Logo Sulselsatu

DP3A Dalduk KB Sulsel Dorong Lahirnya Perda Pencegahan Perkawinan Anak

Asrul
Asrul

Kamis, 18 Maret 2021 22:41

DP3A Dalduk KB Sulsel Dorong Lahirnya Perda Pencegahan Perkawinan Anak

SULSELSATU.com, MAKASSARAR
Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A Dalduk KB) Provinsi Sulawesi Selatan terus mendorong berbagai upaya baik berupa regulasi maupun aksi terkait pencegahan perkawinan anak.

Kadis DP3A Dalduk KB Sulsel Fitriah Zainuddin mengatakan kegiatan ini merupakan inisiasi Dinas DP3A Dalduk KB Sulsel Bekerjasama dengan Institut Community Justice (ICJ) yang menjadi salah satu dari sekian kerjasama terkait langkah mencegah terjadinya perkawinan anak yang berakibat buruk terhadap tumbuh kembang anak maupun dimensi persoalan lainnya.

“Ini yang perlu diluruskan, ini bukan pernikahan usia dini tapi perkawinan anak, dimana anak adalah seseorang yang usianya di bawah 18 tahun, yang sangat beresiko jika menjadi korban dari praktek buruk perkawinan anak, baik pada tumbuh kembang anak, penyakit, reproduksi, terjadinya traumatik maupun tidak adanya kesiapan dalam menjalani hidup dalam berumah tangga,” ungkap Fitriah Zainuddin.

Baca Juga : Baznas Sulsel Cari Pemimpin, Cek Syaratnya

Ia menyebutkan perkawinan anak biasanya terjadi bukan hanya karena ada kemauan orang tua tapi juga karena pergaulan beresiko.

Sponsored by MGID

“Ingat bukan lagi diistilahkan pergaulan bebas tapi pergaulan yg akan menimbulkan resiko. Jadi bukan hanya indikasi paksaan dari orangtua atau keluarga tapi juga karena resiko pergaulan yg dilakukan oleh anak karena tidak ada bimbingan dan dampingan dari keluarga sehingga membuat anak terpaksa harus dinikahkan,” sebutnya.

Kasus pernikahan dini disulsel berdasarkan data BPS masih sedikit diatas rata2 nasional. Sulsel adalah urutan ke 19 dari 20 provinsi yang diatas nasional.

Baca Juga : Dukung Percepatan Vaksinasi, Mobile Vaccinator Sulsel Siap Vaksin Daerah Aglomerasi

“Ini yang harus kita terus tekan, sehingga melalui kegiatan ini kita mendapatkan masukan dari berbagai pihak termasuk kementerian agama, dan lembaga-lembaga untuk bagaimana upaya yg akan dilakukan kedepan atau strategi dan intervensi apa yg perlu difokuskan agar bisa anak2 kita selamat dari segala yg bisa menghambat pemenuhan hak tumbuh kembangnya,” tuturnya.

Rencana setelah Pergub dan Strada ini akan dilanjutkan dengan lahirnya Perda pencegahan perkawinan anak. Ini sudah mendapat dukungan dan respon yang baik dari berbagai pihak termasuk dari Ketua DPRD Provinsi sulsel

“Bahkan beliau ingin menjadi inisiasi pihak legislatif demi untuk keberlanjutan pembangunan generasi kita kedepan. Respon yang baik oleh Ketua DPRD Sulsel karena beliau juga salah seorang gender champion dan pemerhati perempuan dan anak, beliau sangat antusias membicarakan ini, dengan melihat betapa dampaknya yg luas dan bisa kita kehilangan generasi yg berkualitas,” ucapnya.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Kucurkan Rp3,5 Miliar untuk Penanganan Banjir Jeneponto

Penulis: Jahir Majid
Editor: Asrul

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Kesehatan17 September 2021 14:43
PMI Sulsel Siapkan Plasma Konvalesen Gratis untuk Pasien Covid
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Palang Merah Indonesia Sulawesi Selatan (PMI Sulsel) siapkan plasma konvalesen gratis di markas PMI Sulsel, Jalan Lan...
Ekonomi17 September 2021 13:45
Komitmen Pada Isu Lingkungan, PLTU Co-firing Enceng Gondok Raih Penghargaan Internasional
SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT PLN (Persero) berupaya terus menjaga keseimbangan aspek lingkungan hidup dan keekonomian operasional, termasuk di ...
Video16 September 2021 23:06
VIDEO: Emak-emak Ini Tuduh Driver Ojol Curi Emas Ketika Antar Paket COD
SULSELSATU.com – Seorang driver ojek online dituduh curi emas milik seorang ibu-ibu viral di media sosial. Ojol DKI Jakarta dituduh mencuri seju...
Sponsored by MGID
Makassar16 September 2021 21:02
Dewan Pengawas BPJS Kesehatan Temui Wali Kota Danny
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) menerima kunjungan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS)...