulau, Asdianti: Saya Bukan Mau Merusak

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Direktur utama PT Selayar Mandiri Utama, Asdianti Baso angkat bicara ihwal pembelian lahan di Pulau Lantigiang yang berada di Kepulauan Selayar.

Asdianti mengaku dirinya tidak membeli pulau, namun laham kebun kelapa milik masyarakat atas nama Syamsu Alam.

“Saya membeli lahan kebun itu dengan harga Rp900 juta namun masih saya panjar Rp10 juta hingga keluar izin dari untuk membangun resort disana,
tujuan saya untuk membangun water bungalows di tempat kelahiran saya yaitu Selayar,” ujar Asdianti, di Makassar Rabu (3/2/2020)

Baca Juga : VIDEO: Kepanikan Penumpang KMP Bontoharu Akibat Cuaca Buruk, Sempat Dikabarkan Hilang

Lebih lanjut, Asdianti memandang selama ini Selayar memiliki sejuta keindahan taman bawah laut ketiga terindah di dunia.

Sponsored by MGID

Biasanya menjadi lokasi diving bagi para penyelam. Namun menurutnya belum banyak diketahui wisatawan mancanegara.

Melihat potensi itu, Asdianti berniat membantu resort (bungalows) di Pulau Lantigian. Menurutnya, pulau tersebut dapat dikelolah oleh masyarakat dan investor.

Baca Juga : Polri Pastikan Penjualan Pulau di Situs Online Adalah Hoax

Ia mengaku pembelian lahan tersebut karena ada dasar surat kepemilikan dan didukung oleh Balai Taman Nasional Takabonerate, namun belakangan dirinya dia digugat Balai dengan mengadukan masalah tersebut pada PTUN (Pengadilan Tata Usaha Negara ).

“Ini ada apa kok tiba-tiba berubah tentunya jadi pertanyaan bagi saya untuk itulah saya mengadukan masalah ini ke PTUN. Akhirnya saya menang di PTUN, timbullah statement yang menyudutkan saya disejumlah media bahkan sampai ke Mapolda Sulsel kalau saya membeli pulau padahal tidak seperti itu faktanya,” jelasnya.

Izin awal untuk mengelola pulau itu telah dimiliki. Namun pihaknya atas nama perusahaan PT Selayar Mandiri Utama belum bisa bergerak melakukan pembangunan karena masih ada yang perlu dipenuhi.

Baca Juga : Nurdin Minta Warga Ikut Jaga Pulau Lantigiang

“Hasil kemenangan saya dalam menggugat balai, terbitlah izin lokasi, izin pertimbangan teknis, izin usaha, dan izin prinsip. namun belum bisa membangun karena saya harus izin ke Kementrian Lingkungan Hidup. Sementara saya menunggu sertifikat agar segera keluar izin membangun dari pihak perizinan,” jelasnya.

Asdianti juga menceritakan pernah berkonsultasi dengan pihak balai membahas pulau yang bisa dikembangkan secara individu.

“Karena ditolak di Latoundu akhirnya dia cari tempat dan ditunjuk ke Lantigian oleh Balai sendiri. Tapi kenapa bermasah padahal kawasan tersebut masuk dalam kawasan zona pemanfaatan,” tuturnya.

Baca Juga : Nurdin Minta Warga Ikut Jaga Pulau Lantigiang

“Pihak balai waktu itu menyarankan pulau lantigian, pulau Belang belang dan pulau lain. tapi saya tertarik hanya Lantigian dan Latondu Besar,” paparnya.

Dia juga menyoroti pernyataan Bupati kabupaten Selayar, Basli Ali yang menyebut proyek yang akan dibangun di Lantigian bakal merusak ekosistem laut.
Selaku calon investor, Asdianti mempertanyakan untuk apa pulau tersebut masuk dalam kawasan zona pemanfaatan.

“Saya bukan mau merusak disana tapi mengembangkan, dimana pelanggarannya ? saya ingin membangun pariwisata Selayar agar dilirik dunia seperti Bali. Kan ada juga ohen resort disitu punya orang Jerman yang tinggal di selayar. dia rawat semua terumbu karang dan ikan ikan disana dan ini yang menarik wisatawan nantinya,” tutupnya.

Baca Juga : Nurdin Minta Warga Ikut Jaga Pulau Lantigiang

Penulis: Resti Setiawati
Editor: Asrul

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Makassar19 September 2021 16:45
PNLH XIII WALHI, Plt Gubernur Sulsel Dorong Pendekatan Green Economy
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menilai, pendekatan green economy dapat mendorong laju perekonomian. Men...
Sulsel19 September 2021 15:53
Di Malino Bakal Dibangun Wisata Baru Bernuansa Eropa
SULSELSATU.com, GOWA – Objek wisata bernuansa Eropa akan hadir di Kabupaten Gowa, Sulsel. Wisata bernama Kampung Eropa tepatnya akan dibangun di...
Video19 September 2021 15:26
VIDEO: Arena Muscab PPP Makassar Memanas, Rachmat Taqwa Mengamuk
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Arena Musyawarah Cabang (Muscab) DPC PPP Kota Makassar di Hotel Sheraton memanas, Minggu (19/9/2021). Salah satu calo...
Sponsored by MGID
OPD19 September 2021 14:36
Warga Pertanyakan Nasib Stadion, Debbie Tegaskan Pembangunan Tetap Dilanjutkan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Lapangan Sepak Bola adalah salah satu sarana bagi anak dan pemuda untuk mengembangkan bakatnya dalam dunia sepak bola...