Logo Sulselsatu

Pemprov Sulsel Siapkan Kuota Gratis untuk Transaksi Online Bagi Pelaku UMKM

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Senin, 03 Mei 2021 21:48

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel melalui Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel akan memberikan kuota gratis untuk pelaku UMKM di Sulsel. Fasilitas ini akan diberikan bagi UMKM yang pertama kali on boarding tahun ini.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel, Malik Faisal, mengungkapkan, Plt Gubernur Sulsel telah menginstruksikan agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) membuat program untuk mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Untuk itu, pihaknya mendorong agar pelaku usaha, khususnya makan minum bisa melakukan usaha dengan memanfaatkan IT.

Baca Juga : Berkat Rumah BUMN Tarutung, Sepatu dan Sandal Rajut Nyoman Bisa Dikenal Luas

“Kita mendorong agar melakukan pemasaran dan penjualan secara online. Tetapi kendalanya, banyak yang belum paham mengenai penjuakan online ini. Makanya kami kasi pelatihan, baik secara daring maupun luring,” jelas Malik, Senin, (03/05/2021).

Ia menjelaskan, selain melakukan pendampingan, sekaligus langsung praktek. Pihaknya mengundang e-commerce atau marketplace, lalu mempertemukan mereka dengan UMKM.

“Saat sudah punya lapak di marketplace, mereka harus punya pasar, segmen dan langganan. Mereka tentu harus punya kuota untuk promosi produk. Sehingga, kami membuat program untuk memfasilitasi kuota bagi UMKM yang baru pertama kali on boarding tahun ini,” terangnya.

Baca Juga : Gofood Berikan Peluang Bagi Mitra dan UMKM, Serta Solusi untuk Pengguna di Tengah Pandemi

Untuk kuota gratis ini, lanjut Malik, diberi kartu perdana yang sudah diisi kuota 28 giga, serta free telpon dan SMS ke sesama provider. Program ini bekerjasama dengan Telkomsel. Untuk tahap pertama, ada 1.750 UMKM, dan tahap kedua 1.750 UMKM.

“Kami sudah bersurat ke kabupaten kota untuk memasukkan data UMKM yang on boarding tahun ini. Misalnya, Go Food, GoJek yang sudah masuk di sebelas daerah. Jadi, tinggal minta surat keterangan dari GoJek sebagai bukti,” ujarnya.

Malik menambahkan, untuk kuota gratis ini dianggarkan Rp 400 juta, dan bersumber dari APBD Provinsi Sulsel. Sedangkan bagi UMKM yang lama, difasilitasi untuk mendapatkan tambahan modal.

Baca Juga : Aplikasi MotorkuX Buka Fitur Merchant Bagi UMKM Makassar dan Gowa

Editor : Jahir Majid

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Makassar02 Maret 2024 08:21
Pemkot Makassar Bersama BPKP Sulsel Komitmen Tekan Angka Kemiskinan dan Stunting
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama Kepala Perwakilan BPKP Sulsel Mohamad Risbiyantoro berkomitmen menekan angka stunting dan kemiskinan di...
Video01 Maret 2024 22:48
VIDEO: Cekcok berujung Saling Lempar Botol, ASN di Bantaeng Ini Viral
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan keributan sesama pegawai ASN dalam sebuah rapat. Kejadian ini diduga terjadi di lingkup Pemerintah ...
Video01 Maret 2024 20:29
VIDEO: Pohon Tumbang Berukuran Besar di Samping Kanal Pampang Makassar
SULSELSATU.com – Pohon tumbang di samping kanal Pampang Makassar, Jumat (1/3/2024) malam. Insiden pohon tumbang ini menutup akses jalan. Dalam v...
Ekonomi01 Maret 2024 19:38
RUPST 2024: BRI Bagikan Dividen Rp48,10 Triliun
SULSELSATU.com, JAKARTA – PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2024 di Jakarta (...