Logo Sulselsatu

Wujud Dukungan Pemulihan Ekonomi Nasional, BRI Turunkan Suku Bunga Kredit

Asrul
Asrul

Rabu, 24 Februari 2021 20:46

Ilustrasi. (Int)
Ilustrasi. (Int)

SULSELSATU.com – Seiring dengan Bank Indonesia yang menurunkan suku bunga acuan, BRI pun serta melakukan transmisi penurunan suku bunga kredit guna mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Pada 2020 lalu, BRI telah menurunkan 75 bps-150 bps. Khusus untuk restrukturisasi keringanan suku bunga, BRI menurunkan antara 300 bps-500 bps. Salah satu penyebab penurunan suku bunga adalah turunnya biaya dana (cost of fund) di mana hingga akhir Desember 2020 COF BRI tercatat menurun 3,22 persen atau 36 basis point, dibandingkan COF BRI pada akhir Desember 2019.

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan, pihaknya akan terus melakukan review suku bunga secara berkala, sambil membuka ruang penurunan suku bunga.

Baca Juga : Safari Ramadan di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah 2.000 Paket Sembako

“Tahun ini kami proyeksikan akan dilakukan penurunan suku bunga sebesar 25 bps mengikuti penurunan BI 7 Days Repo Rate,” kata Aestika dalam keterangan tertulis, Rabu (24/2/2021).

Aestika memaparkan, penurunan suku bunga pinjaman bukan satu-satunya variabel untuk meningkatkan pertumbuhan kredit. Berdasarkan perhitungan model ekonometrika, lanjutnya, variabel yang paling sensitif terhadap pertumbuhan kredit adalah konsumsi rumah tangga dan daya beli masyarakat.

“Oleh karenanya BRI berkomitmen untuk terus menjadi mitra strategis pemerintah kaitannya dalam penyaluran berbagai stimulus Pemulihan Ekonomi Nasional dengan tujuan meningkatkan konsumsi rumah tangga dan daya beli masyarakat, yang pada ujungnya diharapkan mampu mengerek demand kredit nasional,” ujar Aestika.

Baca Juga : KUR BRI Bawa Bisnis Kue Gusti dari Rumah hingga Masuk Retail Terkenal

Editor: Asrul

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...